Ingin Menata Ruangan Berukuran 4x6? Bisa Dijadikan Ruang Tamu Hingga Ruang Makan Lho!

Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:25

Ilustrasi ruang makan.

IDEAonline –IDEA lovers mungkin terkadang bingung mau menempatkan perabot yang seperti apa di rumah. Ditambah ruangan yang tidak terlalu besar.

TANYA

Saya baru saja membeli rumah. Karena dana pas-pasan, makarumah yang saya beli punberukuran kecil, sehingga ruang-ruangyang ada juga relatif kecil.

Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana menata ruanganberukuran 4 m x 6 m, yangakan difungsikan sebagai ruangtamu/keluarga, ruang makan, dan dapur?

Sebagai tambahaninformasi, saya tidak suka perabotyang berukir-ukir karena akanberkesan berat dan penuh. Lalu, perabot model apa yang sebaiknyasaya gunakan?

Terima kasih atas bantuannya.

Solusi

Kondisi ruanganIbu yang berukuran 4 m x 6 m, padadasarnya dapat ditemui di hampir semuajenis rumah mungil.

Kalau kita perhatikandenah rumah standar pengembang, makaurutan fungsi rumah khususnya areaumum atau publik dimulai dari ruangtamu yang kadangkala sekaligus berfungsisebagai ruang keluarga.

Kemudiandiikuti dengan fungsi ruang makan yangkadangkala disatukan dengan fungsidapur.

Nah, sebelum mencoba menataruangan tersebut, berikut beberapapertimbangan yang dapat dilakukan.

Langkah Ibu Liliana untukmenggabungkan fungsi ruang tamudengan ruang keluarga sudah tepat.

Tab RUMAH

Di ruang ini ada 2 zoning, yaitu ruang tamu/keluarga dan ruang makan/dapur.

Kondisi umum keluarga muda, di manasuami-istri sibuk bekerja, berada di rumahsepanjang hari hanya pada akhir pekan, juga jarang sekali menerima tamu kecualibeberapa teman dekat, membuat aktivitasdi ruang tamu biasanya rendah.

Dengandemikian ruang tamu dapat digabungkansaja dengan ruang keluarga. Ruang makan, bagi banyak keluargabiasanya justru menjadi pusat kegiatankeluarga. Anggota keluarga berkumpul disana tidak hanya makan malam bersama.

Namun setelah itu ruang tersebut dapatjuga sekaligus difungsikan sebagai ruangkerja, ruang baca, atau ruang belajaranak-anak, dan juga tempat untukmenghidangkan makanan dan minumanringan.

Dapur masa kini kondisinya relativesudah bersih. Selain keluarga muda padaumumnya tidak melakukan aktivitasmemasak yang terlalu berat, peralatandapur masa kini juga sangatlah praktisdan bersih; sebut saja ada komporgas, microwave, rice cooker, dan lain

sebagainya. Dengan demikian fungsidapur dapat disarankan untuk disatukandengan fungsi ruang makan.

Setelah kita tengok beberapafungsi di atas, maka pada ruangan yangberukuran 4 m x 6 m di atas, paling tidakkita akan membaginya menjadi dua areabesar atau sering disebut sebagai zoning.

Tab RUMAH

Pembagian ruang pada alternatif 2 ini dilakukan dengan sirkulasi jalan.

Zoning pertama adalah kelompok ruangtamu dan keluarga, dan zoning keduaadalah ruang makan/kerja dan dapur.

Pembagian zoning dapat kita lakukanpaling tidak dengan dua alternatif, tergantung pada posisi pintu masuk ataupintu keluar ruangan.

Alternatif satudengan membaginya berurutan daridepan ke belakang tanpa dipisahkan sirkulasi jalan.

Sementara alternativekedua membagi kedua zoning tersebutdengan dibatasi sirkulasi jalan. Tengoksaja gambar-gambar berikut, dansilakan mencoba!

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 72

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya