Sukses Bekerja Multitasking saat WFH, Kerjaan Kantor dan Rumah Beres!

Jumat, 18 September 2020 | 09:00
Mark Newton

Bekerja di (dari) rumah lebih leluasa menentukan desain ruang dan pilihan meja kerja.

IDEAOnline-Jadi pekerja jarak jauh dan melakukannya dari rumah, dirasakan ada enak dan tidaknya.

Enaknya, ya waktu dan tempat bekerja lebih fleksibel, bisa memilih cara kerja ternyaman bagi diri sendiri baik duduk di bangku lengkap dengan meja kerja, duduk lesehan di karpet sambil sesekali bermain dnegan anak, sembari makan atau minum sesuai selera.

Tidak enaknya, beberapa orang merasakan waktu serasa makin sempit, karena pekerjaan di rumah tidak hanya soal pekerjaan kantor tetapi juga segambreng pekerjaan lain di rumah tangga.

Kebersamaan lebih lama bersama keluarga memang dirasa menyenangkan, tetapi kadang juga harus berpacu dengan waktu agar tugas mendampingi anak, suami/istri, bisa selesai dengan sukses.

Mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu memang tidak gampang.

Tuntutan baru sebagai pekerja jarak jauh, pengasuh anak, pendidik anak, hingga menjadi partner di saat yang bersamaan.

Mulai dari memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian kotor, mendampingi anak menyelesaikan tugas sekolah, menghadapi anak yang berebut mainan, menyelesaikan pekerjaan kantor, meeting online, dan sederet hal lain yang harus diselesaikan.

Baca Juga: Gagal Bina Rumah Tangga Sampai 2 Kali, Hunian Artis yang Berprofesi Sebagai Investor Perkebunan Sekaligus Politisi Ini Jadi Sorotan Warganet, Ada Akuarium Besarnya!

Baca Juga: Menaruh Meja Kerja di Kamar Tidur Bisa Saja! Ini Tips Menatanya

silverkblack

Ilustrasi-Melakukan dua atau lebih pekerjaan bersamaan secara bijak.

Ada kalanya kita merasa kesulitan dan kewalahan untuk memainkan semua peran dan memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga yang menuntut perhatian.

Dan ini adalah hal yang wajar. Multitasking sering mendapat cap yang buruk, karena dianggap tidak fokus mengerjakan satu hal. Tetapi di saat seperti ini, multitasking tentu sangat diperlukan.

Berikut lima tips yang bisa dilakukan saat harus menyelesaikan banyak tugas dalam waktu bersamaan di rumah.

1. Bikin jadwal dan prioritas. Tandai apa yang bisa diselesaikan pada akhir hari, apa yang harus segera diselesaikan, dan kapan waktu terbaik untuk melakukan hal lainnya.

2. Lakukan kerjaan lain bersamaan dengan bijak. Saat terlibat dalam panggilan konferensi, kamu bisa diam-diam sambil melipat cucian yang sudah kering.

Atau setelah memasukkan pakaian ke mesin cuci, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mendampingi anak memngerjakan tugas sekolah.

3. Bekerja sama dengan anak dan pasangan.

Beri pengertian secara baik kepada anak, kapan bisa bermain bersama dan kapan mereka harus memberikan waktu khusus buatmu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor tanpa gangguan.

Baca Juga: Bongkar Kunci Kesuksesannya yang Berasal dari Sang Suami, Ini Dia Deretan Sumber Kekayaan Milik Inul dan Adam Suseno yang Capai Rp 125 Miliar, Ada Pula Rumah Mewahnya!

Baca Juga: Saat Berkantor di Rumah Jadi Piihan, Mau Bikin WOHO atau SOHO?

Ilustrasi-Melatih anak untuk membereskan kamar dan mainannya.

Selain itu, ajak anak untuk mengenal tanggung jawab sesuai usianya, seperti misalnya membereskan kembali mainannya, menaruh baju kotor di tempatnya, dan sebagainya.

Hal-hal kecil tersebut akan membantu meringankan tugasmu di rumah.

Hal yang sama bisa kamu lakukan dengan pasangan.

Berbagi tugas dengan mempertimbangkan kesibukan masing-masing.

Buatlah jadwal siapa akan melakukan apa dan kapan waktu tidak boleh diganggu saat sedang bekerja.

Sebagai catatan, meski pasangan sama-sama bekerja dari rumah, hindari untuk memperlakukannya seperti kolega.

Hindari memberikan nasihat kerja yang tak dimintanya. Satu-satunya hal yang perlu didiskusikan adalah urusan rumah tangga.

4. Jangan lupa jadwalkan waktu istirahat cukup

Luangkan waktu secara rutin untuk duduk santai sambil minum teh di teras.

Hal ini akan membuat pikiran tenang dan rileks sehingga mood menjadi baik dan kamu mendapatkan energi postif kembali untuk menyelesaikan tugas tersisa di hari ini dengan baik.

Baca Juga: Smart Home Jadi Tuntutan di Masa Kenormalan Baru, Peranti Apa Saja Pendukungnya?

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya