Pintu Utama Segaris Lurus dengan Pintu Belakang? Apa Berdampak Buruk?

Sabtu, 12 September 2020 | 18:00

Pintu Utama Segaris Lurus dengan Pintu Belakang? Apa Berdampak Buruk?

IDEAonline –Banyak rumah, terutama yang berukuran kecil, memiliki pintu belakang yang posisinya segaris lurus dengan pintu depan.

Menurut Feng Shui, kondisi ini erat kaitannya dengan rezeki yang akan diterima penghuni.

Posisi pintu utama yangformasinya satu baris langsung denganpintu yang menuju ke teras belakang, merupakan tata ruang Feng Shui yangburuk.

Komposisi seperti ini tidak bisamemberi kelimpahan materi bagipenghuni rumah tersebut.

Sebab, sebesar apapun yang masuk ke dalamrumah, dengan cepat energi atauhawa rezeki akan buyar dan sirna.

Baca Juga: Menilik Alasan Kenapa Kompor Tidak Boleh Diletakan Sebelah Sink, Gimana Menurut Kalian?

Baca Juga: Yakin Pilih Keramik KW3 Pasti Lebih Hemat? Ini Solusinya IDEA Lovers!

Walaupun rezeki rajin dikumpulkandi dalam tabungan, akan sia-sia sajatindakannya, karena uang sulit untukberlama-lama singgahdi dalamtabungan.

Bentuk rumah seperti ini seringditemukan di pedesaan. Dengandemikian, orang mengaitkan inidengan masalah ekonomi, yang seringmelanda kehidupan warga desa.

Dalam penjabaran Feng Shui, yang diharapkan adalah agar hawaQi (energi kehidupan) yang masukmelalui pintu utama, sebaiknya dapatdisalurkan ke seluruh ruang yang adadi rumah.

Udara yang bersirkulasidengan lancar, akan menumbuhkanatmosfer yang baik bagi kehidupanpenghuninya.

Apabila Qi yangmasuk ke rumah tidak bersirkulasike penjuru rumahdalam hal inikarena tersedot keluar melalui pintubelakang yang posisinya satu baristentu tidak terdapat pula atmosferyang menyejukkan bagi kehidupanpenghuni.

Jika Terlanjur

Memang menurut Feng Shui, letak pintu depan dan pintu belakang sebaiknya jangan beradadalam satu garis lurus.

Tetapikalau desain menuntut harus tetapmempertahankan model sepertiini, sebaiknya nilai Feng Shui jugadipertimbangkan secara bijaksana, karena kondisi ini dapat mempengaruhienergi rezeki kehidupan penghuni.

Baca Juga: Dapur Anti Pengap: Taburkan Cengkeh dan Kayu Manis, Begini Caranya?

Baca Juga: Mau Atasi Kecoa di Rumah Hingga Tak Tersisa? Basmi Sumber Habitatnya!

Kalau harus merancang rumahdengan dua pintu berada dalam satubaris, di antaranya bisa diletakkandinding penyekat yang masif dengan desain yang cantik untuk digunakansebagai pembatas antara ruang-ruangdi dalam rumah.

Sementara itu, akses masuk ke dalam dibuat denganmemanfaatkan rongga di kanan dankiri dinding penyekat tadi.

Agar Rezeki Tak Cepat Pergi

Berikut ini beberapa cara yangbiasa dilakukan untuk mencegah cepatberlalunya hawa rezeki yang masuk kerumah akibat posisi pintu depan danbelakang yang berhadapan.

• Di antara dua pintu tersebutdiberi penyekat masif, agar keduanyatidak saling berhadapan.

Penyekatyang dimaksud dapat terbuat dari kayuatau sejenisnya. Tetapi yang palingbaik adalah sekat dari dinding bata.

Usahakan penyekat tersebut jangan adalubangnyajadi benar-benar rapatagarkuat menahan tekanan udara yang masukke dalam rumah.

• Mengunakan lemari uangsebagai penyekat ruang. Dalammelakukan ini ada ketentuan yang harusdicermati; kalau tidak fungsinya tidak bisaoptimal. Lemari yang dimaksud sifatnyaharus masif. Artinya, pada bidang yangsama besar dan tepat bertatapan denganpintu, jangan ada lubang.

Baca Juga: Yakin Pilih Keramik KW3 Pasti Lebih Hemat? Ini Solusinya IDEA Lovers!

Khususnya pada bagian kaki lemari, jangan ada rongga yang dapat dilewati udara; lemari harus benar-benar rapatdengan lantai.

Bagian masif yangselebar dan setinggi daun pintu bolehmenggunakan bahan kaca, tetapi diberivariasi hiasan agar menghilangkan kesantransparan. Untuk keperluan ini dapatjuga digunakan kaca buram.

Apabila menggunakan penyekatlemari yang berdaun dua, maka di bagianlebar dan tinggi pintu jangan ada ruangyang sifatnya tembus.

Di luar ketentuanitu, boleh digunakan variasi lemari yangberlubang atau berdaun pintu yang dapatdibuka dari sisi luar dan dalam.

Baca Juga: Menilik Alasan Kenapa Kompor Tidak Boleh Diletakan Sebelah Sink, Gimana Menurut Kalian?

Baca Juga: Dapur Anti Pengap: Taburkan Cengkeh dan Kayu Manis, Begini Caranya?

• Formasi ini tidak bisa disiasatidengan kain gorden, penyekat plasticseperti pintu geser atau penyekat ruangyang bisa dilipat dan dipindahkan.

Semua bahan tersebut tidak bisadigunakan untuk pembenahan Feng Shui.

Problem yang harus dipahami adalah, fungsi penyekat tersebut bukan untukmenghalangi pandangan orang, tetapimengalirkan arus energi agar dapatbersirkulasi ke berbagai ruang, dan tidakcepat tersedot ke pintu belakang.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 83

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya