Serba-serbi Pemasangan Septictank Bahan Beton, Begini Tipsnya!

Jumat, 18 September 2020 | 18:00
Tab RUMAH

Proses STBF ketika diturunkan ke dalam lubang galian.

IDEAonline –Septictank adalahtempat pengolahanlimbah manusiasebelum dibuang dandiresapkan ke dalamtanah.

Selain septictank konvensional, septictank biologis bisa digunakan sebagai alternatif lain agar proses penguraian limbah bisa cepat dan hasil pengolahan aman untuk dibuang ke lingkungan sekitarnya.

Ada septictank tabungnya terbuat dari bahan beton.

Septictank Septictank dari Bahan Betonini memiliki tabung yang terbuat dari bahanbeton. Septictank jenis ini dihasilkan darikerjasama antara PT Duta Sarana Perkasadengan Universitas Indonesia.

Baca Juga: Furnitur Modular Cocok untuk Yang Gampang Bosan, seperti Apa?

Baca Juga: Balas Tudingan Numpang Hidup, Nisya Ahmad Tampilkan Rumah Barunya yang Dilengkapi Bathtub, Sumber Kekayaannya Ikut Terekspos Media!

Jenis initidak memiliki merek, dan biasa disebutSTBF (septictank bio filter).

Secara umum, proses pengolahanlimbah STBF merupakan kombinasiantara proses fisik dengan proses biologi.

Tab RUMAH

Septictank dari Bahan Beton

Pemasanganseptictank Bahan Beton

Pemasangan STBF sebenarnyahampir sama dengan pemasanganseptictank jenis lain. Yang terpentingadalah Anda harus menyiapkan lubanggalian untuk memasang STBF.

Sebelummenggali, sebaiknya ketahui duluketinggian muka air tanahnya. Jangansampai kedalaman galian menembus permukaan air tanah.

Meskipun bahanSTBF sudah kedap air, dikhawatirkanlimbah yang ada di dalam STBF meresapke air tanah.

Bila ini terjadi akanberbahaya bagi kelangsungan lingkunganhidup di sekitarnya. Setelah lubang dibuat dan STBFditurunkan, lubang galian diurug kembali.

Baca Juga: Jauh Berbeda dengan Sarita Abdul Mukti yang Sudah Tak Beli Barang Mahal, Kini Jennifer Dunn Justru Hidup Enak Bahkan Buka Usaha Properti yang Menjadi Pundi-Pundi Uangnya

Baca Juga: Rak yang Dinamis Bikin Pajangan di Rak Makin Menarik, Seperti Apa?

Untuk bagian penutup atasnya, bisadibuat dengan rabat beton. Ini berlakubila septictank di atasnya mendapatbeban, contohnya septictank yang beradadi bawah carport.

Jika septictank beradadi taman tidak perlu diberi rabat beton. Cukup tutup semua permukaannya dengan tanah dan tanaman, kecualipada lubang ventilasi dan lubang untukpenyedotan.

Dilihat dari harganya, aplikasiSTBF tergolong sedikit lebih mahal dariseptictank konvensional yang terbuat daribuis beton.

Akan tetapi besarnya biayayang dikeluarkan sebanding denganmanfaat yang bisa didapatkan. Harga initergantung dari kapasitas tangki yangdisesuaikan dengan jumlah orang yangada di rumah.

Air Sabun JanganMasuk ke Septictank

Selain menjaga supaya benda-bendaasing tidak masuk ke dalam saluran WC danseptictank dapat bekerja sesuai fungsinya, usahakan untuk tidak membuat saluranpembuangan dari kamar mandi yanglangsung dihubungkan ke dalam saluranpembuangan septictank.

Sisa air mandi yang mengandungsabun diusahakan tidak masuk ke dalamseptictank. Ini karena air sabun yang masukke dalam septictank dapat membunuhmikrooragnisme.

Jika mikrooragnisme matimaka proses penguraian limbah tidak bisadilakukan dengan baik.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 70

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya