Masih Setia Menyukai Rumah Bergaya Minimalis? Lihat Solusi Satu Ini

Jumat, 18 September 2020 | 13:30
endhy

Permainan Fasad untuk Ikuti Tren

IDEAonline –Pak Bejo sedang pusing. Istrinya ingin mengadopsigaya minimalis untuk hunian mereka yangbentuknya rumah standar dari pengembang denganatap pelana. Untuk merenovasi bangunan secarapenuh, rasanya berat di ongkos. Apa akal?

Sudah dua minggu iniPak Bejo menikmati rengekan istrinyayang ingin memakai gaya minimalisuntuk rumah mereka.

Baca Juga: 8 Langkah Merapikan Ruang Tamu Tanpa Harus Keluar Bujet, Mudah!

Baca Juga: Hati-hati Hal Ini Sebabkan Ruang Terkesan Sempit, Begini Solusinya!

Gaya minimalis sebenarnya mulai ditinggalkan.

Walaupun begitu,Aliran minimalis pada intinya adalahgaya desain yang mengutamakanstruktur fundamental dari sebuahkarya.

Karena kita berbicara dalamkonteks desain bangunan, makastruktur fundamental di sini berartibentuk/struktur dasar sebuah rumah.

Penggunaan ornamen yang sifatnyaadalah hiasan dan tidak berkaitanlangsung dengan struktur utamabangunan dikesampingkan.

Tak heranbila gaya minimalis banyak dicirikan olehpermainan garis geometris yang tegas. Salah satunya adalah pemakaian atapdatar yang terbuat dari dak beton.

Minimalis vs Tropis

Baca Juga: Balas Tudingan Numpang Hidup, Nisya Ahmad Tampilkan Rumah Barunya yang Dilengkapi Bathtub, Sumber Kekayaannya Ikut Terekspos Media!

Di sisi lain, Indonesia adalah Negaratropis yang memiliki curah hujan dankelembaban tinggi. Untuk kondisi iklimseperti ini, bentuk atap yang palingcocok bagi rumah-rumah di Indonesiasebenarnya adalah bentuk atap pelana.

Bentuk atap pelana yang miring sangatberguna untuk mengalirkan air sehinggatidak mengakibatkan genangan airdi atap yang bisa menyebabkankebocoran.

Jika kita mengaitkan kondisi iklimini dengan bentuk atap dak beton yangrata, rasanya agak “bertolak belakang”.

Apa pasal? Karena atap dak betonjika tidak didesain dan dibuat dengancermat bisa menyebabkan genangan airyang berpotensi kebocoran.

Akali dengan Pengolahan Fasad

Lantas bagaimana jika kita inginmengadopsi gaya minimalis untukrumah di daerah tropis? Kembali kekasus Pak Bejo, penjelasan berikut inijuga bisa menjadi solusi jitu untuknya.

Salah satu trik untuk mengadopsi gayaminimalis adalah dengan memainkanfasad rumah.

endhy

Permainan Fasad untuk Ikuti Tren

Dengan trik pengolahan fasad maka bisadiperoleh rumah bernuansa minimalistanpa harus merenovasi keseluruhanbangunan. Selain relatif ringan diongkos, bentuk atap pelana yang idealuntuk rumah daerah tropis tetap dapatdipertahankan.

Baca Juga: Ciptakan Cozy Living Room, Ini Syarat Penting untuk Mewujudkannya

Baca Juga: 8 Langkah Merapikan Ruang Tamu Tanpa Harus Keluar Bujet, Mudah!

Sekat Ringan

Selesai dengan wajah luar rumah, bagian dalam pun perlu berhias agartampil minimalis. Gaya minimalisdalam interior biasanya dicirikan olehpemakaian perabot yang berdesainsederhana dan berkesan ringan.

Gaya minimalis juga ditandai denganminimnya penggunaan pernak-pernikserta motif. Karenanya gaya ini cocokditerapkan untuk rumah yang luasannyajuga “minimalis”, karena akan memberiefek meluaskan.

Salah satu trik menarik yangbisa dicontek dari rumah ini adalahpenggunaan kain tipis sebagai sekatyang memisahkan ruang tamu danruang makan.

endhy

Sekat yang terbuat dari sehelai kain ini memiliki banyak kelebihan: murah biaya pembuatannya,  mudah perawatannya, dan tidak menghabiskan banyak tempat.

Sekat model ini memilikibanyak kelebihan, misalnya murah biayapembuatannya, mudah perawatannya (hanya perlu dicuci dua minggu sekali).

Baca Juga: Furnitur Modular Cocok untuk Yang Gampang Bosan, seperti Apa?

Baca Juga: Balas Tudingan Numpang Hidup, Nisya Ahmad Tampilkan Rumah Barunya yang Dilengkapi Bathtub, Sumber Kekayaannya Ikut Terekspos Media!

Dan yang utama adalah tidak makanbanyak tempat sehingga ruang yangluasannya terbatas tidak terasa semakinsempit.

endhy

Gaya minimalis dalam interior

Gaya minimalis dalam interior biasanyadicirikan oleh pemakaian perabot yangberdesain sederhana dan berkesan ringan. Perabotpada ruang makan ini biasanya menggunakanmaterial logam, plastik, dan kaca.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 88

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya