Enggak Bikin Bosan, Begini Tampilan Sanseviera Versi Mini Untuk Hunian Berlahan Sempit

Senin, 20 Juli 2020 | 09:00
Inspired Room

Sansevieria si lidah mertua menyimpan air dalam daunnya.

IDEAonline –Mewujudkantaman yang indahmungkin adalahimpian setiaporang. Namunbagaimana bilalahan yang tersisauntuk tamandi rumah Andaterbatas?

Banyak langkah yang dapat dilakukan untuk menghadirkan hijaunya taman di lahan terbatas.

Ini bisa dilakukan dengan menanamtanaman di dalam pot atau dapat juga dengan menaman beragam tanamandi dalam satu wadah atau yang juga dikenal dengan sebutan grouping plant.

Baca Juga: Dulu Kisah Hidupnya Tak Seindah Sekarang Bahkan Sempat Ngojek Payung, Kini Ahmad Sahroni Tak Kalah Kaya dari Raffi Ahmad, Miliki Hunian Modern Lengkap dengan Taman di Atap Rumah

Keunggulan taman dalam wadah seperti ini adalah mudah dipindah-pindahkan.

Tab RUMAH

Taman Sanseviera Mini Untuk Lahan Terbatas

Bila bosan meletakkannya di teras, Anda bisa memindahkannya ke dalamrumah.

Menurut Ir. Sentot Pramono (konsultan lansekap Deesent Gallery&ArtBonsai), untuk membuat taman dalam wadah, sebaiknya pilihlah tanaman yangmudah dipelihara, misalnya tanaman keluarga sukulen.

Sanseviera atau yanglebih dikenal dengan nama lidah mertua adalah salah satu keluarga sukulenyang cukup cantik untuk menghiasi taman mungil Anda.

Taman ini bisa Andaberi nama taman sanseviera mini.

Pilih yang Kerdil

Setidaknya ada lebih dari 60 spesies sanseviera. Karena lahan dalam wadah terbilang sempit, maka pilihlah sanseviera dengan ukuran kecil atau kerdil.

Secara umum, ada jenis sanseviera yang daunnya tumbuh memanjang ke atasdan ada juga yang daunnya pendek dan membulat.

Baca Juga: Sekali Tangani Kasus Bisa Kantongi Rp 15 Miliar, Banyak yang Belum Tahu Ibu Ex Bams Samson Dinikahi oleh Pengacara Kaya Indonesia, Rumahnya Saja Mewah Bak Istana!

Tab RUMAH

Taman Sanseviera Mini Untuk Lahan Terbatas

Ada 3 varian sanseviera yang daunnya pendek, yaitu Sansevieria trifasciata “Golden Hahnii”, sansevieria trifasciata “Silver Hahnii”, dan Sansevieriatrifasciata hahnii. Ketiga jenis ini bisa diaplikasikan di dalam taman mini.

Menurut kaidah pembuatan taman mini, komposisi tanaman yang adaharus seimbang. Artinya, tinggi rendah dan warna tanaman harus diperhatikan.

Untuk taman sanseviera mini ini, Anda bisa menggunakan jenis Sansevieriatrifasciata yang daunnya memanjang ke atas seperti sansevieria “BantelsSensation” atau Sansevieria trifasciata Laurentii.

Mendapatkan Kesan AlamiMenata taman mini hampir mirip dengan mengatur taman pada umumnya.

Baca Juga: Ceritakan Mimpi Konyol Dikeroyok Banyak Pria di Ranjang, Nikita Mirzani Akui Langsung Buru-buru ke Toilet, ‘Dipakai Ramai-ramai?’

Selain mengatur tanamannya, kita juga perlu mengatur penggunaan pasir danbatu sebagai elemen pemanis, agar taman tampak lebih cantik.

Tab RUMAH

Taman Sanseviera Mini Untuk Lahan Terbatas

Pasir yang digunakan pada taman sansiviera mini seperti tampak padagambar adalah jenis pasir malang dan pasir flores. Elemen ini berfungsi untukmemberikan kesan alami walaupun taman diletakkan di dalam wadah.

Selain penggunaan elemen pasir dan batu, wadah untuk taman dibentukseperti batu alam yang terbuat dari campuran semen dan pasir.

Meskipun harga tanamansanseviera per polybag-nya murah, bila sudahditata dalam bentuk taman jadi seperti iniakan menjadi mahal. Ini karena taman dibuatdengan memperhatikan segi estetika taman.

Nah, bila Anda ingin menyalurkanhobi bertanam tapi lahan sempit, Anda bisa mencoba membuat tamansanseviera mini.

Tab RUMAH

Taman Sanseviera Mini Untuk Lahan Terbatas

Perawatan danPeletakanPerawatan tanamansansiviera tidak terlalu susah. Penyiraman tidak perludilakukan setiap hari, dancukup daunnya saja yangdisemprot dengan air.

Baca Juga: Sekali Tangani Kasus Bisa Kantongi Rp 15 Miliar, Banyak yang Belum Tahu Ibu Ex Bams Samson Dinikahi oleh Pengacara Kaya Indonesia, Rumahnya Saja Mewah Bak Istana!

Janganterlalu banyak menyiramdengan air karena jenistanaman ini tidak terlalumenyukai air. Terlalu banyak airjustru akan menyebabkan daunlekas membusuk.

Untuk peletakannya, taman ini bisa ditaruh didalam ruangan maupun di luarruangan. Namun ada baiknyataman ini jangan terkena sinarmatahari terus menerus. Bilaterkena matahari langsung, lama kelamaan daun sansevieraakan berubah.

Daun yangberwarna hijau akan berubahmenjadi lebih gelap. Sedangkandaun yang berwarna kuningakan berubah menjadi sedikitkuning pucat.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 68

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya