Agar Terkesan Ringan, Coba Gunakan Penutup Atap dengan Struktur Kantilever!

Rabu, 09 September 2020 | 10:00
Tab RUMAH

Meski lahannya terbatas, Anda tetap bisa membuat teras belakang dengan rangka penutup atap yang tidak membutuhkan tempat yang luas seperti struktur kantilever.

IDEAonline –Membuat teras dibelakang rumahmerupakan salah satucara agar sisa lahan dibagian belakang rumahtidak kosong.

Mempunyai sisalahan di belakang rumah merupakanhal yang sangat diidam-idamkan olehsetiap orang.

Umumnya, mereka tidakmempunyai lahan belakang karenasudah dihabiskan untuk dijadikanruangan tambahan.

Baca Juga: Agar Dispenser Panjang Umur dan Terhindar dari Bahaya Korsleting, Wajib Tahu Tips Ini!

Baca Juga: Bahkan Ampuh Hilangkan Kerak Setrika dan Wajan, Ini Kehebatan Baking Soda yang Wajib Kita Tahu!

Bagi Anda yang memiliki lahan sisadi belakang, usahakan jangan dibiarkanbegitu saja. Anda bisa membuat terasbelakang dengan memanfaatkan lahansisa ini.

Berdasarkan penempatannya, teras di belakang rumah ini merupakanruang yang fungsinya hampir samadengan ruang keluarga.

Penutup Atap StrukturKantilever

Agar terkesan ringan, penutupatap teras ini menggunakan strukturkantilever. Kelebihan struktur ini adalahtidak membutuhkan tempat yang luasuntuk tumpuan strukturnya karenatumpuan kantilever hanya pada satu sisi.

Ada dua perkuatan yang digunakanuntuk tumpuan stukturnya. Satuberada pada rangka atap yang dibautke dinding, dan kedua berada padakekuatan tali baja yang dikaitkan denganrangka atap dan dinding.

Tali baja sebaiknya disangkutkanpada rangka atap dengan jarak lebihdari setengah bentangan rangka dankalau bisa sampai ujung rangka.

Jarakyang jauh ini bertujuan agar atap tidakmudah melengkung ke bawah.

Karena bagian belakang rumahini menghadap ke barat maka perludiperhatikan juga besar penampangpenutup atapnya sehingga ketika sorehari sinar matahari masih terhalang olehpenutup atapnya.

Karena teras ini rentan terhadap tampias air hujan dan sinar matahari maka baiknya kursi di teras ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti bahan cor adukan beton dengan struktur kantilever.

Pemilihan Material

Baca Juga: Rumahnya Dilengkapi dengan Lift Pribadi, Terungkap Pundi-pundi Penghasilan Ibunda Nagita Slavina Mulai dari Bisnis Properti Hotel hingga Rumah Produksi

Baca Juga: Warna dan Desain Faktor Penting Percantik Pagar, Ini Tips Aplikasinya

Hendaknya pemilihan material untukelemen dinding, lantai, atau penutupatapnya dipehatikan agar ketika berada di dalamnya Anda merasa nyaman.

Teras ini berada di bagian luar rumahsehingga ketika hujan lantai teras akan basah. Dengan demikian Anda harus memilih materialpenutup lantai yang tidak licin.

Tab RUMAH

Pilih material penutup lantai yang tidak licin

Anda bisamenggunakan keramik yang khusus untukbagian luar rumah atau menggunakan batualam. Dapat juga Anda memakai rabat betonseperti lantai teras ini.

Demikian juga dengan materialpenutup atapnya. Agar terkesantidak gelap, Anda bisa menggunakanmaterial atap transparan sepertipolikarbonat.

Baca Juga: Cara Kurangi Kelembapan Ruang untuk Cegah Tumbuhnya Jamur

Tab RUMAH

Tumpuan struktur atap kantilever ada di rangka atap yang dibaut ke dinding dan tali baja yang dikaitkan dengan rangka atap dan dinding.

HijaukanSekitar Teras

Karena menjadi bagian dariluar rumah, teras hendaknya jugadiberi sentuhan hijau agar suasanaterkesan sejuk. Tak perlu tanamanyang besar ukurannya.

Anda bisamenanam rumput atau tanamanpenutup tanah di sekeliling teras. Anda bisa juga menggantungkantanaman pot.

Sebaiknya pertimbangkanukuran pot yang diletakkan di teras. Jangan sampai teras terkesan sempitlantaran banyaknya tanaman yangada di sekeliling atau di dalamnya.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 86

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya