Buat Jalusi di Rumah Itu Penting Banget, Tahukan Jalusi Itu Apa?

Senin, 24 Agustus 2020 | 13:00
Tab RUMAH

Ini adalah penempatan jalusi yang paling banyak digunakan. Diletakkan di bagian luar jendela ganda. Pada malam hari yang panas, kita bisa membuka jendela kaca dan menutup jendela jalusi. Dengan demikian kita bisa mendapat sedikit udara tapi tetap aman.

IDEAonline –Sirkulasi udara dalam sebuah rumah bisa terjadi melalui berbagai media. Jalusi adalah salah satu media yang memiliki fungsi khusus sekaligus tampilan menarik.

Sebuah rumah bisadikatakan sehat apabila memiliki ventilasiyang baik, ada pergerakan udara secarabebas dari dalam ke luar dan dari luar kedalam rumah.

Karena dengan terjadinyahal ini, berarti udara di dalam rumahselalu terus tergantikan dengan udarayang lebih baru.

Sebuah rumah juga bisa dikatakannyaman apabila saat berada di dalamnyakita tidak merasa terlalu panas ataupengap.

Baca Juga: Ini yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Pindah Rumah

Apalagi sampai terasa sulitbernapas karena minimnya kadar O2 didalam ruangan tersebut.

Untuk itulah kita membutuhkanmedia ventilasi, media yangmemungkinkan terjadinya pergerakanudara tersebut.

Ada cukup banyakmacam bentuk media ventilasi yang bisa kita gunakan. Pintu dan jendela punsebetulnya merupakan media yang bisamenjalankan tugas mulia ini. Tapi dan jendela tidak selamanya bisa kitafungsikan.

Tab RUMAH

Jalusi juga bisa diletakkan bersebelahan dengan jendela ruang tidur yang tidak mengarah ke luar ruang. Di sini jendela membuka ke ruang dalam juga, yaitu ruang makan.

Ada saat-saat tertentu mediaini harus ditutup, misalnya pada saathujan, pada malam hari, atau bahkansepanjang hari bila rumah kita terletak dilokasi yang kurang aman.

Baca Juga: Bak Lapangan Bola, Rumah Seluas 2200 Meter Milik Keluarga Ruben Onsu Mulai Terekspos Warganet, Pembantunya Bahkan Gunakan Handie Talkie

Karena itu adalah perlu untukmemiliki media ventilasi yang bisa “bekerja” setiap saat. Jalusi (jalousy) atau sering disebut krepyak, adalah salahsatu di antaranya.

Jalusi adalah strukturberupa kayu agak tipis yang disusun kebawah dengan sudut tertentu. Dengankemiringan bilah kayu ke arah luar, padasaat hujan air tidak akan menerobosmasuk melalui jalusi.

Karena selalu dalam keadaan “terbuka”, jalusi bisa mensirkulasikanudara dengan baik.

Tab RUMAH

Sekarang jalusi bisa juga terbuat dari aluminium. Jalusi ini diletakkan di sebelah jendela yang dideretkan pelindung, ditambahkan pula semacam “bingkai” dari beton yang berfungsi seperti kanopi, yaitu menghalangi matahari yang berlebihan

Tapi di samping itu, ia tidak membuat rumah dibanjiri sinarmatahari pada saat siang. Jalusi bisa menyaring sinar matahari sehingga hanya5% - 10% yang masuk ke dalam rumah.

Jadi selain bisa mendatangkan angin, sinarmatahari pun tertangani dengan baik.

Dulu, jalusi biasa diletakkan di bagianluar jendela pada jendela ganda (satudaun jendela membuka ke dalam, satudaun jendela lagi membuka ke luar).

Baca Juga: Jadi Tetangga Gubernur Anies Baswedan, Enggak Sangka Artis yang Sudah Menikah 3 Kali Ini Mampu Beli Rumah Senilai Rp 30 Miliar, Waduh Mahal Amat?

Sekarang penggunaan jalusi lebih variatif. Jalusi bisa diaplikasikan sebagai lapisanluar jendela kaca, bersebelahan denganjendela kaca, bersebelahan dengan pintuutama, di sebagian pintu kamar mandi, atau juga di media ventilasi yang adadi atas pintu/jendela.

Tab RUMAH

Ini adalah penempatan jalusi yang paling banyak digunakan. Diletakkan di bagian luar jendela ganda. Pada malam hari yang panas, kita bisa membuka jendela kaca dan menutup jendela jalusi. Dengan demikian kita bisa mendapat sedikit udara tapi tetap aman.

Tampilannya yangcukup aksi, membuat media ini dipakaisepanjang zaman-mulai dari bangunanBelanda, sampai bangunan modern.

Baca Juga: Ini yang Harus Kamu Lakukan Saat Membeli Furnitur Antik

Tapi perlu dicatat, jalusi mungkinkurang cocok diletakkan pada fasad bilarumah Anda terletak di pinggir jalanbesar, karena jalusi membuka peluangbagi debu untuk juga masuk ke dalamrumah.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetworkArtikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 71

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya