Dana Terbatas? Ruang Terbatas? Tapi Tetap Mau Renovasi? Ini yang Bisa Dilakukan!

Jumat, 02 Oktober 2020 | 23:26
Tab RUMAH

Warna-warna berbeda yang dibuat untuk membatasi ruangan secara maya, agar ruangan yang mungil tidak terkesan sempit.

IDEAonline –IDEA lovers mau hunian mu serba bisa di ruang yang terbatas? Simak solusinya di sini.

Kasus

Pemilik rumah akan merenovasi sebuah rumah tipe 36 dengan luas tanah 136,5 m2. Bangunan yang ada sekarang terletak di lahan hoek, menghadap ke selatan dan barat.

Karena dana terbatas maka hanyaluas bangunan dan lahan belakang rumah saja yang ingin ia renovasi.

Rencananya ia akan menambah lebar kurang lebih 4 mdi samping kamar mandi yang akan ia fungsikan sebagai dapur, mencuci baju, dan menjemur yang kesemuanya ada di dalam rumah.

Bagaimana mengatur tata interiornya sehingga ruang tamu kelihatanlebih luas, karena pemilik rumah bermaksud memfungsikan ruang tamubersebelahan dengan ruang keluarga.

Baca Juga: 3 Hal Penting Harus Diperhatikan saat Membeli Perabot secara Online

Baca Juga: Gimanasih Caranya Menerapkan Gaya Kantilever pada Ambalan? Ini Dia!

Solusi

Dari permasalahan yang IDEA lovers kemukakan, saya membuat sebuahusulan sederhana yang mencobamenyatukan paling tidak tiga fungsidalam rumah mungil, seperti yang ia miliki saat ini ke dalam satu ruang serbaguna.

Mungkin sebutan ”serba guna” tidak kita dapat membaginya ke dalamtiga fungsi besar, ruang tamu, ruangkeluarga, juga ruang makan.

Perbedaanprinsip antara model ruang ini denganmodel ruang-ruang yang terdiri darifungsi-fungsi tertentu, terletak kepadapembatas antarruang.

Pada ruang serbaguna tidak dikenal pembatas antarfungsisecara fisik. Pembagiannya begituterbuka, sehingga beberapa aktivitaskeluarga bisa sekaligus berlangsungtanpa ada gangguan visual maupundalam berkomunikasi. Dalam konsepruang ini semua bergabung berinteraksidengan simultan.

Tab RUMAH

Ruang Serba Guna Di Rumah Mungil

Sebagai pembatas antarfungsi kitadapat memakai kelompok warna yangkelihatan terlalu bebas. Namun maksudsesungguhnya kurang lebih adalah ruangterbuka yang menerus, yang mewadahisekaligus beberapa fungsi ruang.

Baca Juga: Mau Membeli Rumah dengan Cara KPR? Begini Tipsnya

Baca Juga: 3 Hal Penting Harus Diperhatikan saat Membeli Perabot secara Online

Didalamnya kita dengan cukup leluasadapat membaginya menjadi satu fungsi, dua fungsi, ataupun tiga fungsi.

Selanjutnya, di dalam ruang serbaguna ini, sesuai kebutuhan IDEA lovers, paling berbeda. Misalnya untuk ruang tamukelompok warna hangat, merah darisofa, dan coklat muda pada dinding.

Kemudian warna yang lebih tenang darikelompok warna putih keabu-abuankita berikan kepada ruang keluarga, sementara warna-warna cerah hijausegar, kita balutkan pada kursi-kursiruang makan yang bermodel puff.

Meski kita tidak memperkenalkanpembatas antarruang secara fisik, antararuang makan dan ruang keluarga bisasaja kita berikan pembatas yang jugabersifat terbuka dan menerus secaravisual dalam bentuk meja dengan empattiang yang berkesan ringan.

Terakhir kita pilihkan elemen furniturebebas yang dengan mudah dapatdipindah-pindahkan tanpa kesulitan.

Denah

Jika satu saat membutuhkan ruangkeluarga yang lebih luas, kita tinggalmengatur ulang secara simpel dengancara menggesernya.

Baca Juga: Mudah Berbaur dan Miliki Jiwa Sosial yang Tinggi, Tahu Enggak Sih Gaya Interior yang Cocok untuk Libra?

Jika seluruh elemenfurnitur kita geser ke sisi pinggir makaterciptalah satu ruang yang cukup besardi tengahnya. Demikian kiranya usulan yang dapatsaya berikan, semoga bermanfaat.

Selamat mencoba!

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 93

Editor : Maulina Kadiranti