Habiskan Belasan Miliar untuk Lawan Covid-19 di Indonesia, Ini Kisah Pria Berdarah Tionghoa Muslim yang Rela Habiskan Hartanya Demi Donasi

Sabtu, 16 Mei 2020 | 09:00
Instagram Steven Indra Wibowo

Steven Indra Wibowo, seorang ualaf yang rela sumbangkan hartanya sebesar 12 miliar untuk membantu melawan pandemi virus corona (Covid-19).

IDEAonline -Pandemi Covid-19 di Indonesia hingga kini belum menunjukkan tanda penurunan.

Meski demikian, pemerintah sudah menawarkan opsi untuk berdamai dengan virus ini, dengan kata lain mau tidak mau kita akan hidup berdampingan dengan virus ini.

Meskipun telah mempengaruhi berbagai aspek sosial dan ekonomi, dampak penyakit ini juga luar biasa banyak warga Indonesia yang saling gotong royong dan saling menolong satu sama lain.

Bahkan dalam sebuah kisah yang dikutip melaluiGridHealth, ada seorang warga asal Sleman yang tergerak hatinya untuk membantu penanganan Covid-19.

Tak sembarangan, orang itu bahkan rela menghabiskan hartanya secara besar-besaran untuk turut menyumbang bantuan untuk Covid-19.

Baca Juga: Dinilai Tak Punya Moral dan Hanya Punya Nafsu, Pertarungan Istri Kedua dengan Kiwil Sempat Jadi Perbincangan, Begini Tampilan Rumahnya

Baca Juga: Punya Walk-In Closet Bisa Menaikkan Harga Jual Rumah? Yuk Kenali!

Sosok tersebut adalah Steven Indra Wibowo, seorang pria berdarah Tionghoa yang tinggal di Sleman, Yogyakarta.

Steven Indra menjual nyaris seluruh hartanya seperti tujuh mobil, dua rumah, dan dua kendaraan hingga terkumpul Rp12 miliar.

MenurutYouTube TVOne, Kamis (14/5/20), uang tersebut dikumpulkan kemudian, disumbangkan untuk membeli APD, sarung tangan bedah, masker, dan hand sanitizer.

Steven juga membagikan ribuan paket sembako dan makanan kepada masyarakat.

Jumah Rp12 miliar yang disumbangkan Steven terbilang bukan nominal kecil, meski demikian dia memaparkan ternyata punya alasan melakukan semua itu.

Ia menganggap semua harta benda yang dimilikinya hanyalah titipan Sang Pencipta, sehingga suatu saat nanti pasti akan kembali.

"Kalau aku sama istriku punya prinsip hidup, apa yang dititipkan Allah sekarang, kelak bakal diambil lagi," ujarnya.

Baca Juga: Pilih Cerai Daripada Poligami, Dewi Yull Kini Hidup Bahagia dengan Suami Baru di Hunian Mewah, Ruang Makannya Jadi Sorotan

Baca Juga: Dukungan pada Konsep Go Green Mendatangkan Banyak Manfaat Kehidupan, Ini Alasannya!

Namun, menurutnya proses pengembalian harta itu ada berbagai cara, ada dalam bentuk baik ataupun sebaliknya, tergantung bagaimana keputusan sang pemilik harta.

"Tergantung kitanya aja (sebagai pemilik harta), mau kembali dengan jalan baik seperti disedekahkan, atau cuma dihabisin dengan suatu hal yang tidak bermanfaat," terangnya.

"Tapi ada juga yang sombong dan riya, jadi Allah ambil hartanya secara paksa, misalnya dikasih bencana, dan semuanya diambil paksa," jelasnya.

Sementara melansirGridHealth, Steven mengungkapkan bahwa alasannya bersedekah juga untuk mengembalikan harta titipan Allah.

"Saya hanya ingin mengembalikan titipan Allah dengan cara yang baik," ungkapnya.

Bahkan, dirinya merasa tak masalah kini harus tinggal di rumah kontrakan di sebuah rumah di kawasan Maguwoharjo.

Dari harta yang disumbangkan Steven, sebanyak 48 ribu hazmat didistrisbusikan ke 5 ribu rumah sakit, dan fasilitas kesehatan seluruh Indonesia.

Ia juga membagikan 43 ribu APD sesuai standar WHO.

Baca Juga: Tips Tata Lampu di 6 Ruangan agar Beda Suasana, Bikin Lebaran Berkesan Meski Hanya di Rumah Saja

Baca Juga: 5 Tahun Menikah dan Berujung Perceraian, Kini Rossa Justru Makin Kaya Raya Semenjak Menjanda, Tilik Hunian Mewah Seharga Rp 30 Miliar!

Steven bersama timnya juga memproduksi 150 maker dan 80 ribu hand sanitizer, untuk dibagikan secara cuma-cuma.

Hingga kini diketahui pandemi Covid-19 masih terus bertambah di Indonesia, total sudah 16.006 orang terinfeksi 1.043 orang meninggal dunia, 3.518 orang sembuh, dan sisanya dalam perawatan.

Artikel ini telah tayang di Intisari-online.com dengan judul Mualaf Tionghoa Ini Rela Donasikan Rp12 Miliar Hartanya Hingga Asetnya Ludes Untuk Perangi Covid-19 di Indonesia, Alasannya Bikin Hati Bergetar

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya