Sebelum Merancang Hunian, Sebaiknya Ketahui Dulu Posisi Septic Tank

Senin, 29 Juni 2020 | 15:24
London Renovations in Ontario

Septic tank (ilustrasi)

IDEAonline –Salah satu syarat hidup sehatdi rumah sehat yang kita warisi danmenjadi tradisi berkota, bahkandijadikan peraturan kota, bisa kitapahami sebagai sebuah prasyarathidup sosial bermasyarakat.

Manusiamemerlukan energi, bermetabolismedan mengeluarkan ampas kotoran yangharus diolah.

Baca Juga: Tinggal di Rumah dengan Dapur Sempit, Begini Perbandingan Tampilan Rumah Mewah Rp 50 M milik Ussy Sulistiawaty dan Sang Mertua yang Mirip Siang dan Malam!

Septic tank, dari asal katasederhananya saja sudah menunjukkantugasnya mengolah pembusukan didalam satu tanki khusus di bawahtanah dengan proses bakterial.

Bakteriyang ada di tanah itu akan menguraiampas kotoran manusia yang sebagiandiendapkan, sebagian lagi diresapkanke tanah.

Diharapkan melalui proses ini, kotoran itu sudah jauh berkurang kadarkotornya yang dapat diukur melaluitaraf bau.

Bakteri memerlukan udara untuk hidupnya; semakin banyak bakteripenyakit, biasanya semakin berbaukarena mereka memerlukan udara.

Di tanah lahan kita, selain adasosok rumah, ada septic tank dansumber air yang perlu dipertimbangkanletak lokasinya secara sosial maupunfungsional dan kepraktisan sertakemungkinan perawatan (maintenanceatau reparasi) di masa depan.

Sumberair selain PDAM/PAM kita biasamempunyai sumur pompa yangsebaiknya diletakkan di area belakangyang cukup terbuka, paling tidakmempunyai ruang gerak diameter 2meter untuk keleluasaan pengeboran.

Kalaupun sudah ada, kemungkinan diperdalam bila kering, perlu selaludipertimbangkan.

Sumber air bersih inisebaiknya berada sejauh mungkin darirembesan septic tank yang memangdianggap masih berkemungkinanmenyebarkan bakteri kotoran beracun.

Baca Juga: Lagi Heboh Mau Pindah Rumah Karena Banyak yang Intai, Ayah Tiger Wong Malah Dihantam dengan Kalimat Pedas Nikita Mirzani, Sampai Dihina sebagai Penjilat dan Tukang Fitnah

Maka septic tank biasanya diletakkandi area depan rumah, bila mungkin dibawah garasi. Hal ini akan memudahkanbila perlu ada penyedotan atau reparasiseptic tank, tanpa harus mengganggufungsi lain di dalam rumah.

Jalur pipa menuju septic tank daritoilet di kamar mandi, bila berbelokatau bersatu tidak boleh membuatsudut siku, tapi tidak lebih daripada 45derajat.

Jalurnya perlu dibuat aman dari gangguan, dan bila mungkin tidak terlalujauh dengan kemiringan yang cukup.

Kita bisa bayangkan, bila kita secarabersama hidup berdampingan di satu RT, mengaturnya secara acak, maka mungkinsumber air Anda akan berada berdekatandengan septic tank tetangga.

Maka bilamulai merancang rumah, ada baiknyamengetahui letak-letak sumber air danseptic tank tetangga kiri, kanan, danbelakang rumah Anda.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 81

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya