Eksterior Merupakan Cerminkan Penghuni, Siasati Agar Tampil Menarik!

Rabu, 08 Juli 2020 | 14:00
FOTO: TNR

Tiga tiang ini berfungsi untuk menyangga selasar yang dibuat sebagai “penanda” sekaligus penghubung pintu pagar dengan pintu masuk. Tiang hanya dibuat di satu sisi, agar tidak timbul kesan lorong panjang.

IDEAonline –Eksterior rumah katanyamencerminkan penghuni. Bagaimanamenyiasatinya agar tetapmenarik tapi minim perawatan?

Punya tampilan depan rumahyang enak dipandang pastinya adalahkeinginan setiap pemilik rumah. Tapi kalauperawatannya susah, rasanya malas juga, ya.

Untuk itulah Machyar, si pemilik rumah, membuat eksterior rumah yang tampak “beda” namun tidak menyusahkannya.

Foto: TNR

eksterior rumah yang tampak “beda” namun

Bentuk Geometris

Dari luar, bentuk rumah ini terlihatgeometris. Bentuk dasarnya memangsudah kotak, ditambah dengan adanya unsur garis vertikal yang dibentuk olehtiang dan kusen yang memanjang ke atas.

Untuk warna, dipilih kuning kunyitdan kuning muda—yang masihturunannya.

Alasan pemilihan warna inisederhana saja. “Warna kuning kankesannya cerah,” tutur Machyar. Warnakuning kunyit memang terlihat ngejreng, karenanya tidak dipakai di seluruhpermukaan.

Sebagai padanannya, digunakan warna turunannya sehinggatidak saling “tabrak”.

FOTO: TNR

Tiga tiang ini berfungsi untuk menyangga selasar yang dibuat sebagai “penanda” sekaligus penghubung pintu pagar dengan pintu masuk. Tiang hanya dibuat di satu sisi, agar tidak timbul kesan lorong panjang.

Kusen yang Tak Standar

Yang paling unik dari tampilan rumahini adalah penggunaan kusen yang tidakstandar. Kusen aluminium dipadukandengan daun jendela dari kayu kamper. Machyar menggunakan kusenaluminium bukan tanpa alasan.

Dari segi penampilan, kusen initidak “biasa” seperti kusenkayu. Alasan lainnya adalahharganya yang lebih murahdibanding kusen kayu danperawatannya yang minim.

“Jika menggunakan kusenkayu, kusen harus dipasangsebelum dinding selesai.Kemudian harus dibobok lagidan ditutup. Pengerjaannyalama dan tak praktis.

FOTO: TNR

Di pintu masuk pun, kusen dibuat dari aluminium. Daun pintunya dibuat dari kayu kamper yang telah di-oven sehingga lebih tahan lama.

Kalaukusen aluminium, tinggaldisisakan lubang sebesar ukurankusen, setelah tembok jadikusen tinggal dipasang,” jelasBapak Machyar.

Ukuran jendela pun berbedadengan jendela kebanyakan. Yang beda adalah ukuran daunjendela-nya, ataupun tinggijendela dari lantai.

Kalaubiasanya orang membuatjendela setinggi 50 cm darilantai, jendela di sini diletakkan 80 cm dari lantai.

FOTO: TNR

Carport dan taman pun dibuat agar minim perawatan.

Agar HematMaterial

Penggunaan bahan yang samaternyata bisa menghematpengeluaran, sekaligus meminimalisirperawatannya.

Contohnya, bahanpagar yang dibuat dari batusendalarang yang dipotong persegi ukuran 10 cm x 10 cm, disamakandengan bahan untuk tiang selasar danbahan untuk tembok di bagian kirirumah. Bahan lantai pun, mulai dariselasar hingga teras disamakan.

Batu Salagedang

Batu Salagedang cocok untuk eksterior rumah karena lumayan tahan terhadap perubahan cuaca. Batu ini memiliki dua sisi yang berbeda permukaannya.

Foto: TNR

Batu salagedong

Sisi yang satu tidak rata dan kasar, sedangkan sisi yang satu lagi memiliki permukaan yang rata. Kebayakan orang memilih untuk menampilkan sisi yang tidak rata karena terlihat lebih alami.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 60

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti