Minat Ciptakan Rumah Sehat untuk Penderita Asma? Yuk Selektiflah!

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 17:00

ilustrasi

IDEAonline –Bagaimana menciptakan rumah sehat untuk mencegah penyakit asma kambuh?

Akhir-akhir ini, Ibu Idamengeluh asmanya sering kambuh dimalam hari. Setelah pergi ke dokter THTlangganannya, si dokter malah menyuruhsi ibu mencermati lagi isi rumahnya. Lho, kok?

Rumah memang berpotensimenyimpan alergan (penyebab alergi) yang bisa menimbulkan serangan asma.

Baca Juga: Selain Kandang Ayam dan Ikan, Rumah 2 Hektar Milik Pelawak Kawakan Ini Diisi dengan Makam Keluarga, Kira-kira Seram Enggak Yah?

Dalam bukunya Asma dan BagaimanaPengobatannya?, Heru Sundaru dari FKUImengemukakan bahwa alergan yangpaling menonjol adalah debu rumah danspora jamur.

Nah, untuk mencegah asmamenyerang Anda saat berada di rumah, adalagkah-langkahyang bisa Anda lakukan.

1. Perhatikan sirkulasi ruangan, terutamadi ruang tidur, kamar mandi, dandapur. Sirkulasi yang tidak baik bisamenimbulkan kelembaban yangsangat disenangi jamur.

Jika tidakmemungkinkan membuat ventilasi, minimal kita harus menggunakanexhaust fan untuk menyedot udara diruangan.

Bila rumah Anda masih dalam tahappembangunan alias belum kelar dikerjakan, usahakan agar membuatventilasi tersendiri untuk garasisehingga asap knalpot tidak masuk kedalam rumah.

2. Minimalkan pernak-pernik di rumah.

Baca Juga: Buat Hunian Terlihat Lebih Lega, Intip 4 Alternatif Pengganti Pintu

Lukisan dan pajangan di rumah, apalagi yang dipenuhi ukiran dan detail, mudah dihinggapi debu.

Membersihkannya sangat sulit danbutuh ketelitian. Lebih baik memilihpajangan yang berukuran besar danmodelnya simpel. Tapi kalau Andamemang menyukai pernik-pernik yangberukir, sebaiknya dipajang di dalamlemari kaca yang dilengkapi pintu.

3. Selektiflah dalam memilih barang.

Saat membeli sofa, sebaiknyapilih yang tidak terlalu banyakmenggunakanupholstery dari kain. Bahan kulit bisa menjadi pilihanuntuk meminimalkan debu dan jugamemudahkan perawatan.

Baca Juga: Miliki Kamar Anak yang Mungil? Intip 5 Desain Kasur Brilian Ini!

Andatinggal membersihkannya denganmenggunakan lap kering atau basah. Bisa juga Anda pilih sofa denganslipcover yang mudah untuk dilepassehingga dapat dicuci setiap 2 – 3minggu sekali.

Untuk tirai/gorden, jika Andamenyukai material kain dan vitrase, sebaiknya gunakan warna-warnaterang. Tujuannya agar cepat terlihatapabila sudah waktunya dicuci.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 69

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya