Agar Tak Semakin Parah, Pahami Permasalahan yang Terjadi Saat Gunakan Sumur dan Pompa

Jumat, 10 Juli 2020 | 16:00

Sumur ada dua macam yaitu sumur dangkal dan sumur artesis.

IDEAonline –Timbulnya masalah pada sumur dan pompa adalah hal yang wajar.

Masalah ini ada yang sebetulnya bisa diantisipasi atau dicegah, ada juga yang tidak dapat dihindari atau diprediksi sebelumnya.

Bila ini terjadi Anda harus segera melakukan langkah yang tepat agar masalah tersebut cepat teratasi dan tidak menjadi semakin parah.

Baca Juga: Mengenal Herringbone, Motif Kayu Beraksen Klasik dan Bersifat Abadi

Baca Juga: Mulai dari Altar Pemujaan Setan hingga Anjing yang Diawetkan, Ini 9 Barang Aneh yang Pernah Ditemukan Tim Jasa Pindahan Rumah

Masalah yang susah ditebak adalah masalah yang timbul karena ulah alam. Masalah-masalah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Permukaan air tanah turun
Bila permukaan air tanah turun (yang ditandai dengan tidak keluarnya lagi air) meski pompa sudah dinyalakan lama, Anda bisa mencoba menurunkan posisi pompa (ditanam di dalam tanah).

Apabila langkah ini tetap tidak berhasil, terpaksa Anda harus mengganti pompa lama Anda dengan yang baru, tentu saja yang mempunyai daya hisap dan daya dorong lebih besar.

Biasanya penggantian pompa baru ini dilakukan bersamaan dengan pengeboran ulang sumur, karena pipa yang dipakai besarnya berbeda dengan yang sudah ada.

Baca Juga: Beda 9 Tahun, Pasangan Selebriti Ini Tak Sabar Tunggu Buah Hati yang Sebentar Lagi Lahir, Intip Isi Apartemen Mereka yang Bergaya Skandinavia!

Baca Juga: Mengenal Herringbone, Motif Kayu Beraksen Klasik dan Bersifat Abadi

Jika ini terjadi, disarankan untuk membuat sumur baru saja, karena biaya pemipaan ulang (mencabut pipa lama dan memasang pipa baru) akan memakan biaya yang cukup besar.

  • Air mengandung zat besi.
Air yang banyak mengandung zat besi akan mengakibatkan pompa mengalami korosi, dan pada akhirnya rusak.

Air seperti ini biasanya berwarna kuning danberbau logam. Jika air di rumah Anda adalah jenis air seperti ini, maka sebaiknyasegera beri zat kimia tertentu (bisa dibelidi apotik) ke dalam sumur.

Zat ini bisamembuat air sumur menjadi netral lagi.

  • Rembesan air laut
Air laut sekarang ini sudah semakinmasuk ke kota melalui rembesan airtanah, sehingga menyebabkan air menjadiagak asin. Untuk rumah dengan jenis airseperti ini, pompa yang digunakan harus terbuat dari stainless steel agar tidak mudah berkarat.

Baca Juga: Menilik Kembali Rumah yang Dijadikan Pondok Penyembahan Setan Milik Aleister Crowley, Kini Fasadnya Sudah Hancur dan Dipenuhi Semak Belukar

Selain itu jangan lupa, sebelum dikonsumsi air harus melewatiwater filter terlebih dahulu, agar baudan rasa yang ada di air tersebut hilang.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 67

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya