Apa Peletakan Cermin di Balik Pintu Itu Benar? atau Malah Hadirkan Energi Buruk?

Rabu, 22 Juli 2020 | 11:00
dok. instagram/srirustiani

ilustrasi peletakan cermin

IDEAonline -Memasang cermin diruangan setelah pintumasuk, banyak dilakukanpada rumah yangmemiliki foyer.

MenurutFeng Shui, posisi ini bisaberarti baik, bisa jugatidakAda filosofi China kuno yangmengatakan bahwa sebaiknya kita belajarpada sifat cermin: ia akan “menampung” semua obyek yang ada di depannya tanpabeban dan rasa kesal.

Dan ketika sangobyek berlalu ia tetap sebagai cerminyang hening dan tidak pernah merasakehilangan sesuatu.

Cermin memberi banyak inspirasidalam berbagai budaya dan kehidupanmanusia di berbagai belahan bumi. Cermin juga bercerita banyak tentang baik buruknya karakter seseorang.

Baca Juga: Cara Bersihkan Nat dan Keramik dengan Gunakan Baking Soda dan Cuka, Mudah!

Bahkancermin dianggap memiliki kekuatan mistisyang dapat memantulkan kekuatan atausifat yang tidak baik.

Dalam penjabaran Feng Shui, cerminmemiliki daya pantul yang dimanfaatkanuntuk menolak energi buruk/sha qi.

Misalnya, pada pintu dua rumah yangsaling berhadapan dan letak rumah diposisi “tusuk sate”, dipasang cermin yangbentuknya cembung atau cekung di depanpintu rumah.

Tetapi perlu diketahui, cermin tidaksecara otomatis dapat digunakan untukmembetulkan tata ruang Feng Shui yangsalah menjadi benar, sebab Feng Shuitidak sesederhana itu.

Baca Juga: Menilik 6 Sudut Rumah Sarang Bakteri Berbahaya, Paling Sering Tersentuh tapi Jarang Dibersihkan!

Untuk itu, adaaturan main dalam peletakan cerminagar tidak merugikan pemilik atau rumahtetangga yang diberi pantulan cermin.

dok. instagram/ind285
cermin bulat | dok. instagram/ind285

ilustrasi peletakan cermin

Rumah yang memiliki foyer sebagairuang penghubung dari pintu masuk keruang tamu, sering dihiasi satu cerminbesar yang letaknya langsung memantulke arah pintu.

Komposisi ini bayakditemukan pada rumah dengan modelsemi klasik.

Sepintas memang indah, tetapi kalau mau dirasakan denganbenar, ada sesuatu yang kurang enak bagiorang yang akan masuk ke dalam rumah.

Contohnya berikut ini.

  • Orang sering terperanjat ketika bertatapan dengan bayangan dirinyayang memantul dari cermin, khususnyapada saat malam hari.
  • Pada siang hari, mata orang yangmasuk rumah sering merasa silaukarena cermin memantulkan cahayaterang dari luar, sedangkan dalamrumah biasanya lebih teduh. Dalam Feng Shui, komposisi inidiperbolehkan, namun bisa jugatidak. Artinya, komposisi ini bisa baiktetapi bisa juga berakibat buruk, tergantung analisa yang dihasilkan perhitungan.
Baca Juga: Tak Tahu Jika Freon AC Habis Bisa Bahayakan Kesehatan dan Boros Listrik, Simak Gejala Ini!

Yang dinilai buruk adalah kondisi dibawah ini.

  • Letak pintu dinilai sudah benardalam hitungan Feng Shui dan secaraoptimal dapat menarik hawa rezeki/qi, yang mengantarkan penghuniuntuk merasakan kesejahteraanhidup.
  • Karena itu, sebaiknya janganmemasang cermin sesudah pintu, sebab secara tidak langsung dapatmenimbulkan daya tolak terhadaphawa rezeki yang akan masuk kerumah.
  • Penyekat dari lemari yang memilikihiasan cermin juga dinilai kurangbaik apabila diletakkan pada posisisama seperti kasus di atas. Perludiketahui, cermin berbeda dengankaca bening.
  • Adanya penyekat darikaca bening atau buram di belakangpintu masuk, dalam Feng Shui tidakdipermasalahkan. Yang diperbolehkan adalah sebagaiberikut.
Memasang cermin pada foyer palingbaik dilakukan untuk apartemen, apabila di antara koridor panjangada dua pintu rumah yang salingberhadapan.

Pantulan cermindigunakan untuk “membuyarkan” energi buruk yang memiliki dampaktarik-menarik antara dua pintu.

Untuk rumah tinggal biasa, pemasangan cermin pada foyerdilakukan apabila letak pintuternyata di wilayah yang dinilai “buruk” dan tidak memungkinkandilakukan pemindahan pintu.

Baca Juga: Alami Penyakit Mengerikan, Orang Tua Ini Kaget Setelah Tau Sang Anak Habiskan Waktu di Kamar untuk Kelas Online, Nyatanya Malah Main Game

Ganti Saja dengan Vas

Apabila takut menghiasruangan sesudah pintu masukdengan cermin, sebenarnya kitadapat menggantinya denganberbagai vas bunga, atau dekorasiberupa patung atau lukisan yangberbicara tentang keramahan.

Ini akan dapat mengundang rasanyaman. Tetapi, model dekorasiyang berbentuk tungku perapian—seperti ruang tamu pada rumahmodel Eropa agar tetap hangatwaktu musim dingin—merupakanpantangan yang harus dihindari.

Ibaratnya, posisi ini identik denganmeletakkan dapur atau komporuntuk memasak di bagian ruangtamu.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 68

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya