Kompor Merupakan Elemen Api, Ini yang Terjadi Jika Diletakan Dekat Ruang Tamu?

Kamis, 01 Oktober 2020 | 16:30
Alex Hayden/House Beautiful

Kompor Merupakan Elemen Api, Ini yang Terjadi Jika Diletakan Dekat Ruang Tamu?

IDEAonline –Dapur, menurut Feng Shui, identik dengan bagian perut daritubuh manusia, yang letaknyaharus tersembunyi agar tidakmenimbulkan problem.

Memang benar, adaaturan di dalam Feng Shui bahwakompor jangan sampai terlihat daripintu masuk.

Penjelasan yang lebihrinci lagi yaitu, kompor—baik yangada di dapur maupun yang diletakkandi ruang makan—sebaiknya janganterlihat dari ruang tamu.

Jadi yangdijadikan perhitungan adalah bukankompor yang letaknya sebaris denganpintu masuk, tetapi pandangan yangdihasilkan dari ruang tamu, khususnyapada bagian pintu masuk.

Baca Juga: Beli Apartemen Secara Tunai, Dua Member BTS Ini Miliki Hunian Senilai Puluhan Miliar Rupiah!

Komposisi ini memang memilikinilai yang buruk dalam Feng Shui, sebab dapat menimbulkan beberapadampak berikut ini.

  • Kemerosotan rezeki.
  • Rasa iri yang besar dari pihak luar.
  • Amarah yang mengakibatkanhubungan suami istri tidakharmonis.
  • Berbagai godaan ataupenyelewengan.
Pembawa Api

Kompor merupakan elemenApi yang diartikan sebagai bentuksemangat dari kehidupan penghuni.

Sementara ruang dapur identik denganbagian perut dari tubuh manusia, yangletaknya harus tersembunyi agar tidakmenimbulkan problem, baik dari dalammaupun luar rumah.

Demikian pula dengan perapianyang diletakkan di ruang tamu, yangbiasanya ada di rumah-rumah daerahBarat yang mengalami empat musim.

Menurut Feng Shui tidak baik kalauperapian diletakkan di ruang tamu dan langsung terlihat dari pintu masuk.

Ini karena perapian identik dengankompor yang menyalakan api.

Rumah tropis sebaiknya tidakmembuat perapian di ruang tamu, karena akan menimbulkan dampakburuk bagi kehidupan, biarpunperapian yang dimaksud hanya sebagaidekorasi saja. Sebab, bentuk ini sudahmewakili “kompor yang terlihat daripintu masuk”.

Baca Juga: Warga Kaget Usai Lihat Api Besar Menyambar Rumah Berlantai Dua hingga Tewaskan Seorang Kakek, Penyebabnya Adalah Kompor Meledak!

Jadi, kalau mendesain interiordapur, pantry (dapur kering), maupunperapian di ruang keluarga, sebaiknyatidak terlihat dari pintu masuk. Dengan demikian pengaruh buruk bisadihindarkan.

Cara Pembetulan

Sajian Sedap
Sajian Sedap

Ilustrasi Kompor dengan bahan bakar gas LPG.

Kalau sudah terlanjur memilikidesain rumah dengan komposisi dapuryang terlihat dari ruang tamu, ada duacara pembetulannya.

• Apabila kompor ada di ruangdalam rumah, sebaiknya dibuatkanpenyekat yang letaknya di ruangtamu atau koridor ruang dalamrumah, agar kompor tidak terlihat. Penyekat ini bisa berupa partisi atau lemari yang masif, atau bisa jugadari tirai/gorden.

•Bila di ruang tamu ada perapian, sebaiknya perapian dipindahkandan ditiadakan, karena pengaruhburuk akan berlaku.

Lalu bagaimana dengan vila yangada di daerah pegunungan? Selamabangunan tersebut hanya berfungsisebagai tempat peristirahatan dantidak dijadikan rumah tinggal tetap, perapian atau kompor yang terlihatdari ruang tamu masih bisa ditoleransi. Tetapi alangkah baiknya kalau bisadiatur dengan menggunakan konsepyang lebih benar.

Benda PanasLainnya

Di samping kompor dan perapian, ada sejumlah benda yang dikategorikansebagai benda pembawa api yangpenempatannya harus diperhatikan.

Baca Juga: Sekarang Miliki Penghasilan Selangit Hingga Rela Tinggalkan Rumah Lamanya, Nenek Betrand Peto Ungkap Kesedihan Saat Melihat Cucunya Tampil di TV, Ini Alasannya

•Perapian atau pemanas itu terbuatdari alat elektronik, sepertimicrowave atau pemanas listrik.

Sejauh barang tersebut tidakmendominasi, biasanya tidak adamasalah. Khususnya untuk pemanasruang dari listrik (walaupun diIndonesia jangang dipakai), sebaiknya jangan menghadapkansemburan angin panasnyamengarah ke pintu.

•Mesin pendingin ruang atau ACdengan tipe split, blower-nya seringdiletakkan atau digantungkan dibagian depan rumah.

Peletakanblower AC tersebut paling baikjangan terlalu dekat dengan pintu, karena semburan udara panas yangdihasilkan dari mesin tersebut akanmenghalau Qi yang akan masuk kerumah. Letakkan blowerAC jauh dariarea pintu, dan kenyamanan hiduppun akan dimiliki.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 92

Editor : Maulina Kadiranti