Cari Tahu Mengenai Septictank Biologis, Demi Jaga Lingkungan Sekitar

Jumat, 14 Agustus 2020 | 18:10
Reed's Plumbing & Excavating

Cari Tahu Mengenai Septictank Biologis, Demi Jaga Lingkungan Sekitar

IDEAonline –Septictank adalahtempat pengolahanlimbah manusiasebelum dibuang dandiresapkan ke dalamtanah.

Selain septictankkonvensional, septictank biologis bisadigunakan sebagaialternatif lain agarproses penguraianlimbah bisa cepat danhasil pengolahan amanuntuk dibuang kelingkungan sekitarnya.

Pada dasarnya limbah rumahtangga ada dua, yaitu limbah organicdan limbah anorganik. Limbah organicmerupakan limbah yang dapat diurai, seperti bekas makanan, kertas, dan limbahmanusia. Sedangkan limbah anorganikadalah limbah yang tidak dapat diuraikembali, seperti kaca dan plastik.

Dari semua limbah organik, limbah manusia merupakan salah satujenis limbah yang perlu diperhatikanpengolahannya.

Baca Juga: Kamar Mandimu Selalu Becek dan Terkesan Jorok? Cari Solusinya di Sini!

Limbah ini tidak bolehlangsung dibuang ke lingkungansekitarnya. Buangan limbah ini harusdiolah dan ditampung di tempat yangdinamai septictank.

Dahulu hingga sekarang, septictankdikenal sebagai tempat kotor. Bagaimanatidak, semua limbah yang dihasilkan olehpenghuni rumah tertampung di sini untukdiolah sebelum diresapkan ke dalamtanah.

Menurut Lockwood DietershagenAssociates (asosiasi perhimpunanengineering di New York), septictankmerupakan tangki penampungan yang didalamnya terdapat bakteri alami untuk mengolah kotoran yang tertampung didalamnya, agar aman untuk dibuang kelingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Simak Tips Hadirkan Rumah Ramah Lingkungan dengan Luas 500 Meter!

Banyaknya bakteri dan kumanyang ada di dalam limbah itu bisamembahayakan lingkungan sekitar, khususnya air tanah.

Ini berlaku bilalimbah langsung diresapkan ke dalamtanah tanpa ada pengolahan terlebihdulu. Pengolahan limbah berfungsi agarkandungan kimia berbahaya yang adadalam limbah dapat dikurangi.

Dalam perkembangannya, septictanksaat ini sudah banyak dikombinasikan baik bentuk, proses kerja, atau bahannyamelalui beragam penelitian.

Salah satupengembangan septictank yang ada saatini adalah septictank dengan teknologibiologis dan filterisasi. Septictank inidikenal juga dengan nama biological filterseptictank.

Saat ini ada dua macam septictankbiologis. Pertama, tabungnya terbuat daribahan fiberglass dan kedua, tabungnyaterbuat dari bahan beton. Kedua jenis inimemiliki fungsi yang sama, hanya berbedadalam hal material.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi70

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya