Dari Manakah Virus Corona Berawal? Amerika Tuduh Cina Dalang Dibalik Pandemi Ini hingga Inginkan Penyelidikkan Internasional, Diplomat Beijing: Saya Tidak Setuju

Jumat, 02 Oktober 2020 | 14:30
kompas.com

Bendera Cina

IDEAonline - Virus corona atau yang juga dikenal sebagai covid-19 saat ini menjadi bencana besar bagi dunia.

Virus yang tercatat telah menginfeksi jutaan orang di hampir 200 negara di seluruh belahan dunia disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar di Kota Wuhan, China.

Teori mengejutkan mengklaim bahwa virus, secara resmi dikenal sebagai SARS-CoV-2, berasal dari institut, yang memiliki laboratorium berlantai empat dengan tingkat keamanan hayati tertinggi P4.

Teori tersebut diperkuat dengan ditemukannya foto-foto langka yang berasal dari sebuah laboratorium di China.

Di mana diduga laboratorium ini merupakan awal mula tentang pandemi Covid-19.

Dilansir dari dailymail.co.uk pada Minggu (19/04), foto-foto tersebut berasal dari dalam Institut Virologi rahasia di Wuhan.

Baca Juga: Jangan Diulang Mulai Hari Ini, Alat Kecil Ini Bisa Jadi Sumber Infeksi Covid-19 di Kamar Mandi, Ahli Sudah Berikan Peringatan!

Baca Juga: Kenali Perbedaan Efek Samping Vaksin, Dengan Gejala Covid-19 Sebagai Upaya Antisipasi!

Dari foto terlihat ada sebuah pintu kulkas yang segelnya rusak.

Padahal kulkas tersebut digunakan untuk menampung 1.500 sampel dari jenis virus yang berbeda.

Termasuk sampel virus corona yang berasal dari kelelawar.

Fakta menariknya, foto-foto tersebut pertama kali dirilis oleh surat kabar China Daily milik negara pada tahun 2018. Yah, dua tahun lalu.

Padahal infeksi virus corona terjadi di akhir tahun 2019 hingga April 2020 ini.

Baca Juga: Ayo Jangan Sampai Mengalami Ini! WHO Sebut 2 Golongan Paling Beresiko Terkena Covid-19 Setelah Vaksin

Baca Juga: Pengelola Bangunan Harus Tahu, Perangkat UV-C Upper Cegah Penularan Covid-19 Melalui Udara di Dalam Gedung

China Daily

segel rusak di laboratorium Wuhan

Dengan berita ini, para menteri dilaporkan takut bahwa pandemi ini dimulai sebagai akibat dari rusaknya segel tersebut.

Namun dilansir dari Kompas.com, Pemerintah China menolak adanya penyelidikan internasional untuk mengungkap asal usul virus corona yang tengah menjangkiti dunia.

Diplomat Beijing di Inggris, Chen Wen, mengatakan permintaan itu menurutnya bernuansa politis, dan tidak akan mengalihkan upaya mereka memerangi wabah.

Informasi mengenai virus corona dan bagaimana penyebarannya jelas akan membantu dunia dalam menemukan solusi untuk mencegah penyebarannya.

Berkembang sejak akhir Desember 2019, virus yang membawa penyakit Covid-19 itu diyakini berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan.

Baca Juga: Inilah Waktudan Cara Yang Tepat Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri dan Dinyatakan Sembuh

Baca Juga: Pilih Isoman di Rumah Saja? Ini Syarat Minimal Desain Rumah Yang Aman

Namun, sejumlah negara Barat seperti Amerika Serikat (AS) menuding China sengaja menyebarkan informasi tidak benar mengenai pandemi itu.

Blok Layanan Aksi Eksternal menyatakan, Beijing dan juga Rusia sengaja menargetkan "narasi konspirasi" terhadap negara Uni Eropa dan tetangganya.

Presiden AS Donald Trump berulang kali melancarkan serangan, mulai dari mempertanyakan data yang diumumkan hingga memperingatkan "konsekuensi serius".

Sementara Negara Bagian Missouri di AS melayangkan gugatan kepada Negeri "Panda" karena dianggap bertindak lamban dalam menangkal wabah.

Adapun para ilmuwan menepis teori konspirasi yang berkembang bahwa patogen tersebut merupakan hasil pengembangan laboratorium di Wuhan.

Apa yang jadi keberatan China?

Kompas.com
SHUTTERSTOCK/creativeneko

Ilustrasi virus corona baru penyebab Covid-19.

Sejak wabah terjadi, sejumlah negara sudah menyerukan agar diadakan penyelidikan internasional agar masuk ke China, dan meneliti bagaimana virus berkembang.

Pada Kamis (23/04), Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan bakal membawa isu ini ke pertemuan tahunan Dewan Kesehatan Dunia.

Dilansir BBC Jumat (24/04), pertemuan induk Badan Kesehatan Dunia (WHO) itu bakal diadakan Mei, dengan Australia merupakan salah satu anggota eksekutif.

Baca Juga: Hati-Hati, Menurut Laporan di China, Covid-19 Rupanya Bisa Ditularkan Melalui Makanan Beku

Organisasi itu sendiri sebelumnya sudah mulai mengembuskan diskusi mengenai peninjauan "apa yang sudah dipelajari" dari masa darurat ini.

Tetapi Chen sudah menekankan bahwa negaranya tidak akan setuju dengan investigasi itu.

"Semuanya bermotif politik," tegas dia.

Dia menuturkan bahwa upaya dunia menyelidiki mereka hanya akan membagi fokus dan sumber daya di tengah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Tips Untuk Orang Tua Saat Mempersiapkan Anak Menerima Vaksinasi Covid-19

"Jelas-jelas ini bermuatan politik. Saya pikir tidak akan ada yang setuju dengan ini. Tidak akan memberikan hasil baik," kilahnya.

Dia menjelaskan, yang paling berbahaya adalah begitu banyaknya disinformasi mengenai asal usul virus Covid-19, dan sama berbahayanya dengan pandemi itu sendiri.

Artikel ini telah tayang di Gridstar.id dengan judul Dituding Amerika Serikat Jadi Dalang di Balik Covid-19 yang Mewabah Dunia, China Justru Tolak Mentah-Mentah Penyelidikkan Internasional untuk Ungkap Asal-muasal Virus Corona, Ini yang Jadi Tanda Tanya Besar!

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : GridStar.ID

Baca Lainnya