Jangan Basmi Ngengat, Serangga Ini Berperan Penting dalam Penyerbukan Bunga

Minggu, 04 Oktober 2020 | 08:00
Kompas.com

Ilustrasi ngengat, serangga ini membantu penyerbukan bunga di malam hari.

IDEAOnline-Banyak orang sebal dengan ngengat, serangga yang mirip kupu-kupu yang suka terbang dan menempel pada orang.

Tak sedikit orang yang ingin membasmi serangga yang biasanya muncul di malam hari.

Sebuah penelitian baru menunjukkan ngengat memiliki peranan penting bagi penyerbukan tanaman, terutama di malam hari.

Makalah penelitian yang diterbitkan di jurnal Biology Letters menemukan bukti, ngengat memiliki peran vital yang seringkali diabaikan dalam penyerbukan bunga dan tanaman.

" Ngengat nokturnal melengkapi pekerjaan penyerbukan di siang hari, membantu menjaga populasi beragam tumbuhan," ujar Richard Walton, ilmuwan lingkungan di University College London dan penulis utama studi ini, seperti dilansir dari CNN, Senin (18/5/2020).

Walton menambahkan serangga ini juga menyediakan cadangan keanekaragaman hayati alami.

Keberadaan serangga ini juga dibutuhkan oleh lebih banyak spesies tumbuhan dan hewan, di antaranya seperti burung dan kelelawar.

Populasi serangga penyerbuk menurun Tim dari University College London (UCL) mencatat, lebah, tawon, kupu-kupu dan hoverflies menjadi koloni serangga penyerbuk di siang hari.

Serangga-serangga ini mengunjungi berbagai spesies bunga yang berbeda.

Baca Juga: Punya Kekuatan Mistis Positif sebagai Pembawa Rezeki, Yuk Kenali Aneka Bentuk Bunga dan Daun Adenium

Kompas.com
Kompas.com

Ilustrasi lebah menghisap nektar pada bunga.

Membandingkan data hasil pengamatan dengan yang dilakukan ngengat, serangga ini membawa serbuk sari dari lebih banyak spesies bunga dan menyerbuki bunga dalam waktu semalam.

Studi ini dilakukan saat populasi ngengat di dunia menghadapi penurunan yang parah.

Temuan ini sangat penting mengingat spesies lebah juga menghadapi kondisi yang sama, yakni penurunan populasi.

Apabila spesies lebah atau kupu-kupu tertentu menghilang dari lanskap, kata Walton, ngengat berpotensi mengisi celah penyerbukan, di mana ini sangat penting bagi ekosistem yang sehat.

"Ketika kita menyadari bahwa mereka adalah kontributor penting bagi proses penyerbukan, menjadi lebih penting untuk melindungi populasi ngengat karena kita mungkin menempatkan diri kita dalam risiko," tulis Walton.

Penurunan populasi serangga yang dramatis memberi efek negatif yang kuat terhadap hasil tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh serangga.

" Ngengat nokturnal, yang memiliki lebih banyak spesies dibandingkan lebah, telah diabaikan oleh penelitian penyerbukan," kata Dr. Jan Axmacher dari UCL, seperti dilansir dari Phys.org.

Studi ini menyoroti agar ngengat dapat dikategorikan sebagai pendukung penting dalam manajemen pertanian dan strategi konservasi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Pecinta Bunga, Begini Cara Menikmati Tulip Mekar di Keukenhof Saat Pandemi

Kompas.com
Kompas.com

Ilustrasi ngengat, serangga ini membantu penyerbukan bunga di malam hari.

Ngengat mengunjungi lebih banyak tanaman

Penelitian ini dilakukan selama musim tanam (Maret-Oktober) pada tahun 2016 dan 2017 di kawasan pertanian di Norfolk, Inggris timur.

Berdasarkan pengamatan, peneliti menemukan dari 838 ngengat yang diambil sampel serbuk sarinya, sebanyak 381 ngengat ditemukan mengangkut serbuk sari dari 47 spesies tanaman yang berbeda.

Tujuh spesies tanaman di antaranya terdeteksi adalah tanaman yang jarang dikunjungi lebah, hoverflies maupun kupu-kupu.

Sedangkan dari penyerbukan di siang hari, 632 lebah, tawon, hoverflies dan kupu-kupu mengunjungi 45 spesies tanaman.

Sedangkan sebanyak 1.548 lebah sosial mengunjungi 46 spesies tanaman untuk membantu membawa serbuk sari dalam penyerbukan.

Walton mengatakan lebah memang dikenal sebagai serangga penyerbuk super, sebab serangga ini secara istimewa menargetkan sumber nektar dan serbuk sari yang paling produktif.

"Ngengat mungkin tampak sebagai serangga penyerbuk yang kurang efektif, tetapi keanekaragaman dan kelimpahannya yang tinggi membuat mereka kritis terhadap penyerbukan bunga," jelas Walton. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul Bantu Penyerbukan Bunga, Ini Peran Penting Ngengat di Malam Hari

#berbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas