Tewas Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Pasien yang Sempat Diperbolehkan Pulang Ini Ternyata Miliki Penyakit Bawaan

Senin, 20 April 2020 | 10:00
iStockphoto

3 Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh, Meninggal Setelah Pulang ke Rumah

IDEAonline -Usai mendapatkan perawatan di Rumah Sakit (RS), pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona (Covid-19) dipersilahkan untuk pulang ke rumah.

Pasien Covid-19 yang telah pulih kemudian disarankan untuk lakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

Sayangnya, berharap telah pulih total dari Covid-19, beberapa orang yang dinyatakan sembuh justru mengalami peristiwa menyedihkan, yakni meninggal dunia.

Baca Juga: Sayang Banget dengan Hewan Satu Ini, Warganet Malah Soroti Selebgram yang Kena Semprot Irfan Hakim Saat Sedang Kolab di Rumahnya

Baca Juga: Coca Cola Bisa Hilangkan Kerak Hitam di Panci, Tuangkan 1 Botol dan Lihat Hasilnya!

Peristiwa tersebut bukan baru sekali ini terjadi, melainkan sudah beberapa kali dialami, baik di Indonesia maupun di negara lain.

Berikut rangkuman beberapa peristiwa serupa yang telah terjadi:

Kabupaten Lumajang,Jawa Timur, Indonesia

Seperti baru-baru ini, diKabupaten Lumajang, Jawa Timur, pasien berinisial AZ dikabarkan meninggal dunia pada Jumat pagi (17/4/2020), atau dua hari setelah diizinkan pulang dari RSUD dr Haryoto.

Kabar meninggalnya AZ dikonfirmasi oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

"Pasien positif corona yang telah dinyatakan sembuh atas nama AZ dari Kecamatan Randuagung pagi ini meninggal dunia," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dilansir dariAntara, Jumat (17/4/2020).

Baca Juga: Dapat Bertahan Hingga 10 Jam, Lakukan Hal Ini Agar Virus Corona Tidak Bertahan di Permukaan Baju

Baca Juga: Dibalik Semua Dugaan, Virus Corona Konon Diciptakan untuk Buktikan Kemampuan China, Bukan untuk Senjata Biologis!

Melihatkondisinya yang dianggap sudah sehat secara klinis oleh tim medis dan dua kali hasil tes swab juga dinyatakan negatif, makaAZ diperbolehkan pulang untuk melakukan karantina mandiri sesuai prosedur penanganan pasien Covid-19.

daily star

3 Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh, Meninggal Setelah Pulang ke Rumah

"Dari dua kali swab dengan hasil negatif tersebut dapat dinyatakan sembuh dan bisa dipulangkan dengan prosedur karantina mandiri selama seminggu. Tentu, seluruh ikhtiar dan tahapan prosedur telah dilakukan," ujar Thoriqul.

Madura, Jawa Timur, Indonesia

Selain AZ, pasien Covid-19 pertama di Bangkalan, Madura, juga dikabarkan hanya bertahan tujuh jam usai dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sebelumnya, pasien berinisial R dirawat diRSUD Syamrabu Bangkalan, R dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang pada Jumat siang (17/4/2020), kepulangannya pun berdasarkan hasilswabyang menunjukkan hasil negatif pada Jumat (17/4/20) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Hasil swab-nya dari Balitbangkes Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi memang sudah dinyatakan negatif. Pihak rumah sakit lalu mengizinkan untuk pulang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan Agus Sugianto Zain, mengutipCNNIndonesia.com, Sabtu (18/4/20).
Baca Juga: Pertahankan Tinggi Rumput Sampai 2 Sampai 3 Cm, Lakukan Hal Ini Agar Rumput Semakin Sehat

Namun, di hari yang sama, tepatnya Jumat malam, R dinyatakan meninggal dunia.

"Kabar baik tentang kesembuhannya ternyata membawa duka, pasien itu ternyata meninggal tepat pukul 23.00 WIB," tambahnya menjelaskan.

Saat hendak dipulangkan, ada beberapa gejala kesehatanR yang masih belum tertangani, salah satunya penyakit komplikasi, seperti pendarahan, jantung, dan asma.

"Karena penyakit ini sebelumnya memang sudah penyakit bawaan," tutur Agus.

Wuhan, China

Jauh sebelumnya,seorang pria berusia 36 tahun di Kota Wuhan, China juga mengalami hal serupa.

Pria yang diketahui bernama Li Liang itu meninggal dunia setelah 5 hari keluar dariRS.

Baca Juga: Dapat Bertahan Hingga 10 Jam, Lakukan Hal Ini Agar Virus Corona Tidak Bertahan di Permukaan Baju

Melansirworldofbuzz.com, Li Liang menjalani perawatan akibat diduga terinfeksi virus corona Covid-19 diRS darurat di Wuhan pada 12 Febuari 2020.

Usai menjalani karantina selama 14 hari di RS dan dinyatakan sembuh, Li Liang diperbolehkan pulang.

Namun,2 hari setelah keluar dari rumah sakit, Li Liang justru mengeluh tak enak badan, mulut kering, dan perutnya penuh gas atau kembung.

Akhirnya, pada Kamis (2/3/20) lalu, Li Liang dilarikan ke rumah sakit setelah 5 hari mengeluh kesakitan.Naas, di saat yang sama, Li Liang menghembuskan nafas terakhirnya, bahkan sebelum menjalani perawatan intensif.

Menurut sertifikat kematiannya, Li Liang meninggal dunia akibat virus corona (Covid-19) telah menyumbat saluran pernapasan dan menyebabkan kegagalan pernapasan. (*)

Artikel ini pernah tayang di GridHealth.id dengan judul 3 Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh, Meninggal Setelah Pulang ke Rumah

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya