Menilik Perbedaan Walk In Closet dengan Lemari Lainnya dan Tips sebelum Membangunnya!

Senin, 13 Juli 2020 | 16:00
architectural digest

Menilik Perbedaan Walk In Closet dengan Lemari Lainnya dan Cara Membangunnya!

IDEAonline –IDEA lovers apa ada yang berniat membangun walkin closet di kamar tidur? Sebenarnya apa saja yang diperlukan? Yuk simak di sini.

Perbedaan

Tim IDEA akan coba menjelaskansedikit mengenai bermacam-macamtempat penyimpanan pakaian. Tempatpakaian yang biasa kita miliki di ruangtidur adalah lemari pakaian.

Dalam bahasainternasionalnya mungkin dikenal dengansebutan cupboard atau armoire. Definisiini kemudian bergerak lebih luas; yangbentuknya lebih besar lagi—biasanyasampai ke plafon—sering disebut wallcabinet atau wardrobe.

Baca Juga: Ditemani Suasana Asri nan Mewah, Begini Penampakan Rumah Mama Rafathar di Australia yang Tak Pernah Diketahui Media, Dibongkar Langsung oleh Sang Asisten

Baca Juga: Begini Penampakan Rumah Mewah SBY Konon Harganya Tembus Rp 300 Miliar, Mewah dan Bergaya Minimalis!

HGTV
HGTV

Menilik Perbedaan Walk In Closet dengan Lemari Lainnya dan Tips sebelum Membangunnya!

Baik cupboard ataupun wardrobe, sering juga disebut closet, artinyatempat penyimpanan tertutup.

Jenistempat penyimpan ini biasanya hanyamemanfaatkan satu sisi dinding atauceruk dinding. Atau bisa juga berbentuklemari, baik yang menempel pada dindingatau berdiri sendiri dan bisa dipindahpindahkan.

Closet bisa saja dibuatberbentuk “L” mengikuti sudut kamar, namun biasanya tetap menggunakan satusisi dinding.

Walk-in closet, sedikit berbedadengan closet, karena merupakan saturuangan tersendiri yang dimanfaatkanuntuk menyimpan pakaian, atau peralatanlainnya.

Baca Juga: Ucapan Belasungkawa Padati Rumah Duka Ayahanda Ivan Gunawan, Bunga Papan Presiden Jokowi Salah Satunya!

Baca Juga: Sebelumnya Alami Batuk dan Demam, Amitabh Bachan dan Sang Anak Dinyatakan Positif Covid-19, Rumah Mewahnya Kini Disegel BMC!

Sisi dinding yang digunakandalam walk-in closet bisa terdiri dari dua sisi, tiga sisi, atau bahkan empat sisi, dengan atau tanpa meja rias, atau mejauntuk mencocokkan setelan pakaian yangakan digunakan.

Syarat atau faktor pertama yang perludipertimbangkan saat akan membuatwalk-in closet adalah jenis dan jumlahbarang yang akan diwadahi di dalamnya.

Secara sederhana, barang yang biasanyaada dalam closet adalah sebagai berikut.

  1. Pakaian lipat, pakaian gantung ½panjang (kemeja dan pakaian atas/bawah), dan pakaian gantung panjang (long dress dan pakaian lain yangmenerus).
  2. Aksesori dalam kotak (misalnyaperhiasan, kaos kaki, pakaian dalam, dan sapu tangan), dan aksesorigantung (seperti dasi, kerudung, selendang, slayer, dan gesper).
Baca Juga: Ketahui Ukuran Kolam Renang yang Pas di Lahan Mungilmu, Jangan Lupa Desain dan Sistem Pengairan, Ini Tipsnya!

Baca Juga: Berencana Gunakan Tabungan Rafathar untuk Beli Rumah Lagi, Raffi Ahmad Kena Semprot Asistennya, Apa Kabar Nagita Tahu?

  1. Perlengkapan bepergian, koper besar, kecil, dan koleksi tas tangan.
  2. Perlengkapan tidur (yaitu bed cover, selimut, seprai, bantal dan gulingcadangan, bantal kursi/sofa) danperlengkapan mandi (handuk, bajumandi).
  3. Kotak berisi koleksi sepatu dan sandal, dan kebutuhan khusus lainnya. Setelah menentukan jenis barangyang akan disimpan, baru tentukanapakah kita akan membuat closetdengan memanfaatkan satu sisi dinding, menggunakan lemari atau wall cabinet, atau menggunakan satu ruang tertentu (walk-in closet) yang bisa saja terpisah dariruang tidur. Khusus walk-in closet ada beberapapertimbangan lain.
Tips Penting

• APAKAH mau dibuat tertutup dalambentuk lemari dan laci tertutup, ataudibiarkan terbuka dalam bentukrak-rak simpan dan gantung yangterbuka.

Keduanya dapat dipilihsesuai kebutuhan. Jenis terbuka jugabisa aman dari debu selama ruangantersebut tertutup dengan baik dan tidak terlalu sering dibuka.

• BILA dinding cenderung lembab, maka disarankan pada bagianbelakangnya dibuat penyekat darikayu atau plastik, agar ada jarakudara antara dinding dengan lemaripakaian, untuk mencegah danmengurangi kerusakan pada pakaian.

• BUKAAN kaca atau jendela juga baikdigunakan untuk memberi hawa ataumengangin-aginkan pakaian agartidak lembab. Namun perhatikanfaktor debu dan cahaya mataharilangsung yang bisa merusak pakaian.

Mengenai ukuran sebetulnyafleksibel, tapi bisa menggunakanukuran standar yang biasa digunakanorang. saya sudahbuatkan sketsa walk-in closet dilihatdari ruang tidur, serta gambaransederhana walk-in closet-nya.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 66

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya