Kenali Apa Itu Master Key, Satu Kunci Yang Bisa Buka Banyak Pintu

Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:30
Freepik

(ilustrasi) pegangan pintu

IDEAonline –Untuk sebuah bangunan, kunci adalah satu sistem pengaman manual (non-elektronik) di samping membuat pagar, menyewa satpam, atau memeliharaanjing penjaga.

Tapi seringkali mempunyaibanyak anak kunci membuat Andabingung. Kalau pergi, paling tidak Andaperlu membawa kunci kamar, kunci pintuutama, dan kunci gembok pagar.

Belumlagi kunci rumah yang satu lagi. Penuh, deh, tas Anda dengan anak kunci. Untuk meminimalkan jumlah anakkunci, ada sistem yang disebut master key.

Maksudnya, dengan satu anak kunci, Andabisa membuka banyak kunci yang adadalam grup yang sudah Anda tentukan.

Selain itu, sistem master key yang mulanyaditerapkan pada hotel, jugamemungkinkan hirarki pengaksesan. Contoh berikut mungkin bisa lebihmemperjelas pengertian master key.

Baca Juga: Mata Terasa Perih Saat Lama Berada di Kolam Renang ? Ini Faktanya!

Baca Juga: Rela Banting Stir Efek dari Pandemi Covid-19, Andika Kangen Band Kini Jualan Mobil dan Barang Berharga Agar Bisa Bangun Kosan!

Katakan Anda memiliki sebuah rumahyang menggunakan sistem master key. Setiap pintu memiliki 1 anak kunci sepertibiasa, dan satu anak kunci hanya bisadigunakan untuk membuka satu pintu.

Tapi selain itu, Anda akan diberi satumaster key (kunci “master”), yang bisadigunakan untuk membuka semua pintu.

Dok. Tab RUMAH

Contoh salah satu tipe silinder dan anak kunci “master”. Anak kunci master biasanya memiliki “kepala” yang agak besar.

Untuk membedakannya dari anak kuncibiasa, kunci “master” dibuat lebih besar dibagian kepalanya. Semua pintu yang bisa dibukadengan kunci master yang Andapegang, dikatakan berada dalam 1grup.

Berapa pintu yang inginAnda masukkan dalam 1 grup, terserah Anda. Dan yangenak, 1 grup ini tidak mesti berada dalamsatu lokasi. Anda bisa memasukkan rumahkedua Anda yang ada di lain wilayah, kedalam grup yang sama.

Kemudian apa yang dimaksud denganhirarki pengaksesan? Anda sebagaipemilik rumah bisa menentukan “siapayang berhak membuka pintu apa”.

Misalnya, Anda sebagai kepala rumahtangga, memegang 1 anak kunci yang bisamembuka semua pintu.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Bikin Video Kreatif Penyemangat Bagi Orang Lain, Perusahaan Ini Ingin Indonesia Lebih Cepat Siap Memasuki Era New Normal

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Mewah Rp 6 Miliar Milik Mantan Reino Barack, Raffi Ahmad Malah Mengaku Melihat Sosok Putih di Balik Lampu Taman Luna Maya! Ini Penampakannya Saat Terekam Kamera

Pembantu, Andaberi 1 anak kunci yang hanya bisamembuka gembok pagar, garasi, danruang servis (tapi ia tidak bisa membukapintu utama dan kamar).

Kemudian anakAnda beri 1 kunci yang bisa mengaksesgembok pagar, pintu utama, dan pintukamar anak (tapi tidak bisa membuka pintu ruang tidur utama).

Bila rumah Anda saat ini sudah jaditapi belum menggunakan sistem masterkey, Anda bisa menggunakannya dikemudian hari.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi60

(*)

Editor : Maulina Kadiranti