Memberi Makna pada Rumah, Inilah Tips Memilih Elemen Estetis

Minggu, 16 Agustus 2020 | 13:30
Tab RUMAH

Ilustrasi dekorasi sebagai elemen estetis yang menguatkan karakter rumah.

IDEAOnline-Elemen estetis berperan memberi makna pada rumah.

Elemen estetis ini biasanya menjadi satu alat handal yang digunakan para desainer untuk mengangkat tema ruang, warna dan suasana ruang, dan yang tidak kalah penting elemen ini sangat kuat mengangkat kepribadian sang pemilik rumah.

Sesungguhnya kepribadian seseorang akan sangat terasa saat kita menengok elemen estetis, pernak-pernik, aksesori apa yang ditampilkan sang pemilik pada ruang interior rumahnya.

Definisi elemen estetis ini secara sederhana dapat diartikan sebagai, barang-barang pribadi pemilik rumah yang sengaja dipajang sebagai hiasan, atau juga dipajang, dan sekaligus berfungsi, yang membuat sang pemilik rumah menjadi lebih betah dan nyaman berada di rumahnya, atau istilahnya ’homey’.

Baca Juga: Dinding Bergaya dengan Kayu Dekoratif, Begini 4 Inspirasi Aplikasinya

Ilustrasi-Tanaman hias jadi elemen estetis yang menyegarkan balkon.

Kenyataannya, masalah ini menjadi rumit karena rumah biasanya tak hanya dihuni oleh satu orang, namun seluruh anggota keluarga yang memiliki kebutuhan dan karakter yang berbeda.

Ingin memberi sentuhan pribadi dengan karakter diri dan memberi makna pada ruang?

Inilah 3 tip yang diberikan desainer Prima Haris N.

Yang pertama, kesesuaian dengan pribadi.

Apa kebutuhan kamu, apa selera kamu, terapkan itu karena kamu yang akan melihatnya dan menikmatinya seumur lamu tinggal di rumah tersebut.

Bagi desainer pun hal ini merupakan tahap penting karena salah satu keberhasilan desainer adalah saat pemilik merasa sangat ’betah’ tinggal nyaman di rumah mereka.

Baca Juga: Tips Memilih Elemen Dekorasi untuk Kamar Anak dan Cara Aplikasinya

Foto Adeline Krisanti

Ilustrasi elemen estetis.

Yang kedua, kesatuan antara fungsi dan tema ruang.

Kamar mandi yang berfungsi sekaligus sebagai tempat relaksasi misalnya, bisa kita masukkan ke dalamnya ide untuk asesori spa, aroma terapi, lampu hias yang romantis, serta juga perangkat audio visual yang gkin lebih jauh lagi mampu membuat rasa tenang saat berendam di kamar mandi.

Yang ketiga, keselarasan pandangan, “pleasing the eyes’”.

Beragam pernik bisa saja digabungkan menjadi satu namun harus tetap indah untuk dilihat.

Untuk keselarasan desain ini unsur-unsur desain, seperti bentuk, rupa, tekstur, skala, prinsip-prinsip keindahan, seperti komposisi berperan membuat visual yang indah di mata.

Baca Juga: Ruang Simpel Tetap Butuh Dekorasi, Langkah Ini akan Membuatnya Cantik

#berbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti