Terlalu Banyak Radiasi Matahari pada Hunian pun Tidak Bagus, Ini Kata Ahli

Selasa, 06 Oktober 2020 | 15:30
Dok. IDEA

Terlalu Banyak Radiasi pada Hunian pun Tidak Bagus, Ini Kata Ahli

IDEAonline –Tinggal di negara tropis yang terus disinari matahari sepanjangtahun, sulit bagi kita untuk bisa terhindar dari radiasi yang dipancarkansang surya.

Tapi kita bisa meminimalisirnya dengan beragam cara. Salahsatunya adalah dengan meletakkan ruangan secara tepat.

Baca Juga: Siapkan Irisan Lemon di Samping Kasur Sebelum Tidur, Bisa Hilangkan Stres Hingga Kamar Lebih Segar

Baca Juga: Nikahi Pria Asal Malaysia dan Tinggal di Negeri Orang, Puteri Indonesia 2013 Buktikan Tetap Cinta Indonesia, Ini Huniannya yang Sekarang

Menurut Tri Harso Karyono (arsitek dan dosen pascasarjanaUniversitas Trisakti, Jakarta), arah sinar matahari bisa dijadikan pedomanuntuk menentukan di mana ruangan sebaiknya diletakkan.

Arah-arahini berpengaruh pada cahaya matahari yang akan diterima oleh sebuahruangan. Radiasi matahari tidak hanya bisa masuk ke dalam ruangan melaluijendela, ventilasi, atau bukaan-bukaan lainnya.

Radiasi bisa juga masukmelalui rute lain, misalnya dinding dan atap. Panas yang dibawamatahari diserap oleh kedua bidang itu dan kemudian dilepas ke dalamruangan.

Itu sebabnya ruangan yang dindingnya terkena sinar mataharisepanjang hari, akan terasa panas pada sore dan malam hari.

Perletakan ini penting terutama pada ruang-ruang yang dindingnyabebas, alias tidak berdempetan dengan tetangga.

Baca Juga: Pindah Rumah ke Bali, Jessica Iskandar Tiba-tiba Singgung Soal Perselingkuhan di Instagram Pribadinya? Kenapa?

Baca Juga: Tak Lagi Jadi Permaisuri di Angling Darma, Ternyata Jill Carissa Kini Tinggal di Aussie, Ini Bocoran Isi Rumahnya

Tenggara sampai Timur Laut

Ruang tidur butuh sinar matahari pagi agarruangan tak lembab. Namun sinar yang terlalubanyak akan membuatruangan jadi panas.

Sinarmatahari pagi (sekitarjam 6.00 - 10.00) belumbanyak mengandungradiasi. Sinar ini masihbaik untuk kesehatan danbisa juga membangunkankita di pagi hari.

Karenanya, ruang tidurpaling cocok berada disisi yang terkena mataharipagi. Sisi tenggara-timurlaut tidak menerima panaspada sore hari sehinggapada malam hari kita bisaistirahat dengan nyaman.

Utara-Selatan

Sisi sebelah utara dan selatanmerupakan sisi yang “adem” sehingga bisadigunakan untuk ruang-ruang yang cendrungmengeluarkan panas seperti ruang computeratau dapur.

Baca Juga: Tak Hanya Sebabkan Insomnia, Parahnya Kebiasaan Letakan Ponsel di Bawah Bantal Dapat Pengaruhi Jumlah Sperma!

Sisi ini juga cocok untukmeletakkan ruang tidur atau ruang keluargadi sini, dengan catatan bukaannya tidakmenghadap ke barat.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 73

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya