Ini 7 Cara Hemat Energi di Dapur, Mengganti Microwave Menjadi Kompor?

Rabu, 09 September 2020 | 09:30
Freepik

Microwave aman untuk menghangatkan makanan

IDEAonline –Sebagaimana kita ketahui, dapurmerupakan ruang pengolahan bahanmakanan yang digunakan setiap hari.

Pengolahan bahan makanan tersebutmemerlukan air, api, listrik, gas, dan bahan bakar lainnya.

Karena itukebutuhan energi terbanyak di dalamrumah ada di dapur. Penggunaanperalatan, sumber daya, dan bahanbakar yang efisien pada akhirnya dapatmenghemat penggunaan energi dan biaya secara menyeluruh.

Sebenarnya, hanya diperlukanlangkah-langkah sederhana untuk menghemat penggunaan energi didapur, Berikut ini hal yang bisa kita lakukan.

1. Gunakan peralatan masakyang berbahan dasar tebal dan keras, contohnya teflon. Hal ini bertujuansupaya pendistribusian panas lebihefisien dan masakan lebih cepatmatang.

Baca Juga: Rumahnya Dilengkapi dengan Lift Pribadi, Terungkap Pundi-pundi Penghasilan Ibunda Nagita Slavina Mulai dari Bisnis Properti Hotel hingga Rumah Produksi

2. Matikan oven atau komporsebelum masakan benar-benarmatang. Biarkan sisa panas yang masih “menempel” pada wajan atau panicyang melanjutkan proses pematanganmasakan Anda.

3. Jika akan memanaskanmakanan, jangan gunakan microwavemelainkan gunakan kompor saja.

Pemanasan dengan kompormembutuhkan energi lebih sedikitdaripada pemanasan dengan microwave.

4. Gunakan panci tekanan tinggi (jika Anda memilikinya), karena panicjenis ini benar-benar menghemat bahanbakar dan waktu memasak.

Sebagaiperbandingan, jika menggunakan panicbiasa, diperlukan waktu kurang lebih 30menit untuk merebus daging merah.

Sedangkan dengan panci tekanantinggi, untuk merebus daging merah hanya diperlukan waktu lebih kurang 15menit.

5. Jika Anda memiliki mesinpencuci piring (dishwasher), sebaiknyatunggu hingga dishwasher terisi penuh.

Baca Juga: Rumahnya Dilengkapi dengan Lift Pribadi, Terungkap Pundi-pundi Penghasilan Ibunda Nagita Slavina Mulai dari Bisnis Properti Hotel hingga Rumah Produksi

Baca Juga: Sang Ibu Ditemukan di Lantai Kamar Mandi dengan 79 Tusukan, Begini Fakta Mencengangkan Mengenai Sosok Isabella Guzman Wanita 18 Tahun yang Kini Viral

Bila mencuci hanya sedikit, selain borosenergi listrik, juga boros pemakaian air.

6. Hindari peletakan lemaripendingin berdekatan dengan kompordan oven. Perbedaan temperatur yangekstrim dapat mengurangi efesiensikerja setiap alat sehingga daya yangdibutuhkan akan lebih besar. Hindarkanjuga lemari pendingin dari cahayamatahari langsung.

7. Pastikan lemari pendingintidak penuh sesak oleh makanan. Lemari pendingin yang terlalu penuhmenyebabkannya bekerja lebih kerassehingga daya listriknya juga akan boros.

Selain itu, biasakan untuk tidak terlalusering membuka-tutup pintu lemaripendingin. Meskipun tampak sepele, halini berpengaruh pada pemakaian energylistrik.

Lemari pendingin yang seringdibuka-tutup mengharuskan ia lebih keras untuk mendinginkan kembalitemperatur di dalam lemari es. Nah, tidak sulit bukan, menghematenergi di dapur?

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 86

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya