Makna Pintu Menurut Fengshui Amat Penting, Hati-hati Jika Ukuran Pintu Lebih Besar dari Hunianmu

Kamis, 02 Juli 2020 | 17:00
Michael Kai

Makna Pintu Menurut Fengshui Amat Penting, Hati-hati Jika Ukuran Pintu Lebih Besar dari Hunianmu

IDEAonline –Sama seperti mulut, pintu rumah tidak baik jika ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil. Keseimbangan alam jadi tidak tercapai.

Makna pintu pada sebuah bangunan, dalam Feng Shui sering disamakan dengan mulut yang mengisapenergi alam masuk ke dalam rumah.

Kalau posisi pintu masuk pada bangunan tersebut berada pada sudut yang benar, maka gaya magnetik yang ditimbulkan dapat mengisap energi alam semesta untuk masuk ke dalam rumah.

Tetapi, kalau letak pintunya salahmaka gaya magnetiknya tidak bisa berfungsi optimal. Apalagi kalau letak pintu berada di posisi Huang Qian (sumber yang kuning), yang justru berfungsi menarik energi Sha Qi yang jahat untuk masuk ke dalam rumah.

Kalau ini terjadi, sudah barang tentu masalah berat akan sering melanda penghuni rumah. Dengan demikian, letak pintu akan menentukan kekuatan dan jenis aliran energi yang masuk ke rumah.

Baca Juga: Menikah Tanpa Restu Orang Tua dan Kini Sudah Dikaruniai 1 Anak, Kehidupan Aktor Ganteng Ini Sempat Jadi Pembicaraan Publik, Intip Huniannya!

Baca Juga: Beli Rumah dari Ahli Waris yang Seritifikatnya Masih atas Nama Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ini Cara Urusnya!

Sementara itu, kualitas dari energinya sendiri ditentukan oleh keadaan lingkungan di luar obyek bangunan yang diteliti.

Konsep Feng Shui seperti di atas jarang dipahami banyak orang, sehingga banyak pula yang mengira bahwa letak pintu yang baik dapat menghasilkan rezeki kehidupan yang baik pula.

Selain pengertian yang tidak jelas itu, masih ada sebagian orang yang memercayai bahwa untuk mendatangkan hawa rezeki yang besar, ukuran pintu utama pun harus besar. Semua itu belum tentu benar.

Rumah Kecil

Of design

Rumahnya Kecil, Pintunya Besar

Karena terobsesi dengan pikiran di atas, pemilik rumah kecil yang berukuran bangunan 4 m x 9 m, ingin membuat pintu ganda di ruang tamu selebar 2 meter.

Apa yang terjadi? Bukannya rezeki dan kebahagiaan yang datang, tetapi badai penderitaan panjang yang selalu melanda kehidupan penghuni.

Di sini ada yang dilupakan, bahwa metode Feng Shui bertujuan untuk mencari keselarasan hidup yang baik dengan alam serta bangunan di mana seseorang tinggal.

Rumah kecil dengan pintu yang sangat besaryang tidak sesuai dengan proporsi bangunan bukan saja akan mengundang angina yang besar, tetapi angin kencang tersebut juga akan menghalau energy rezeki yang seharusnya bisa dihimpun dalam rumah yang lebih tenang.

Rumah Besar

Baca Juga: Beli Rumah dari Ahli Waris yang Seritifikatnya Masih atas Nama Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ini Cara Urusnya!

Baca Juga: Jengkel dengan Tetangga yang Berisik Hingga Ganggu Jam Tidur? Siapkan 2 Hal Ini di Rumah!

Di lain sisi, ada orang yang beranggapan bahwa ukuran pintu rumah sebaiknya kecil agar energi yang masuk bisa bertahan lama di dalam.

Dengan pemikiran ini maka rumah yang besar dibuatkan pintu yang sangat kecil.

Akibatnya, kaidah Feng Shui tidak bisa berjalan optimal, sebab pintu yang tidak bisa mengalirkan udara atau energy secara maksimal. Energi yang tersumbat, otomatis akan menghambat rezeki kehidupan.

Terlalu Tinggi

Ada juga yang berpikir bahwa pintu rumah yang sengaja dibuat tinggi dapat memberi nilai tambah untuk meninggikan martabat.

Baca Juga: Jengkel dengan Tetangga yang Berisik Hingga Ganggu Jam Tidur? Siapkan 2 Hal Ini di Rumah!

Baca Juga: Percantik Dinding dengan Padded Wall, Berbagai Kesan Bisa Ditampilkan

Sebab, pintu yang tinggi membuat orang yang masuk atau tinggal di rumah tersebut terkesan kecil.

Dari sisi desain ini mungkin dapat dibenarkan. Tetapi dari analisa Feng Shui perlu dilakukan penyelarasan dengan keadaan lingkungan sekitarnya, sebab pintu yang kelewat tinggi bisa memengaruhi umur pemilik bangunan.

Ukuran pintu yang sangat lebar atau sangat tinggi, akan memberi peluang yang lebih banyak kepada setiap energi buruk untuk masuk ke rumah.

Terlalu Pendek

Pintu dengan ukuran yang pendek bisa disebabkan karena kebutuhan desain atau karena adanya peninggian lantai akibat kena banjir. Jenis pintu ini sering menimbulkan rasa tak nyaman bagi orang yang melaluinya.

Baca Juga: Putar Otak Karena Lahan? Tilik Ragam Ide Cerdas di Hunian Mungil!

Baca Juga: Ahli Mulai Memahami Banyak Masalah Kesehatan yang Ditimbulkan Corona

Bentuk ini dalam Feng Shui dinilai kurang baik karena tidak bisa memberi keleluasaan hawa rezeki untuk masuk ke rumah.

Yang paling baik, ukuran pintu harus disesuaikan dengan ukuran bangunan. Jangan ada yang bersifat lebihdan paling baik yang bersifat umum saja.

Sesuatu yang sifatnya lebih”—entah itu lebih besar atau lebih kecilakanmerusak keseimbangan dan keselarasan. Apabila ini terjadi maka keharmonisan hidup yang diimpikan setiap penghuni rumah tidak akan mudah terwujud.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang diTabloid RUMAHedisi 87

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya