Trik Sederhana Atasi Pencemaran Air di Rumah dari Limbah, Greywater Berkurang!

Jumat, 02 Oktober 2020 | 23:31
Daily Sabah

Trik Sederhana Atasi Pencemaran Air di Rumah dari Limbah, Greywater Berkurang!

IDEAonline –Selain sisa deterjen, rumah tanggajuga mengasilkan limbah dari dapurdan limbah bekas mandi. Limbahini dikenal dengan nama greywateratau limbah non kakus.

Rumah tanggamenghasilkan pula limbah kotoranmanusia, yang dikenal dengan namablackwater.

Beberapa ahli sanitasimenambahkan satu kategori lagiuntuk limbah tetesan AC dan kulkassebagai clearwater.

Dalam kehidupansehari-hari, clearwater umumnyatidak berjumlah banyak, terutama dari kulkas, sehingga sulit diolah untukdimanfaatkan kembali.

Berbeda dengan blackwater, greywater ini tidak dapat dibuangke septic tank, karena kandungandeterjen dapat membunuh bakteri pengurai yang dibutuhkan di septictank.

Karena itu, diperlukan suatupengolahan khusus yang dapatmenetralisir kandungan deterjen danjuga menangkap lemak.

Baca Juga: Begini Trik Hilangkan Gosong di Panci Hingga Atasi Semut dengan Bubuk Vanila!

Baca Juga: Dana Terbatas, Ruang Terbatas Tapi Tetap Mau Renovasi? Ini yang Bisa Dilakukan!

Cara yang paling sederhanamengatasi pencemaran greywateradalah dengan menanami selokandepan rumah dengan tanaman airyang bisa menyerap zat pencemar.

Tanaman yang bisa digunakan antaralain jaringao, Pontederia cordata (bungaungu), lidi air, futoy ruas, Thypaangustifolia (bunga coklat), melatiair, dan lili air.

Cara ini sangat mudahnamun hanya bisa menyerap sedikitzat pencemar dan tak bisa menyaringlemak dan sampah hasil dapur yangikut terbuang ke selokan.

Cara yang lebih efektif adalahdengan membuat suatu instalasipengolahan yang sering disebut denganSPAL (sistem pengolahan air limbah).

Baca Juga: Mudah Berbaur dan Miliki Jiwa Sosial yang Tinggi, Tahu Enggak Sih Gaya Interior yang Cocok untuk Libra?

Baca Juga: Warga Kaget Usai Lihat Api Besar Menyambar Rumah Berlantai Dua hingga Tewaskan Seorang Kakek, Penyebabnya Adalah Kompor Meledak!

Tab RUMAH

Instalasi pengolahan limbah greywater sederhana.

Caranya gampang; bahan yangdibutuhkan adalah bahan yang murahmeriah, sehingga rasanya tak sulit untukmenerapkan instalasi ini di rumah Anda.

Instalasi SPAL terdiri dari duabagian, yaitu bak pengumpuldan tangki resapan. Di dalam bakpengumpul terdapat ruang untukmenangkap sampah yang dilengkapi dengan kasa 1 cm2, ruang untukpenangkap lemak, dan ruang untukmenangkap pasir.

Tangki resapan dibuat lebih rendahdari bak pengumpul agar air dapatmengalir dengan lancar.

Di dalamtangki resapan ini terdapat arangdan batu koral yang berfungsi untukmenyering zat-zat pencemar yang adadalam greywater.

Baca Juga: Mau Membeli Rumah dengan Cara KPR? Begini Tipsnya

Baca Juga: Mudah Berbaur dan Miliki Jiwa Sosial yang Tinggi, Tahu Enggak Sih Gaya Interior yang Cocok untuk Libra?

Beberapa kompleks perumahan dan hampersemua apartemen telah memilikiinstalasi pengolah limbah greywateryang canggih dan modern.

Greywateryang telah diolah akan digunakan lagiuntuk menyiram tanaman, mengguyurkloset, dan untuk mencuci mobil. DiSingapura dan negara-negara maju, greywater bahkan diolah lagi menjadiair minum.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 92

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya