Jangan Terbuai Ekspektasi, Karakter Seseorang Bisa Dilihat dari Dalam Rumahnya, Gimana Caranya?

Rabu, 26 Agustus 2020 | 12:00
istimewa

Ani – House di Jepang oleh Atelier Bow-Wow. Karakter yang kuat terlihat pada arsitekturnya.

IDEAonline –Pernahkah IDEA lovers membayangkan seperti apa sebenarnyakarakter Anda? Kita ingin dilihat oranglain seperti yang kita mau. Namunkadang-kadang tak seperti itu adanya.

Maunya diingat orang lain sebagiseorang yang ramah, tapi bisa jadiorang lain tak sependapat, bahkanmemandang IDEA lovers sombong.

Rumah kita adalah juga sebagiandari gambaran karakter kita. Seringkalikita mau orang lain melihat rumah kitadan memuji. Tapi yang ada, merekasepertinya melihat sambil lalu saja.

Mengesalkan, bukan? Kalau kita telaah, bisa jadihubungan kita dengan rumah kitadimulai dari dua keadaan: rumahyang kita beli sudah jadi, dan rumahyang kita tempati setelah melewatiproses mendesain.

Baca Juga: Jadi Menantu Kesayangan Aburizal Bakrie, Nia Ramadhani Bongkar Rahasia Langgeng dari Ranjang Super Besar yang Jadi Andalannya!

Keduanya tohjuga akan mempunyai andil memberikarakter kepada rumah kita dan kitasendiri, karena kita hidup di dalamnyadalam waktu yang relatif lama.

Setiapkeputusan yang kita ambil akanberdampak tertentu pada rumah; baikcara menempatkan atau memakai barang.

Keputusan yang kemudiandilakukan berulang akan menjadikebiasaan. Kebiasaan yang menahunakan menjadi karakter. Karakter itu akanmelekat kepada orang-orang yang hidupdi rumah itu.

Arsitek Louis Sullivan menyatakanpertama kali “Form Follows Function”. Fungsi—bagaimana kita menggunakanruang—akan membentuk wadah ruangdan juga bentuk arsitekturnya.

Arsitekyang lain menimpalinya dengan “FormGenerates Function”. Bentuk jugabisa mengarahkan kita membentukpola aktivitas tertentu.

Baca Juga: Smart Home di Seoul, Bisa Panggil Lift sampai Jemur Pakaian

Baca Juga: Kerap Tampil Apa Adanya, Terbongkar Pundi-pundi Kekayaan Suami Kartika Putri yang Tak Main-main, Bisa Bangun Rumah sampai Habiskan Rp 40 Miliar

Keduanyamemperlihatkan hubungan bentuk ruangdan pola kegiatan. Dan di dalamnya, karakter IDEA lovers akhirnya juga akan terlihat.

Jadi, kita akan sangat mudah melihatkarakter seseorang bila kita bertandangke rumahnya. Yang paling mudah adalahmasuk ke kamar mandinya.

Kamar mandiadalah salah satu fungsi di dalam rumahyang paling rumit. Di situlah terlihatapakah si empunya rumah menyukaikebersihan atau tidak.

Kita juga bisamelihat ruang tamunya. Apakah semuabarangnya tertata rapi? Apakah barang-barang yang tak perlu masih jugadipajang? Kita juga perlu melihat barang-barangyang kita gunakan.

Baca Juga: Jadi Menantu Kesayangan Aburizal Bakrie, Nia Ramadhani Bongkar Rahasia Langgeng dari Ranjang Super Besar yang Jadi Andalannya!

Baca Juga: Kerap Tampil Apa Adanya, Terbongkar Pundi-pundi Kekayaan Suami Kartika Putri yang Tak Main-main, Bisa Bangun Rumah sampai Habiskan Rp 40 Miliar

Apakah kitamasih menyentuhnya setahun belakanganini? Bagaimana kita menyimpannya? (Seorang teman bercanda, “Barang-barangtak terpakai masih disimpan, ditunggu beranak?”)

Bisa jadi, barang yang tak perlu bisa bagi kita menjadibarang yang sangat berguna bagibanyak pengungsi di daerah bencanadi tanah air ini, misalnya. Hal kecil akanmemperlihatkan karakter kita. Hatihatilah.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 71

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya