Begini Trik Buat Kesan Luas di Lahan Rumah yang Memanjang Ke Belakang!

Rabu, 08 Juli 2020 | 12:30
FOTO: SIS, TNR

Pandangan dari arah depan ke belakang. Lahan belakang yang cuma 1 meter tidak disia-siakan begitu saja. Lahan mungil ini diisi dengan tanaman alang-alang yang ditanam berderet-deret. Tanaman ini menjadi pemandangan indah dari dalam rumah.

IDEAonline –Seringkali, untukmendapatkan kesan luaspada sebuah rumah, orang rela kehilanganprivasi. Padahal itu bisadisiasati.

Bila ingin memberikan kesanluas pada sebuah rumah, maka minimkansekat dan gunakan bahan-bahantransparan. Teori ini tampaknya sudahditerima oleh orang banyak—tanpa syarat.

Baca Juga: Tak Perlu Susah Payah, Ini Cara Bersihkan Talenan dengan Bumbu Dapur

Tapi masalahnya adalah, solusi terhadapmasalah ini menimbulkan masalah lain. Minim sekat dan penggunaan bahanbahantransparan pada rumah berukuranmungil, kerap kali membuat kitakehilangan privasi.

Keluar dari kamarmandi, nonton TV, atau makan, semuakelihatan dari jalanan. Seakan-akan tidakada lagi yang bisa dirahasiakan darikehidupan kita.

FOTO: SIS, TNR

Begini Trik Buat Kesan Luas di Lahan Rumah yang Memanjang Ke Belakang!

Di sinilah rumah bercat ungu ini “berbicara”. Pasangan muda pemiliknya—Diara Dirgantara dan Retnosari — berhasil merenovasi rumah tipe 36-nyayang berada di atas lahan seluas 117 m2menjadi tampak lebih luas dan lowong.

Tapi hebatnya, kelegaan ini bisa mereka dapatkan tanpa harus banyak-banyakmengorbankan privasi. Apa saja yang dilakukannya?

Baca Juga: Tak Perlu Tenaga Lebih, Ini 5 Cara Bersihkan Karpet yang Ketumpahan

FOTO: SIS, TNR

Karena berada di bagian depan, dapur jadi bisa memiliki jendela berukuran agak besar. Sirkulasi udara di sini pun menjadi lancar.

Memindahkan pintudepan ke samping

Seperti kebanyakan rumah tinggaldalam perumahan, bentuk lahan tempatrumah ini berdiri, berbentuk memanjangke belakang, dan pintu utama diletakkandi depan, berhadapan dengan jalan.

Karena ingin menggunakan pintuberukuran besar dari bahan kaca yangtransparan, hal ini tidak mungkindilakukan.

FOTO: SIS, TNR

Begini Trik Buat Kesan Luas di Lahan Rumah yang Memanjang Ke Belakang!

Karena itu Diara—yang bersama istridan seorang temannya memiliki usahakonsultan desain rumah—memindahkanpintu utama ke bagian samping.

Karenabagian samping ini lebih lebar, jadilahmereka bisa menggunakan pintu kacayang diapit jendela kaca yang lebarnyasama dengan pintu.

Baca Juga: Tunjukan Ekspresi Tak Suka Bahkan Marah, Begini Kelakuan Ashanty Saat Kunjungi Istana Milik Denny Cagur, ‘Den Bentar-bentar, Ini Nggak Ada yang Keluar Ya’

Karena tidak tepatmenghadap jalan, sekalipun pintu kaca iniberukuran besar, bagian dalam rumahtidak tampak dari jalan.

FOTO: SIS, TNR

Begini Trik Buat Kesan Luas di Lahan Rumah yang Memanjang Ke Belakang!

Pintu kaca inimenjadi jalan masuk bagi cahaya yangmembuat rumah ini jadi terang. Selain itu, dengan pintu di bagian melebar, rumahjadi berkesan melebar, bukan memanjang.

Menurut Retno, kesan melebar inimembuat ruang dalam terasa lebih luas.

Memindahkan ruangtidur ke belakang

Denah awal rumah ini sangatsederhana. Dua ruang tidur berjajarmengapit kamar mandi. Tapi Diarakemudian membongkar ruang tidur yangada di depan, dan memindahkannya kesisi kanan yang tadinya merupakanhalaman.

Baca Juga: Ungkit Masalah Give Away, Perseteruan Baim Wong dan Nikita Mirzani Belum Temukan Titik Terang, Paranormal Ini Justru Yakinkan Warganet Baim Orang yang Baik, ‘di Rumahnya Sosok Berjubah Putih yang Jaga’

Sekarang kedua ruang tidur jadiberada di belakang. Keuntungannya, jendela ruang tidur jadi tidak terlalu dekatdengan jalan.

Bahkan mereka bisamenambah satu jendela lagi yangmengarah ke belakang. Dengan demikian, di siang hari punmereka bisa membuka jendela tanpa takutdiintip orang dari jalan.

Mengganti dindingbelakang menjadi kacamati

Satu bidang dinding belakang yangtadinya masif diganti menjadi jendela matidari bahan kaca. Adanya kaca ini sangatberpengaruh terhadap kesan luas rumahyang sangat mungil ini.

Apalagi sisa tanahdi belakang kaca tersebut ditanami alang-alang. Ruangan jadi berkesan segar. Sekalipun jendela itu memenuhi satubidang dinding, tapi karena di balik kacaini hanya ada ada lahan 1 meter yangtidak mungkin dilewati orang, pemilikrumah tidak perlu khawatir terlihat olehorang tak dikenal.

Kamar mandi ditutupi

Karena pintu utama dipindahkansementara posisi kamar mandi tetap, pintuutama jadi berhadapan dengan pintukamar mandi. Tentunya hal ini sangattidak nyaman.

Untuk mengatasinya, dibuatlah semacam partisi di depan pintu kamarmandi. Bagian belakang partisi inidipasangi cermin panjang untuk mematutdiri.

Baca Juga: Memisahkan Area Basah dan Kering di Kamar Mandi dengan Storage Tepat

FOTO: SIS, TNR

Penggunaan warna ungu membuat rumah mungil ini terlihat cerah. Ruangan yang sekarang adalah dapur tadinya ruang tidur. Dan partisi kayu bergaris horizontal dibuat untuk menghalagi pandangan ke arah kamar mandi.

Apa yang dilakukan Diara dan Retno, berhasil membuat rumah mungilnyamenjadi terkesan lega, tapi privasi tetaptetap terjaga.

Dok. Tab RUMAH

Denah

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 60

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya