Minat Membangun Rumah di Lereng dengan Aman? Ini Pertimbangannya

Jumat, 14 Agustus 2020 | 19:00

llustrasi

IDEAonline –Seperti yang telah diketahui, lahanlereng merupakan suatu bentuk daripermukaan tanah yang kemiringannyamembentuk sudut dengan permukaanhorizontal.

Bentuk permukaan seperti inibiasa dijumpai di kaki perbukitan, datarantinggi, maupun lokasi-lokasi lain yangpermukaannya miring.

Menurut besar sudut kemiringanlahan lereng terhadap permukaanhorizontal, jenis lereng dapatdiklasifi kasikan menjadi 3.

Baca Juga: Kamar Mandimu Selalu Becek dan Terkesan Jorok? Cari Solusinya di Sini!

Pertama adalahlereng landai dengan sudut kemiringan 00- 150. Kedua adalah lereng sedang dengansudut kemiringan 150 - 350 derajat.

Danketiga adalah lereng curam dengan sudutkemiringan 350- 900 . Dari ketiga jenis itu, lereng landai dan lereng sedang adalahjenis yang cukup aman sebagai pilihanlokasi rumah.

Memilih Lokasi yangAman

Sebelum memilih lokasi, ada beberapahal yang perlu Anda ketahui. Pertama, pilihlah lokasi yang kondisi lahannya stabildengan kemiringan sudut tidak lebihdari 350. Tidak disarankan membangunrumah di lokasi yang kemiringannya lebihdari itu.

Properti KristuaDji LE GOPRAN OWO Foto Adeline K.

ilustrasi

Sebab diperlukan penanganankhusus yang memakan biaya cukup tinggiuntuk merekayasa kondisi lahan danmenyesuaikan struktur bangunan rumah.

Baca Juga: Meski Tak Terdampak Covid-19, Karyawan Honorer dan Kontrak Tetap Bisa Ambil KPR di BTN

Di samping itu, lihat kondisikemiringan lereng yang berada di sekitarlokasi lahan yang Anda pilih. Bila disekitarnya memiliki kemiringan lebihdari 350 maka sebaiknya pilih lokasi lain.

Meskipun lokasi Anda aman tetapi bilatanah di dekat Anda memiliki kemiringanlebih dari 350 maka dikhawatirkan jikaterjadi longsor, rumah Anda terkenaefeknya.

Pilihlah juga lokasi tanah yangsekitarnya masih banyak ditumbuhipohon. Ini karena pohon-pohon tersebutberfungsi sebagai perkuatan kestabilantanah.

Akar bisa mengurangi laju air yangmengalir di atasnya, meningkatkan kohesitanah, serta meningkatkan peresapan air.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 70

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya