Begini Cara Memanfaatkan Ruang Keluarga Secara Maksimal

Sabtu, 06 Juni 2020 | 14:00
houzz.com

Waspada! Tangga di Ruang Tamu Bisa Menghalau Rezeki Penghuni

IDEAonline -Yuk kita simak cara memperbaiki layout di rumah.

Kasus

Dalam waktu dekat saya akan melakukan akad kredit untuk membeli rumah.

Rumah saya bergaya minimalis dengan cat ruang dalam warna off white, terdiri dari 2 lantai, dengan luas tanah 175 m2, dan luas bangunan 127 m2.

Pada lantai dasar terdapat ruang tidur utama, ruang tamu, ruang keluarga, pantry, dan garasi.

Baca Juga: Lima Cara Mudah dan Murah Saat Berkebun dengan Menggunakan Pot

Baca Juga: Ada Lonjakan 109 Kasus di Kalimantan Selatan, Ini Dia Kabar Terakhir Per 4 Juni 2020 Mengenai Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Indonesia

Yang mau saya tanyakan, berhubung ruang keluarga sama fungsinya dengan ruang tamu, kira-kira apa yang harus saya lakukan?

Sebenarnya saya berencana menambahkan luas teras depan untuk dijadikan ruang tamu, tapi ternyata tidak bisa karena batas bangunan yang tertera di IMB.

Sebagai informasi tambahan, luas ruang keluarga itu sekitar 3,5 m x 3,5 m. Terima kasih banyak.

Solusi

Dok. Tabloid RUMAH

Memanfaatkan Ruang Keluarga Secara Maksimal

Tentang ruang keluarga yang sama fungsinya dengan ruang tamu, saya sangatlah mendukung. saya sarankan agar kedua fungsi tersebut digabungkan saja.

Alasannya sederhana, penghematan ruang dan biaya.

Untuk sebuah keluarga muda yangsuami dan istrinya bekerja,biasanyaruang tamujarang sekali digunakan.

Yang bertamu kerumah kita biasanya terbatas padatetangga, teman-teman sendiri, ataukeluarga yang bisa langsung diajak keruang keluarga.

Baca Juga: Temukan Mayat di Rumah Sakit yang Terbengkalai, Pemburu Hantu Ini Kaget Kenapa Bangunan Tersebut Belum Dirobohkan, Sudah Ada dari 150 Tahun Lalu!

Baca Juga: Keramik KW2 dan KW3 Semua Asli, Lantas Apa Bedanya dengan KW1?

Kalau toh ada tamubiasanya hanya untuk keperluan singkat, misalnya petugas RT, RW, dan biasanyasudah cukup jika diterima di teras rumah.

Hari-hari di rumah pada Sabtu danMinggu biasanya digunakan untuk acarakeluarga di rumah dan itu dilakukan diruang keluarga.

Beberapa saran untuk ruang keluargayang diinginkan antara lainadalah sebagai berikut.

1. Kita coba perluas definisi ruangkeluarga, bukan melulu ruang yangdiisi sofa, kemudian diletakkan TV disatu dindingnya, lalu keluarga dudukdan berkumpul.

Tetapi pada dasarnya, ruang apapun termasuk ruang makandan ruang tidur, dapat digunakanuntuk aktivitas inti dari keluarga, ataukita sebut ruang keluarga.

2. Berikutnya, sesuaikan tema ruangkeluarga dengan gaya hidup kita.

Misalnya kita senang membaca, kenapatidak kita buat ruang keluarga yangsenyaman mungkin untuk membaca, bisa di lantai, atau di sofa, dilengkapidengan lampu-lampu baca.

Atau bilakita hobi menonton film, maka bisa kitabuat home theater lengkap denganakustik yang baik dan kursi-kursi yangnyaman.

Kalau rumah sekaligus tempatbekerja, maka ruang keluarga bisa sajadibuat nyaman untuk tempat berdiskusiatau bekerja.

3. Buatlah ruang keluarga selega danselapang mungkin.

Baca Juga: Kamar Mandi Rembes Itu Fatal, Gunakan Cara Ini sebagai Solusi

Baca Juga: Lagi Gila Berkebun? Yuk Intip Taman Ala Perancis yang Konon Sangat Romantis Suasananya

Jangan paksakanfurnitur secara berlebihan. Gaya rumahminimalis, pada dasarnya menghendakijumlah perabot dan aksesori ruangyang minimal, agar ruang tetapberkesan lega.

Untuk menambah kesanlega kita juga bisa memilih materialyang berkesan ringan, dengan warnawarnaterang.

Kalau memungkinkan, pilihlah ruang keluarga dekat denganbukaan yang ada, misalnya jendelaatau pintu, agar kesegaran alam bebasjuga masuk ke dalam ruang.

4. Buatlah ruang keluarga agar menjadiruang serba guna. Sekalipun kitamemiliki tema-tema tertentu untukruang keluarga, ada baiknya kita tetapmempertimbangkan bahwa ruangtersebut bisa digunakan untuk aktivitaslain.

Misalnya suatu saat ruang tersebutakan digunakan untuk kenduri, arisankeluarga, atau bahkan bukannya tidakmungkin sekali waktu bisa menjadiruang tidur untuk famili yang tiba-tibaharus menginap di rumah kita.

Artinya, sebaiknya kita menggunakan perabotyang masih fleksibel untuk diubah ataudigeser-geser sesuai kebutuhantertentu.

Meja kerja bisa sekali waktudigunakan untuk meja saji makanan, dan meja ruang keluarga bisa dipilihyang memiliki ruang simpan majalahatau barang di bawahnya.

Saya tampilkan sedikit ilustrasi untukpemanfaatan ruang keluarga yangmenyatukan fungsi makan dan berkumpulbersama dalam sebuah ruang yangberkesan lega.

Di gambar ini terlihatruang keluarga yang menyatu dengandapur yang ditambah mini bar yang bisadigunakan untuk sarapan.

Ruang makanyang juga bisa disebut ruang keluarga, dapat digunakan juga untuk mengobrolatau belajar dengan peletakan sofa disudut, dan bahkan bisa sambil nonton TVyang ada di lemari di ruang keluarga.

Secara keseluruhan, ruangan ini menyatudan juga serba guna, di mana fungsisetiap ruang sangat fleksibel dan dapatdigunakan sebagai ruang keluarga.

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 61

(*)

#BerbagiIDEA #Berbagicerita#BisadariRumah#GridNetwork

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya