Bisa Dijadikan Tempat Berkumpul, Begini Trik Hadirkan Dapur Fungsional, Nyaman, dan Aman!

Senin, 28 September 2020 | 17:00
Endhy

Dapur Sebagai Ruang Keluarga

IDEAonline –Ide menjadikan dapur bukanhanya sebagai tempat memasaksebenarnya bukan monopolikebudayaan Barat.

Seorang teman yangasli Betawi bercerita bahwa ketika iamasih kecil (tahun 1980-an), neneknyapun melakukan hal yang sama.

Dapursi nenek yang berukuran sekitar 4 m x5 m menjadi tempat yang asyik untukberkumpulnya anggota keluarga.

Baca Juga: 13 Tahun Berkarier Sebagai Musisi, Diam-diam Rian D'Masiv Bongkar Harta Kekayaannya, Kini Miliki Rumah Senilai Rp 20 Miliar Bahkan Garasinya Terparkir Ferrari Warna Emas!

Disalah satu sisi dapur terdapat 2 buahkompor kecil, yang dulu katanya berupatungku kayu. Di sebelahnya ada gerobog (lemari kecil) untuk meletakkan bahanmakanan.

Bumbu-bumbu dan alat-alatkecil lainnya ditaruh di dake-dake (bilahbilahkayu yang diletakkan di tembok).

Di sisi yang lain terdapat mejabesar dari kayu yang digunakan untukmenyiapkan makanan.

Di meja itu juga, cucu-cucu si nenek ini duduk-duduksambil mengobrol dan memperhatikanbeliau memasak. Kalau makanan sudahsiap, meja itu beralih fungsi menjadimeja makan untuk semua anggotakeluarga.

Seperti kebanyakan dapurmasyarakat Betawi Tengah, dapur ituterhubung dengan teras belakang, yang penuh dengan pohon salak dannangka.

Di sana, di bawah jendelaberjeruji kayu terdapat bale-bale. Konon, bale-bale ini sering digunakan paralelaki yang pulang milir (bekerja) untukberistirahat sambil menunggu masakanistrinya matang.

Bale-bale ini juga seringdigunakan para ibu untuk memotongmotongsayuran sambil mengobroldengan tetangga.

Dapur + Ruang Makan

Nah, jika kepingin membuatdapur menjadi ruang keluarga yangmenyenangkan, ikuti saja trik yang biasadigunakan para desainer, yaitu denganmenggabungkan dapur denganruang makan. Dengan cara ini, dapur terlihat lebih luas dan bisamenjadi ruang multifungsi.

Baca Juga: Bingung Banyak Tisu Berserakan di Kamar Dul Jaelani, Sang Ibunda Singgung Soal Tak Keluar Kamar Seharian, ‘Loh.. Suudzon Bunda’

Baca Juga: Bisa Jadi Kaya Raya Usai Temukan Emas 7 Kg di Tempat Sampah, Tukang Sapu Malah Lakukan Hal Ini, Terungkap Fakta Sebenarnya Emas Tersebut

Area makan bisa digunakanuntuk mewadahi kegiatan anakketika sang ibu memasak. Jikadapur terletak terpisah, otomatisibu mesti menyediakan waktu untukbolak-balik dari dan ke dapur, demimenjaga si buah hati.

endhy

Tiga buah daun jendela yang lebar membuat udara segar dari luar dapat bebas mengalir masuk ke dapur.

Fungsional, Nyamandan Aman

Sebagai tempat berkumpul, dapurmesti dibuat fungsional, nyaman, danaman.

Perhatikan penempatan tiaptiapelemen dapur, termasuk tempatpenyimpanan, bak cuci dan tempatmemasak (kompor).

Agar dapat bekerjadengan nyaman dan aman, pisahkanantara zona memasak dengan zonamakan.

Pastikan juga tersedia ruangsirkulasi yang cukup dari zona memasakke zona makan, dan sebaliknya.

Baca Juga: Bingung Banyak Tisu Berserakan di Kamar Dul Jaelani, Sang Ibunda Singgung Soal Tak Keluar Kamar Seharian, ‘Loh.. Suudzon Bunda’

Pertukaran udara menjadi hal yangpenting jika ingin dapur jadi tempat yang nyaman. Terbayang, kan, bila asapmemenuhi dapur?

Tentu tak seorangpun betah berlama-lama di sana. Jendelayang lebar atau sebuah cooker hooddapat menjadi solusi untuk mengatasimasalah asap di dapur.

Endhy

Meja ini adalah meja multifungsi. Di pagi hari bisa digunakan untuk sarapan, di lain waktu bisa berfungsi sebagai tempat memotong bahan makanan.

“Let The View In”

Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, apalagi yang dapat dilakukan? Coba ingat kebiasaan bersantapanggota keluarga, ataukenangan masa kecil Anda.

Mungkin saja Anda terbiasamakan di alam bebas, ataumalah terbiasa makandi pinggir sungai sambilmendegar gemericik air.

Anda bisa menghadirkansuasana alam itu di ruangdapur Anda. Bagi yangrumahnya bebas dari binatangdan manusia pengganggu, bisa membuat dapur danruang makan terbuka, langsung berbatasan dengantaman.

Tapi bagi Anda yangtidak mungkin membuatdapur terbuka, Anda bisamenggunakan jendelajendelalebar.

Intinya, biarkanpemadangan masuk sebanyakbanyaknyake dalam dapurAnda. Dijamin, berkumpuldi dapur akan jadi hal yangmenyenangkan.

Endhy

Tampak dapur dari taman belakang.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 89

Editor : Maulina Kadiranti