9 Perkakas atau Peralatan Rumah Tangga ini Wajib Anda Miliki

Sabtu, 20 Juni 2020 | 10:00

IDEAonline - Tidak semua orang menganggap pentingnya untuk memiliki perkakas atau peralatan rumah tangga ini. Padahal dengan memilikinya kita dapat berhemat dan lebih mudah melakukan banyak hal secara mandiri. Ada hal-hal yang bisa kita lakukan tanpa harus mengandalkan jasa tukang, seperti memasang hiasan di dinding, maupun sekadar mengganti paku yang lepas.

Ada banyak jenis perkakas rumah tangga, namun tidak semuanya harus Anda miliki. Dilansir dari Mitra10.com, berikut ini sembilan perkakas atau peralatan rumah tangga yang wajib Anda miliki.

1. PaluPalu atau biasa juga disebut martil, sering kali diperlukan ketika Anda baru saja pindahkerumah baru. Selain fungsi utamanya untuk memasang paku pada dinding, palu juga bisa digunakan untuk mencungkil paku yang sudah tertanam di tembok. Terdapat banyak pilihan palu dengan berbagai jenis fungsinya. Beberapa di antaranya palu dengan gagang karet atau kayu.

2. ObengObeng terdiri dari berbagai jenis. Namun yang biasanya kita temui yaitu obeng kembang (+) dan pipih (-). Ukurannya pun bermacam-macam. Alat ini sangat diperlukan ketika akan membukaatau memperbaikihandel pintu sampai dengan peralatanalat-alat elektronikyang rusak, sertafurniture rumah tangga.

3. TangFungsi tang pada umumnya adalah sebagai alat pemotong benda dengan material lebih keras seperti memotong kawat atau kabel listrik. Tang juga biasa digunakan untuk mencabut paku. Terdapat berbagai jenis tang yang mempunyai fungsinya berbeda-beda diantaranya adalah tang buaya, tang kombinasi, dan tang potong.

Baca Juga: Delapan Masalah pada Perlalatan Rumah Tangga Ini Bisa Diatasi dengan Garam

4. Kunci InggrisKunci inggris berfungsi untuk mengencangkan atau melonggarkan mur.Perkakas rumah tangga ini sangat multifungsi, dengan satu alat saja,pekerjaan mengencangkan atau membuka mur dapat dilakukanmeskipun ukuran mur berbeda-beda.Cukup sesuaikan ukuran kunci pada mur saat digunakan.

5. BorBerbeda dengan palu, mesin bor dioperasikan menggunakan listrik untuk pekerjaan mengebor tembok atau kayu denganlebih cepat, bahkan ada bor yang bisa digunakan untuk material baja. Mesinbor terdiri dari 2 jenis yaitu tipe corded (berkabel) dan tersedia juga tipe cordless (tanpa kabel) yang masing-masing tipe memilki keunggulan sendiri.

6. GergajiUntuk memotong kayu, besi atau bahan lainnya seperti PVC, PVSdanakrilik,biasanyakita memerlukan gergaji.Saat ini banyak tersedia gergaji bertenaga listrik agarpekerjaan memotong kayu lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Agar Tak Salah Gunakan, Simak Perbedaan 6 Jenis Gergaji Wajib Tahu

7. MeteranMeskipun meteran mempunyai berbagai ukuran dengan panjang mulai dari 3 meter, 5 meter, 10 meter hingga100 meter, namun umumnya kita seringkali hanya membutuhkan ukuran dengan panjang 5 meter saja untuk penggunaan di rumah.

8. Tool BoxUntuk menyimpan semua perkakas rumah tangga di atas,Anda memerlukan Tool box serbaguna. Pilih material box yang kuat dan berwarna transparan untuk memudahkan Anda mencari alat-alat tanpa harus membuka box terlebih dulu.

9. TanggaPilih tangga yang pas untuk kebutuhan dirumahdari segi ukuran serta keringkasan dalam penyimpanannya.Tangga aluminium lipat dengan 6 anak tangga cukup untuk menjangkau area tinggi, mengganti lampu, mengecat plafon, sertamembersihkan langit-langit rumah. Karena bisa dilipat, tangga ini tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar.

Baca Juga: Tak Perlu Banyak Penyimpanan, Tangga Juga Bisa Dijadikan Rak Multifungsi!

IDEA Lovers, sesuaikan keberadaan perkakas rumah dengan kebutuhan, aktivitas, dan rencana-rencana Anda. Jangan ragu untuk menggunakan atau berinvestasi terhadap produk yang menurut Anda terbaik dan sesuai budget. Pilih perkakas dengan material yang baik, multifungsi, dan awet. Karena di masa depan bisa saja Anda menemukan kebutuhan akan perkakas ini. Dan sekejap Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus membuang tenaga dan waktu untuk mencari perkakas penggantinya.

#BerbagiIDEA #BerbagiCerita #BisaDariRumah #GridNetwork

Editor : Akhmad Juanda

Baca Lainnya