Coba Manfaatkanlah Lahan dengan Perbedaan Ketinggian, Ini Triknya!

Kamis, 03 September 2020 | 22:05
Tab RUMAH

Pandangan dari arah belakang ke pintu utama. Letak rumah yang lebih tinggi dari jalan dan pintu utama dengan dua daun lebar, membuat pandangan dari dalam rumah ke arah luar, terasa begitu luas.

IDEAonline –Manfaatkanlah lahan secara maksimal dengan pengaturan perbedaan ketinggian.

Mungkin saja sebagiandari Anda beranggapan tanah 170 m2termasuk katagori luas. Sehingga Andamenjadi tidak heran, dengan begitubanyaknya ruang yang ada di rumah ini.

Tapi percayalah, tanpa rancangan yangtepat, tidak akan sebanyak ini ruangyang didapat.

Sebuah keuntungan awal sudahdidapat pasangan H. Adel Gunawan dan Elvi Arry Patriatna. Tanah yang mereka beli, posisinya jauh lebihtinggi dari jalan.

Baca Juga: Singapura Rancang Gedung Prefabrikasi Tertinggi di Dunia, Yuk Intip Desainnya

Baca Juga: Hati-hati Memilih Aromaterapi, Bisa Berisiko Timbulkan Alergi

Keberuntungan inikemudian diikuti sebuah ide untukmembuat garasi sejajar dengan jalan, yang artinya lebih rendah dari ruangruanglain.

Kalau garasi ini dibuat kecil, hanya pas untuk 1 mobil. Kalau dibuatbesar/panjang maka dapur—yangbersebelahan dengan garasi—otomatisakan menjadi kecil.

Tab RUMAH

Pandangan dari pintu utama ke arah belakang. Dengan lebar tanah 10 m, rumah terasa lapang. Dapur yang tinggi itu berada di sisi kanan. Di sisi kiri belakang, ada ruang duduk yang juga bisa digunakan untuk menerima tamu. Lihat gebyok yang ada di pintu belakang? Gebyok itu dibeli di Bali, sama seperti rooster kayu berukir yang ada di atas jendela.

Elvi yang hobi memasak, tentuprotes dengan dapur yang kecil. Disini muncullah akal untuk menaikkandapur, sehingga tidak lagi bersebelahandengan garasi, melainkan berada diatas sebagian garasi.

Baca Juga: Padahal Ingin Memasak Telur Gunakan Microwave, Wanita Asal Inggris Malah Harus Dilarikan ke Rumah Sakit, Terungkap Alasannya

Dapur jadi bisaluas. Tiga anak tangga tersedia untukmencapai dapur yang tingginya 70 cmdari ruang makan.

Tab RUMAH

Dapur jadi bisa luas

Permainan ketinggianyang tercipta tanpa sengaja ini malahmenjadi keunikan pada rumah tersebut.

Dapur—yang sering disebut sebagaijantungnya rumah—bagai sebuahpanggung yang selayaknya mendapatperhatian.

Baca Juga: 7 Pilihan Wangi Aromaterapi dan Efeknya, Tips Aman Menggunakan

Dari dapur, dibuat mezanin yangmenampung ruang tidur dan kamarmandi pembantu. Jadi dapur plusmezanin ini berada di atas garasi.

Yang menarik, dari garasi yangposisinya sudah sejajar jalan ini, masihada tangga turun lagi menuju ke 2 buahkamar.

Tab RUMAH

Ini adalah tangga dari dapur menuju garasi. Yang cukup membuat surprise, ada ruang yang lebih rendah dari garasi. Ruang yang berada di bawah ruang tamu ini berfungsi untuk menyimpan barang-barang koleksi Elvi. Kalau mau digunakan sebagai ruang tidur juga bisa.

Kamar yang posisinya berada dibawah ruang tamu ini untuk sementaraberfungsi seperti gudang, untukmenyimpan barang koleksi Elvit.

Tapi bila dibutuhkan, kamar inibisa digunakan sebagai ruang tidur.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 77

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti