Cara Membuat Taman di Lahan Terbatas, Cukup Memadukan Kumpulan Tanaman di Dalam Pot!

Rabu, 13 April 2022 | 07:30
Tab RUMAH

Semua jenis tanaman bisa ditanam di dalam pot asalkan penempatannya sesuai dengan karakteristiknya.

IDEAonline –Hunian tak melulu soal kokohnya bangunan atau tentang arsitektur saja. Bagian luar hunian termasuk taman, merupakan salah satu hal yang penting dan menarik untuk dibahas.

Meskipun saat ini ukuran lahan untuk membangun rumah tak selalu luas, namun banyak orang tetap ingin membuat taman rumah, bahkan dalam ukuran yang kecil.

Salah satucara membuat taman di lahan sempitadalah dengan memadukan kumpulantanaman di dalam pot.

Pada umumnya, sebuah tamanberisi tanaman yang langsung ditanamdi dalam tanah, baik tanaman perdumaupun tanaman pelindung.

Namununtuk menghemat tempat, tanaman-tanamanitu dapat ditanam di dalam potkemudiam ditata di lahan taman.

Baca Juga:4 Rekomendasi Pengharum Kamar Mandi yang Bisa Bikin Rumah Makin Segar, Mulai dari Rp 8,000an

Baca Juga:Jangan-jangan Adalah Warna Favorit, Siapa Sangka Gunakan Warna Ini pada Seprei Bikin Kutu Busuk Makin Nyaman!

Pilih Tanamannya

MelansirTabloid RUMAH edisi 78, yang pertama harus dilakukan ketikaakan membuat taman seperti ini adalahmemilih tanaman. Pada dasarnya semuajenis tanaman bisa tumbuh di dalam pot.

Jenis tanaman yang bisa dipilihadalah tanaman hias, baik tanamanhias bunga maupun tanaman hiasdaun.

Sebaiknya pilihlah tanaman yangmudah dalam pemeliharaannya. Untuktanaman hias dapat dipilih bromeliadatau aglaonema.

Setelah memilih jenis tanamannya, perhatikan karakteristiknya. Bila sifat tanamannya bisa hidup dengankebutuhan sinar matahari yang banyakmaka dalam penataannya, usahakanpeletakannya terkena mataharilangsung.

Baca Juga:Manfaat Meletakkan Potongan Daun Pandan di Bawah Kasur, Siapa Sangka Khasiatnya Mengagumkan

Baca Juga:Cara Usir Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan, Bisa Gunakan Tanaman Ini!

Namun bila tanaman yang IDEA lovers gunakan tidak tahan mataharimaka letakkan di posisi yang tidakterkena matahari.

Karena itu, sebelummemilih tanaman, lihatlah terlebih dulukondisi dan letak taman. Bila memangsemua area terkena matahari makausahakan untuk memilih tanaman yangtahan dan menyukai matahari.

Tab RUMAH

Penempatan pot juga harus memenuhi kaidah keseimbangan baik keseimbangan bentuk, warna, dan tekstur.

Baca Juga:Begini Langkah Hilangkan Bau Dapur yang Tak Kunjung Hilang, Siapkan Lemon dan Pasta Gigi Secukupnya!

Baca Juga:Anti Panik, Tinggal Siapkan Benda Ini Jika Ingin Membuka Pintu Tanpa Kunci, Tak Perlu Panggil Tukang ke Rumah!

Kaidah Keseimbangan

Untuk penempatannya, selainmemperhatikan karakteristik tanaman, lihat juga ukurannya. Usahakanpeletakannya memenuhi kaidahperancangan taman seperti kaidah keseimbangan.

Jangan sampaipeletakannya dilakukan secara asal, sehingga keindahan taman tidaktampak. Agar taman terasa imbang, gunakanpola simetris atau asimetris.

Yangdimaksud dengan simeteris adalahsusunan pot bila ditarik dari sumbutengah lahan taman maka porsi antarakiri dan kanan sama.

Penampilan inibisa dilihat dari besar kecilnya tanaman, warna, dan tekstur. Sebagai contohtanaman yang mempunyai warna mencolok dikelompokkan menjadi satu.

Selain itu tentukan juga focustaman. Caranya, pilih tanaman yangmempunyai ketinggian yang lebihdari yang lain. Lalu letakkan tanamantersebut di bagian ujung atau tengahtaman.

Tab RUMAH

Elemen taman yang lain juga harus dibuat, seperti jalan setapak untuk tempat pijak ketika melakukan perawatan atau penyiraman tanaman. Untuk materialnya bisa menggunakan koral sikat yang sudah jadi. Koral sikat seperti ini banyak tersedia di tempat penjual perlengkapan taman.

Baca Juga:Saking Tak Mau Bayar Pajak, Rumah Ini Bangun Ruang Bawah Tanah yang Mewah, Dalamnya Ada Fasilitas Spa hingga Gudang Anggur!

Baca Juga:Menurut Feng Shui Jangan Menempatkan Posisi Dapur ke Titik Ini, Siapa Sangka Bisa Pengaruhi Kesetiaan Pasangan

Pot yang Ideal

Bahan pot ada bermacam-macam, ada yang terbuat dari tanah liat, beton, plastik, dan besi.

Dari keempat jenistersebut, tanah liat merupakan bahanyang ideal digunakan. Alasannya, pottanah liat memiliki pori-pori yang bisamembantu “membuang” air dari dalampot, sehingga air tidak menggenang.

Airyang menggenang bisa menyebabkantimbulnya penyakit tanaman. Sebagaicontoh, bila permukaan tanah tempattumbuhnya adenium tergenangair, akarnya bisa membusuk.

Bilamenggunakan pot plastik, pilihlah yangmemiliki lubang di bagian bawahnyauntuk mengalirkan air sisa penyiraman.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya