Denah Dapur Minimalis, Inspirasi Paduan Dapur Bentuk L dan U!

Minggu, 28 Juni 2020 | 09:30
boredpanda

Denah Dapur Minimalis, Inspirasi Paduan Dapur Bentuk L dan U! (ilustrasi)

IDEAonline –Dapur yang bisamenyimpan berbagaibenda tidak harustampak berantakan. Dengan laci-laci, Andabisa mewujudkandapur rapi namunbanyak penyimpanan.

Dulu, dapur dianggapsebagai area belakang yang kotorsehingga penataannya seringdiabaikan.

Yang penting bisa buatmasak, begitu ungkapan yang seringterdengar.

Kini, seiring berkembangnyakesadaran untuk mempercantik setiapbagian rumah, orang-orang mulaimendandani dapur dan bahkan mulaiberani “memajang” dapur sehinggaterlihat dari ruangan lain.

Contohnya pada dapur ini. Area dapur dibuat terlihat dari ruangmakan dan ruang keluarga, sehinggakerapiannya sangat diperhatikan.

Baca Juga: Penghasilan Capai Rp200 Miliar Lewat Kerajaan Bisnisnya, Rumah Pedangdut Cantik Ini Justru Terletak di Gang Sempit, Warganet Soroti Tulisan yang Nempel di Pagarnya!

Baca Juga: Bikin Jatuh Hati, Warganet Justru Salah Fokus dengan Sikap Nagita yang Bersimpuh di Lantai Sambil Peluk Erat Artis Cantik yang Menangis Sesenggukan Ini, ‘Eh Jangan di Bawah’

LOKASI: KEDIAMAN H. M. RUSDI MARTUNUS – HJ. ROSITA ASIKIN, PONDOK KELAPA

Denah Dapur Minimalis, Inspirasi Paduan Dapur Bentuk L dan U!

Karenanya,pemilik rumah meminta kepadadesaineryang juga mendesainrumahnyauntuk membuat dapuryang rapi danbanyak akan tempatpenyimpanan namun berkesan ringan.

Untuk memenuhi permintaan ini, sang desainer menggunakan desainminimalis.

Tema minimalis juga diambiluntuk menyesuaikan dapur dengantema rumah secara keseluruhan.

Bahanpelapis kitchen set ini menggunakanHPL, baik untuk kabinet maupuntebletop-nya.

Untuk meringankan kesan “berat” yang timbul akibat penggunaankayu di seluruh bagian dapur, dipakailahwarna-warna muda/terang, ditambahdengan unsur kaca pada kabinet.

LOKASI: KEDIAMAN H. M. RUSDI MARTUNUS – HJ. ROSITA ASIKIN, PONDOK KELAPA DESAIN: JE-FERIASHTAMA

Di seluruh bagian bawah kabinet diisi dengan laci-laci, baik laci kecil—untuk meletakkan bendabenda seperti makanan, kopi instan—ataupun laci berpintu dua, untuk meletakkan peralatan yang berukuran besar.

Paduan “L” dan “U”

Kitchen set ini merupakan paduan antara bentuk “L” dengan bentuk “U”. Alasannya, jika dibuat bentuk “L” saja, ruang kosong yang tersisa sangatbanyak.

Jadi ditambahkanlah satu “pulau” (biasa disebut island) di tengahbentuk “L” itu.

Pulau ini bisa digunakanuntuk meletakkan masakan yang sudahjadi. Kalau diberi tambahan kursi, pulauini bisa juga berfungsi sebagai mejamakan.

Area memasak diletakkan di sisipendek yang berdekatan denganjendela, supaya saat memasak si pemilikdapat menikmati pemandangan ditaman yang ada di sebelahnya.

Denah dapur minimalis

Dok. Tab RUMAH

Denah dan tampak dapur

Namun, kompor tidak langsung diletakkan ditepi jendela melainkan agak ke tengah, karena angin dari jendela bisa meniupapi di atas kompor.

Lemari es ditempatkan di ujungagar tak terlalu dekat kompor, karenauap panas dari kompor bisa merusakkondensor lemari es.

Selain itu, lemaries masih bisa juga dijangkau dari ruangmakan.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 81

(*)

Editor : Maulina Kadiranti