Hunian Bukan Sekedar Tempat Tinggal, Ternyata Maknanya 'Dalam Banget'

Jumat, 28 Agustus 2020 | 09:00
Desainer Dsn Intervention

Ilustrasi-Apartemen tanpa sekat, gunakan karpet sebagai penanda beda ruang.

IDEAonline –Bagaimanapun, rumahadalah sesuatu yang teramat penting. Untuk membuktikan apakah sesuatuitu penting atau tidak, caranya mudah.

Cobalah “menghilang” dari sesuatuitu.

Dalam hal ini, buktikan denganbepergian sementara waktu.

Bila kitamerasa ada kerinduan untuk pulang kerumah, dengan demikian rumah telahmenjadi sesuatu yang penting.

Pernahkah kita dengan lebihseksama memikirkan bagaimanarumah “bekerja” untuk kita? Rumahmenyediakan ruang untuk berinteraksidan beraktivitas, seperti tidur, makan, mandi.

Oleh sebab itu terbentuklahruang tidur, ruang makan, kamarmandi. Kebutuhan manusia dapat terpenuhi berkat ruang yang berfungsidengan baik.

Baca Juga: Tinggal di Hunian Bak Istana dengan Dapur Mewah, Intip Isi Rumah Mantan Bidadari Sinetron yang Dinikahi Pengusaha Berondong

Baca Juga: Jatuh Cinta dengan Anak Petinggi Pertamina, Rumah Mewah Mantan Penyanyi Cilik Ini Jadi Sorotan Warganet, Selalu Dicap Sebagai Pasangan ‘Goals’

Karena merupakan faktormendasar yang penting, maka tak adasalahnya bila sekarang kita pertimbangkankembali hal-hal yang berkaitan denganfungsi.

Fungsi adalah dasar pijakanseorang arsitek ketika membuat rumah. Pertimbangan pertama kali yang harusarsitek lakukan adalah bagaimanamendesain rumah yang fungsional.

Dok. A. Djuhara

Rumah rancangan arsitek

Bayangkan bagaimana ruginya bila kitamembayar jasa seorang arsitek yangmerancang rumah indah dan cantik tapitidak berfungsi optimal, dengan kata laintidak bisa dipakai. Gejala ini menyiratkan kegagalan seorang arsitek.

Tentu tidak semua rumah didesainoleh arsitek; memang tidak harus.

Meskipun IDEA lovers mendesain sendiri, IDEA lovers akan merasakan hal yang kuranglebih sama jika fungsi rumah kurangberjalan dengan baik.

Salah satu fungsi yang harusdiperhatikan pada rumah adalahsirkulasi. Dalam suatu ruang yang akandigunakan oleh manusia, kita akanberinteraksi dengan barang dan jugamungkin manusia lain.

Baca Juga: Picu Penyakit Jantung dan Diabetes, Pertimbangkan Kembali Jika Ingin Gunakan Sendok Plastik!

Baca Juga: Pakai Sumber Energi yang Sama, Apa Beda Kompor Listrik dan Induksi?

Maka perlu adajalur sirkulasi yang cukup dan ruangbagi barang itu sendiri.

Faktor lain dari ruang yang baikadalah kenyamanan. Fungsional dannyaman adalah dua keadaan yangberbeda. Sebuah ruang tidur bisasaja fungsional tapi tidak nyaman.

Atau sebaliknya, sebuah ruangmakan dirasakan sangat nyaman, tapitidak fungsional. Kita akan denganmudah bilang ruangnya tidak bisadipakai (karena tidak fungsional).

Inicuma menunjukkan bahwa faktorfungsi yang menjamin ruang-ruangdi rumah kita bekerja baik untukkita.

Nah, apakah IDEA lovers punyawaktu mengevaluasi kembali tingkatfungsionalitas dan kenyaman ruang-ruangdi rumah?

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 68

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya