Apa Itu Blockboard? Ketahui Fungsinya dan Alasannya Kenapa Diminati

Senin, 07 September 2020 | 12:00
sis

Blockboard cukup kuat untuk kitchen set. Tampilannya juga oke, kan?

IDEAonline –Sekarang ini, kalau kita inginmembuat lemari atau rak di tukangfurnitur, kita diberikan beberapa pilihanbahan. Salah satunya adalah teakblock.

Sebenarnya bahan apakah ini? Teakblock sebenarnya adalah blockboard yang diberi pelapis jati (teak).

Fungsi pelapis ini hanyalah untukmemberikan serat yang bagus, karenapelapis blockboard sendiri aslinya polos.

Ada juga blockboard yang diberi pelapissungkai. Harusnya, sih, namanya menjadisungkai-block. Tapi orang lebih seringmenyebutnya teakblock lapis sungkai.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Masak-masak, Daun Pandan hingga Lada Kering Bisa Usir Serangga Lho, Begini Caranya!

Baca Juga: Rentan Merusak Otak hingga Gangguan Menstruasi, Hilangkan Kebiasaan Meletakkan Handphone di Bawah Bantal, Bahkan Bisa Mempengaruhi Jumlah Sperma

sis

Blockboard cukup kuat untuk kitchen set. Tampilannya juga oke, kan?

Sedikit janggal (karena teak artinya jati), tapi inilah nama populernya. Blockboard sendiri merupakanpotongan kayu berbentuk kotak kecil-kecil (sekitar 4 atau 5 cm) yang dipadatkandengan mesin dan diberi pelapis, sehinggamenjadi sebuah lembaran menyerupaipapan.

Blockboard tersedia dalam duaketebalan, yaitu 15 mm dan 18 mm. Sedangkan panjang dan lebarnya sepertilembaran tripleks, yaitu 240 cm x 120 cm.

Bahan ini sekarang banyak diminatiuntuk lemari atau rak karena harganyayang ekonomis.

istimewa

Seperti inilah tampilan blockboard.

Karena terbuat daripotongan kayu (dan biasanyakayu lunak), bahan ini tidakterlalu kuat dibandingkantripleks atau multipleks.

Tapiuntuk rak pajang, rak buku, atau–kitchen set, bahan ini cukup kuat, setidaknya lebih kuat dibandingkanparticle board.

Pelapis jati atau sungkai yang tebalnya3 mm biasanya dipilih untuk melapisiblockboard karena orang inginmenggunakan finishing melamik yangmemperlihatkan serat kayu yang alami.

Kalau ingin wajah yang lain, mungkin Andabisa pilih pelapis seperti tacon atau PVC. Pembuat furnitur sekarang iniumumnya sudah menyediakan blockboardatau teakblock.

Baca Juga: Rentan Merusak Otak hingga Gangguan Menstruasi, Hilangkan Kebiasaan Meletakkan Handphone di Bawah Bantal, Bahkan Bisa Mempengaruhi Jumlah Sperma

Baca Juga: Susah Tidur? Cobain Cara Kuno nan Ampuh dengan Letakan Bawang Putih di Bawah Bantal!

istimewa

Teakblock yang dibuat laci-laci dan belum di-finishing.

Beberapa di antaranyamenjual bahan ini dalam lembaran. Ataukalau lebih suka membelinya di toko kayu, sudah banyak juga yang menjualnya. Berminat?

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 62

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya