Hanya Seluas 38 Meter, Apartemen Juga Bisa Disiasati Agar Tak Sumpek!

Selasa, 21 Juli 2020 | 09:50
Endhy

Ruang tidur yang merupakan pusat kegiatan di apartemen ini, didesain dengan gaya simpel, tapi tetap elegan.

IDEAonline -Asal bisamenyiasatinya, apartemen sekecilapapun bisa terasanyaman.

Apartemen biasanya identicdengan kemewahan. Namun sudah banyak dibangun apartemen yangditujukan untuk kalangan menengahdengan harga yang lebih ekonomis.

Apartemen ini tetap dipoles secantikapartemen mahal, hanya saja fasilitasnyatidak sebagus apartemen mewah.

Ukurannya lebih kecil, dan ruang-ruangyang disediakan pun terbatas.

Baca Juga: Menilik Bahan untuk Membangun Tangga Bentuk Meliuk, Mudah dan Murah!

Namun karena ia merasatatanan ruang yang ada kurang sesuaidengan karakter dan kebiasaannya, maka diputuskannyalah untukmerombak total apartemen mungil yang berukuran 38 m2 ini, dengan dibantuoleh Hendra K.P., sebagai interiordesainernya.

Ruang Tidur SebagaiPusat Kegiatan

Pemilik apartemen ini bekerja disalon miliknya dari pukul 9.00 sampaipukul 21.00. Dengan demikian ia hanyamenempati tempat tinggalnya inidari pukul 22.00 sampai pagi sebelumberangkat kerja.

Ini berarti kegiatannyadi rumah sebagian besar adalah untukberistirahat. Karena itu ia senangmelakukan berbagai kegiatan di ruangtidurnya, seperti membaca, menontonTV, dan bersantai sambil mendengarkanmusik.

Melihat keadaan ini, apartemenyang semula memiliki 2 ruang tidur inidirombak oleh sang desainer menjadi1 ruang tidur saja.

Baca Juga: Menilik Bahan untuk Membangun Tangga Bentuk Meliuk, Mudah dan Murah!

Ini karena si pemilikingin kamar yang besar dan nyaman, dengan perabot yang simpel tapi dapatmenampung barang-barang miliknya.

Ruang tidur ini didesain dengangaya simpel, sehingga terlihat bersih danrapi. Lantai kamar menggunakan parketsupaya terkesan lebih hangat dan mewah.

Endhy

Ruang tidur yang merupakan pusat kegiatan di apartemen ini, didesain dengan gaya simpel, tapi tetap elegan.

Kehangatan dan kemewahan ini jugadidukung oleh lampu-lampu berwarnakuning yang diletakkan di langit-langit, dinding, dan lantai.

Perabot yang digunakan didesain dengan gaya simpel. Lemarisekaligus menjadi rak TV, sehingga dapatmeminimalkan jumlah perabot yang adadi dalam kamar.

Endhy

Lemari pada ruang tidur dibuat sekaligus menjadi rak TV untuk meminimalkan perabot yang diletakkan di dalam kamar.

Di atas tempat tidurdipasang rak untuk meletakkan foto dan pernak-pernik lainnya. Dinding padasisi kepala tempat tidur ditutup denganpapan kayu yang di-finishing sebagaipoint of interest.

Ruang Multifungsi

Karena sebagian besar ruangansudah dialihfungsikan menjadi ruangtidur, maka sisa ruang yang ada harus bisamenampung seluruh sisa kegiatan, sepertimakan, memasak, dan menerima tamu.

Baca Juga: Yuk Membuat Gudang di Luar Rumah, Ini Area yang Bisa Dimanfaatkan

Ruang di depan kamar yang langsungberhadapan dengan pintu masukdijadikan sebuah ruang multifungsi. Ruang ini berfungsi juga sebagai foyer atau ruang peralihan dari luar ke dalam.

Endhy

Pembatas antara dapur dengan ruang multifungsi adalah sebuah partisi semi transparan, agar ruangan tidak terlihat sempit.

Plafon di atas foyer ini dibuat lebihrendah dengan cat yang berbeda, agarkesan penyambutannya lebih terasa.

Baca Juga: Anak DYI Merapat, Yuk Hadirkan Bangku Taman di Rumah dengan Gunakan Bata dan Kayu!

Selebihnya ruangan ini dijadikan sebagairuang makan kecil dan tempat menerimatamu. Untuk pembatas antara ruanganmultifungsi ini dengan dapur digunakansebuah partisi semi transparan, sehinggaruangan tidak terlihat sempit.

Endhy

Lemari pada ruang multifungsi digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak selalu dipakai, agar ruangan selalu tampak bersih dan rapi.

Lemari penyimpanan diletakkan disebelah pintu masuk. Lemari ini berfungsiuntuk menyimpan barang-barang yangtidak terpakai, agar ruangan dapat terusterlihat bersih.

Pengaturan Ruang danPengaruh Fengshui

Baca Juga: Biar Makin Luas, Cobain 3 Inspirasi Nakas Melayang di Kamar Tidur!

Disebabkan oleh kepercayaan padailmu Fengshui yang cukup dalam, makapenataan ruang dan perabot di sini sedikitbanyak disesuaikan dengan penataan alaFeng Shui.

Contohnya pada cermin yang terletakdi lorong masuk ke ruang tidur.

Cermin ini berhadapan dengan tempat tidur,sehingga orang yang sedang tidur disitu akan terlihat dari cermin tersebut.

Endhy

Cermin di lorong menuju ruang tidur ditutupi oleh penutup yang dapat dibuka-tutup. Penutup ini juga dapat berfungsi sebagai partisi.

Menurut ilmu Feng Shui hal ini tidakbaik. Karena itu hal ini disiasati denganmembuat tutup cermin yang jugaberfungsi sebagai partisi/penutup padasaat dibuka.

Selain itu, pada penataan dapur dankamar mandi yang bersebelahan, bendabendayang mengandung api dan air tidakboleh diletakan berselang-seling.

Karena itu sink dan kamar mandi diletakkanbersebelahan, sedangkan kompordiletakkan pada ujung lain kitchen set.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 68

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya