3 Tips agar Layout Ruang Enak Dipandang, Pilih Point Of Interest

Senin, 22 Juni 2020 | 07:00
www.inhabitat.com

3 Tips agar Layout Ruang Enak Dipandang, Pilih Point Of Interest

IDEAonline –Pernahkah Anda beradadi suatu ruangan yang terasa enakpenataannya? Atau kebalikannya, Andajustru merasa ruangan kacau balauwalaupun furnitur yang ada adalahfurnitur kelas wahid.

Tahukah Anda apapenyebabnya? Enak tidaknya suatu ruangan bukanhanya ditentukan oleh keserasianbenda-benda yang ada di dalamnya.

Nah, berikut ini beberapa langkahuntuk mengatur lay-out sebuah ruang. Silakan menyimak! Siapa tahu bisa jadipatokan yang pas agar ruangan Andaenak dipandang.

Baca Juga: 11 Tahun Menikah Tetap Terlihat Romantis, Pasangan yang Miliki 10 Kerajaan Bisnis Ini Ternyata Tinggal di Hunian yang Enggak Kalah Mewah dari Raffi Ahmad!

Baca Juga: Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah, Pastikan Semua Harus Steril

1. Ukur besar ruangan

Langkah pertama dalam penataanlay-out sebuah ruang adalah ukuranruang itu sendiri. Kita mesti memastikanbahwa benda-benda yang kita beli, muat di ruangan itu, dan muat jugaketika akan dimasukkan ke ruangan itu.

Jadi, jangan lupa juga untuk mengukurlebar pintu, lorong, dan lebar tanggayang mungkin dilalui.

2. Pilih point ofinterest di suaturuangan

Adanya point of interestmemberi gambaran, ke arahmana nantinya peletakanbenda akan terpusat. Pointof interest bisa berupapemandangan di jendela, lukisan besar di dinding, rakbuku, atau rak untuk TV.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Bikin Video Kreatif Penyemangat Bagi Orang Lain, LG Ingin Indonesia Siap Masuki Era New Normal Lewat Kampanye 'Kami Bersama Anda'

Baca Juga: Rela Banting Stir Efek dari Pandemi Covid-19, Andika Kangen Band Kini Jualan Mobil dan Barang Berharga Agar Bisa Bangun Kosan!

Kalau ada lebih dari duabenda yang dianggap bisamenjadi point of interest, pilih yang lebih menonjol—biasanyayang ukurannya lebih besar, atau warnanya lebih jreng.

Jangan letakkan dua point of interest bersebelahan ataudalam satu sisi, misalnya rak bukudiletakkan bersebelahan dengan rakTV.

Ini akan mengganggu harmonisasisebuah ruangan. Di ruang keluarga, rakTV selalu menjadi point of interest utama, sehingga rak buku bisa diletakkan di sisilain.

3. Tempatkan yang besardan utama lebih dulu

Benda-benda yang palingmendukung aktivitas di suatu ruanganlahyang paling harus diperhatikan.

Foto Eric Dinardi/Properti Wirawan/Puri Indah I/ Arsitek RealRich Sjarief/Desain Interior Mondrich S

3 Tips agar Layout Ruang Enak Dipandang, Pilih Point Of Interest

Misalnya di ruang keluarga, kita harusmemperhatikan penempatan sofa. Sedangkan di ruang tidur, pikirkanpeletakan tempat tidur, dan di ruangkerja, perhatikan peletakan meja kerja. Benda-benda ini mesti menghadap kepoint of interest.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 79

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya