3 Langkah Hilangkan Kuman di Dapur, Bisa Gunakan Jeruk Nipis

Senin, 17 Agustus 2020 | 10:00
reader digest

kuman di dapur

IDEAonline –Dapur yang bersih dan bebaskuman pasti membuat kitabetah memasak. Bagaimanacara yang tepat untukmembersihkannya?

Dapur pasti jadi tempat favorit yangsering digunakan. Yang tak biasa memasak pun biasanya akanmenyempatkan diri menyiapkan hidangan favorit keluarga.

Baca Juga: Kini Tinggal di Rumah Dilengkapi dengan Kebun Sayur, Terbongkar Masa Lalu Ustadz Kondang yang Sempat Bulak Balik Penjara Tersebut, Akibat Terlilit Hutang

Dapur pun bertambah tugasnyakarena biasanya kita menumpuk persediaan makanan.

Agar dapur higienis alias bebas bakteri, kita harus rajin-rajinmembersihkannya.Bagian mana saja yang paling penting untuk dibersihkan?

1. Jangan Lupakan Lantaidan Dinding Dapur

Lantai dan dinding dapur seringkaliterkena cipratan minyak atau tumpahanmakanan. Jika tidak dibersihkan secaratuntas bisa menyimpan kuman, dan tentusaja jadi tak sedap dipandang.

Supaya lantai benar-benar bersih, tak cukup hanya dengan menggunakankain pel. Mesti menggunakan sikat dengancampuran jeruk nipis dan sabun sebagaibahan pembersihnya.

2. Rapikan KembaliTempat PenyimpananMakanan

Yang tak kalah penting untuk Andalakukan adalah merapikan kembali tempatpenyimpanan makanan.

Jangan lupa untukmembersihkan debu yang ada di atas kitchenset.

Baca Juga: Kini Tinggal di Rumah Mewah 3 Lantai Bahkan Adakan Ulang Tahun Mewah Senilai Rp 2 Miliar, Terungkap Adik Presenter Kondang Ini Pernah Hidup Susah Tanpa Orang Tua

Untuk yang satu ini, gunakan lap basahyang diikatkan pada gagang sapu, sehinggadebu bisa menempel pada lap itu dan tidakberterbangan ke seluruh bagian dapur.

Jika bagian dalam kitchen setmenggunakan lapisan melaminto (lapisanseperti tripleks yang berwarna putih), bisadibersihkan dengan menggunakan pasta gigiberwarna putih.

3. Bersihkandengan bumbu dapur

Selain kulkas, yang diduga menyimpanbakteri cukup banyak adalah sink (bak cucipiring). Wajar saja, karena piring-piring kotorbiasanya ditumpuk begitu saja di tempat ini.

Untuk membersikan sink, kita bisamenggunakan larutan soda dan jeruk nipis. Siramkan pada sink dan diamkan beberapamenit. Setelah itu gosok dengan busa dan bilasdengan air.

Selain itu, pinggiran sink yang berbatasan dengan kitchen set jugaperlu dibersihkan. Gunakan sikat gigiuntuk membersihkannya.

Baca Juga: Menakutkan, Hati-hati Dapat Sebakan Penyakit Menular Saat Beternak Ayam di Belakang Rumah, Ini Kata Ahli

Periksa juga apakah saluransink lancar dan tidak bocor. Bocorbisa menyebabkan bagian bawah sinkmenjadi lembab dan akhirnya jadisarang kecoa dan kuman.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 70

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya