Tips Hadirkan Ruang Multifungsi di Ruang Kerjamu, Ampuh Kurangi Stres di Rumah

Kamis, 07 Mei 2020 | 10:00
Kompas.com

Tips Hadirkan Ruang Multifungsi di Ruang Kerjamu, Ampuh Kurangi Stres di Rumah

IDEAonline - Apa IDEA lovers adalah seorang wanita karir dan juga orang yang suka menata hunian?

Mungkin akan sulit apalagi jika memilliki ruangan5 m x 4 m, yang rencananya akandijadikan ruang kerja.

Bila IDEA lovers ingin membuat ruang kerja yang senyaman mungkin, karena terus terang senang menghabiskan waktunya untuk bekerja dan bekerja.

Oleh karena itu, yuk coba tata ruang kerja anda menjadi “surga” . Ruangan ini ke depannya ingin juga bisa jadikan sebuah kantor kecil di rumah.

freshome

Tips Hadirkan Ruang Multifungsi di Ruang Kerjamu, Ampuh Kurangi Stres di Rumah

Saat ini sudah menjadi semacam tren bahwa banyak profesional bekerja tidak bergantung pada kantor yang resmi, tetapi dapat bekerja melalui komputernya di mana saja—rumah, cafe, mobil, dan lain sebagainya.

SOHO

Baca Juga: Furnitur Usang dan Cacat Jangan Dibuang, Finishing Ulang Saja Pakai Cat Duco Yuk

Baca Juga: Berhasil Sudahi Masa Lockdown, Terungkap Cara Arab Saudi Agar Sukses dalam Lawan Covid-19!

Istilah SOHO (small office home office), yaitu memiliki kantor di rumah, saat ini sudah banyak dikenal dan menjadi pilihan di luar negeri seperti Amerika Serikat.

Karena tempat kerja menyatu dengan rumah atau keluarga, bekerja jadi lebih fleksibel, irama kerja dapat diatur, serta waktu kerja dapat lebih lama.

Untuk anda yangberniat membuka jasa notaris di rumah, tim akan coba usulkan olahan ruang berukuran 5 m x 4 m, dengan nuansa coklat.

IDEAonline usulkan ruangan tersebut dibagi menjadi 2 ruangan yang ukurannya kurang lebih sama besar, dengan pembagian sebagai berikut.

Dok. Tabloid RUMAH

Ruang Multifungsi

• Ruang 1, ruang kerja yang sifatnya lebih formal, dan mungkin dapat digunakan untuk bertemu atau rapat dengan klien Ibu.

Baca Juga: Uniknya Bambu yang Digunakan sebagai Tirai, Parstisi, dan Rumah Lampu

Baca Juga: Wow! Sterilnya Hotel Masa Depan Pasca Pandemi Covid-19, dari Ozon Pemurni Udara hingga Material Anti Bakteri Bakal Digunakan

Meja kerja sedapat mungkin menghadap ke ruang luar atau taman agar kesegarannya dapat membantu menurunkan beban kerja di ruang ini.

Kalau dapat dibuatkan akses pintu ke taman akan jauh lebih baik, agar rutinitas kerja dapat diselingi dengan suasana taman yang asri.

• Ruang 2, ruang kerja yang sifatnya lebih rileks.

Dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sifatnya lebih santai, mengisi waktu luang di antara kerja, mengerjakan hobi ibu membuat handycraft, atau juga bisa dilengkapi dengan audio video, atau TV set sebagai tambahan.

• Pembatas ruang 1 dan ruang 2, saya usulkan berupa lemari dinding setinggi plafon menghadap ke ruang 1 untuk diisi buku-buku referensi hukum dan dokumen lainnya.

Di belakangnya dapat dibuatkan rak menghadap ruang 2, untuk menyimpan handycraft. Untuk penyelesaian ruang interiornya saya usulkan sebagai berikut.

 Dreamstime.com

ilustrasi rak buku -Tips Hadirkan Ruang Multifungsi di Ruang Kerjamu, Ampuh Kurangi Stres di Rumah

Ruang 1, lantainya bisa menggunakan parket atau keramik dengan warna lebih terang. Dinding juga dibuat lebih terang dengan warna yang lebih formal.

Baca Juga: Wow! Sterilnya Hotel Masa Depan Pasca Pandemi Covid-19, dari Ozon Pemurni Udara hingga Material Anti Bakteri Bakal Digunakan

Baca Juga: Hoax atau Benar Banyak Hotel Dijual selama Covid-19? Ini Konfirmasinya!

Meja kerja dan meja rapat dapat menggunakan meja kayu warna coklat terang, dengan kursi kantor kelas direksi, dengan model kaki lima untuk mobilitas kerja.

Penerangannya sebaiknya menggunakan warna yang lebih terang ke arah putih agar suasana lebih dingin dan nyaman.

Ruang 2, dibuat lebih santai dengan warna ke arah coklat seperti kesukaan Ibu. Lantainya kalau bisa menggunakan karpet, sehingga berkesan lebih akrab dan santai.

Overstock

ilustrasi karpet - Tips Hadirkan Ruang Multifungsi di Ruang Kerjamu, Ampuh Kurangi Stres di Rumah

Setiap saat IDEA lovers juga bisa bekerja atau melakukan aktivitas santai lainnya di atas karpet. Coba letakkan sofa yang cenderung polos, agar suasananya tidak terlalu ramai dan bisa menurunkan tekanan atau stress.

Penerangankami buat berbeda dengan ruang 1 agar perubahan tekanan kerja terasa. Di sini IDEA lovers bisa gunakan warna yang lebih tenang, warna alam, kekuning-kuningan, dengan meletakkan lampu gantung yang turun ke tengah-tengah ruang 2.

Jangan ragu untuk mengolah lebih lanjut ruang-ruang tersebut sesuai dengan karakter kerja dan pribadi ibu.

Selamat mencoba dan selamat bekerja.

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 55

(*)

#BerbagiIDEA #Berbagicerita#BisadariRumah#GridNetwork

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya