Hati-hati, di Rumah yang Bersih Tersimpan Zat Berbahaya, Apakah Itu?

Selasa, 22 September 2020 | 11:30
www.pinterest.com

Rumah bersih dan rapi

IDEAonline –Polusi ternyata bukan monopoli jalan raya yang penuh debu atau pabrik yang mengeluarkan asap tebal.

Di dalam rumah yang bersih, banyak juga benda yang bisamenghasilkan polusi. Furnitur, cat, cairan pembersih, dan beberapa baranglainnya, berpotensi menyebarkan zatpolutan.

Zat-zat itu akan bertebaran diudara dan tidak kita sadari masuk kedalam tubuh saat kita bernapas.

Menurut California Air ResourcesBoard (ARB), ada 3 zat polutan yangpaling banyak berada di dalam rumah, yaitu formaldehida, benzana, dantrichloroethylene (TCE). Ketiga zat inimalahan telah dikatagorikan sebagai zatpencemar udara.

Formaldehida

Baca Juga: Suguhkan Pemandangan Gedung Bertingkat, Harga Apartemen Mewah Milik Pemain Sinetron 'Tukang Ojek Pengkolan' Enggak Main-main! Mau Ngalahin Raffi Ahmad?

Baca Juga: Menikah Dua Kali, Artis Ini Akui Sempat Pisah Ranjang karena Satu Hal, Intip Huniannya Setelah Menikah dengan Direktur Perusahaan Ternama!

Formaldehida (formaldehide) bisa dikenali karena baunya yang menyengat, apalagi dalam konstentrasiyang tinggi.

Kalau terus menerustercium, gas ini dapat mengiritasi mata, hidung, dan paru-paru. Beberapa alat rumah tangga yangmengandung formaldehida adalahresin dan lem.

Resin dan lem ini biasadigunakan untuk merekatkan potongankayu atau serat menjadi kayu lapis (plywood), particle board, dan produkkayu pres (olahan) lainnya.

Formaldehida juga digunakanpada bahan kain dan karpet untukmenjadikannya tidak mudah kusutsekaligus untuk mempertahankanwarna kain.

Selain itu, formaldehidaadalah produk sampingan dari prosespembakaran, seperti pembakaran kayu, alat rumah tangga berbahan bakar gas, dan asap rokok.

Trichloroethylene

Baca Juga: Terungkap Ayah Biologis Albany Ray Putra Sarah Azhari, Hunian Miliknya yang Berlokasi di Amerika Ikut Tersorot Media

Baca Juga: Stres Terlalu Lama di Rumah, Artis Satu Ini Ungkap Tanda-tanda Gangguan OCD pada Dirinya, 'Sampai Kamar Pembantu Gue Rapihin'

Zat yang biasanya disingkat dengan TCE ini biasanya tercampur dalamsuatu larutan, seperti tinta dan tip-ex (penghapus tinta).

Pelapis dinding danfurnitur seperti cat dan vernis, jugamengandung zat ini. Dalam konsentrasi yang rendah, mencium TCE bisa mengakibatkan kepala terasa sakit, pusing, paru-paruteriritasi, dan sulit berkonsentrasi.

Kalau mencium zat ini terus-menerusdan dalam waktu yang lama, bisamenimbulkan kerusakan pada ginjal, liver, dan syaraf.

Benzana

Walaupun baunya manis, benzana bisa berefek buruk pada kesehatankita. Saat benzana tercium, zat iniakan masuk ke sel-sel darah dan lamakelamaan akan merusak sumsum tulangbelakang.

Akibatnya, produksi seldarah merah berkurang dan timbullahpenyakit anemia. Efek lainnya, kekebalan tubuh akan berkurangsehingga kita mudah terinfeksi.

Kandungan benzana yangtinggi bisa mempercapatdetak jantung, badan menjadigemetaran, gelisah, bahkanbisa mengakibatkan hilangkesadaran dan kematian.

Padawanita, zat ini berakibat burukterhadap siklus menstruasi. Benzana biasanya dipakai dalamindustri plastik, karenanya benda-bendayang terbuat dari plastik seperti kursiatau alat-alat dapur, ada kemungkinanmengandung zat ini.

Konsentrasi zat-zat polutan yangberedar di dalam rumah memang relativekecil. Tapi tak ada salahnya,kan, kalaukita berusaha menguranginya?

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi78

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya