Letak Pintu Utama yang Berhadapan dengan WC Bisa Berdampak Buruk, Mulai dari Rasa Tidak Nyaman bahkan Musibah Perampokan

Jumat, 04 Desember 2020 | 13:00
freshome.com

Letak Pintu Utama yang Berhadapan dengan WC Bisa Berdampak Buruk, Mulai dari Rasa Tidak Nyaman bahkan Musibah Perampokan

IDEAonline –Walaupun letakWC sudah diatursedemikian rupa, apabila posisipintu WC tersebutmengarah kepintu depan, makakomposisi inidianggap berpotensimerugikan penghuni.

WC dan kamar mandi, dalampenjabaran Feng Shui yang bersifatfilosofis, diibaratkan sebagai dubur daritubuh manusia.

Baca Juga: Ungkap Tabiat Sang Istri di Rumah Padahal Baru Menikah 2 Bulan, Indra Priawan: Jangan Pernah Buang Apapun di Meja Ini

Baca Juga: Tips Khusus Anak Saat Gunakan Toilet Umum, Tetap Sabar dan Jangan Biarkan Anak Sentuh Apapun

Karenanya, area itu palingcocok diletakkan di bagian belakang.

Dalam penjabaran Feng Shui, komposisiWC masih harus diteliti keterkaitannyadengan berbagai aturan tata ruangyang ada di lingkungan rumah tersebut.

Walaupun letak WC sudah berada di sudutbelakang, tetapi apabila posisi kloset danpintu WC tersebut mengarah ke luar/jalanraya, maka komposisi ini akan dinilai salahdan merugikan penghuni.

Dilansir dari Tabloid RUMAH edisi 72,sering ditemukan pintu WCberhadapan langsung dalam satu garis lurus dengan pintu utama. Sepintas, kondisi ini kelihatannya cukup aneh.

Tetapi memang ada tata ruang yangdemikian. Sebagian besar kasus tersebutditemukan pada apartemen atau rumahyang memiliki void di ruang tamudengan WC yang ada di lantai 2, ataurumah sederhana yang ukurannya sangatterbatas.

Sering Kecurian

Nilai Feng Shui untuk posisi pintuutama yang berhadapan dengan pintuWC ini sangat buruk, bahkan nilainyaserupa dengan rumah yang berhadapanlangsung dengan WC umum.

Mayoritaspenghuni rumah sering mengalamimusibah penipuan.

Pada kasus yang lebihberat, bahkan ada yang menjadi korban perampokan atau pencurian.

Di Semarang, pernah ada rumah yang sudah 9 kalikemasukan pencuri. Penulis juga pernahmenemukan rumah di Surabaya yangdikunjungi tamu tak diundang itu sampai11 kali.

Bagi orang awam, sepintas fenomenaFeng Shui ini sangat tidak masuk akal. Apahubungan pencurian dengan tata letakWC dan ruang lainnya?

Tetapi pembacayang awam Feng Shui perlu mengetahui, bahwa ada hubungan yang jelas antarabentuk bangunan dengan perilakupenghuni.

Ini karena keduanya memilikenergi yang saling mempengaruhi dansemua aksi tentunya akan menimbulkanefek.

Baca Juga: Tak Malu Letakan Benda Ini di Dapur Seharga Rp 1 Miliar, Begini Isi Kediaman Nikita Willy Setelah Menikah, Mirip Hotel!

Baca Juga: Dari Cangkang Telur hingga Air Rebusan Beras, Ternyata Beberapa Sampah Dapur Bisa Bikin Tanaman Makin Subur, Apa Saja?

Dalam filosofi Feng Shui, ini disebutsebagai dampak hubungan makrokosmosdan mikrokosmos.

Tab RUMAH

Nilai Feng Shui untuk posisi pintu utama yang berhadapan dengan pintu WC ini sangat buruk, bahkan nilainya serupa dengan rumah yang berhadapan langsung dengan WC umum.

Rasa Tidak Nyaman

Baca Juga: Terungkap, Begini Cara Hadirkan Ruang TV, Ruang Keluarga Bahkan Dapur dan Ruang Makan Sekaligus

Dari segi etika, pintu utama rumahyang langsung berhadapan dengan pintuWC atau WC yang terlihat langsung dariruang tamu, menimbulkan rasa tidaknyaman bagi kedua belah pihak, baiktamu maupun pengguna WC.

Komposisiini, selain memberikan kesan yang tidaknyaman, juga tidak etis, bahkan dapatmempermalukan pemilik rumah. Pemilikrumah dapat menciptakan kesan negativedi hadapan tamunya.

Mungkin, bagi tamulainnya kondisi ini dapat memperkeruh pikiran untuk melakukan tindakan yangkurang benar terhadap pemilik rumah.

Mengapa Terjadi?

Baca Juga: Trik Maksimalkan Perabot yang Ada, Ini Dia Desain Rak Ajaib yang Bisa Satukan Dapur dan Ruang Tv!

Baca Juga: Ungkap Tabiat Sang Istri di Rumah Padahal Baru Menikah 2 Bulan, Indra Priawan: Jangan Pernah Buang Apapun di Meja Ini

Dari berbagai peristiwa yang penulisteliti mengenai akibat yang terjadi darikomposisi di atas, ada 2 hal yang menarikuntuk dirangkum.

1. Pencuri, perampok, atau penipuyang akan mencari korban biasanyamembekali diri dengan berbagaimantera atau jimat agar saatmelakukan aksi jahatnya, jiwanyaterlindungi.

Rumah dengan letakWC yang salah, dalam Feng Shuimemancarkan aura yang buruk pula, sehingga mudah dideteksi oleh “ilmu” mereka.

Sementara itu, bangunan yangtata ruang Feng Shui-nya benar akanmemancarkan aura yang lebih baik, dan biasanya akan membuat seseorangmengurungkan maksud jahatnya.

2. WC dalam penjabaran Feng Shui merupakan sumber dari Sha Qi/energi jahat yang menghancurkan hawarezeki.

Ketika pintu utama berhadapanlangsung dengan pintu WC, maka secaraotomatis energi Shen Qi/energi rezekimasuk ke WC dan musnah.

Ini tentumengakibatkan kehidupan penghuniselalu dirundung kesulitan ekonomi.

Ini Pembetulannya!

Selama tata ruang yang salahtersebut tidak diperbaiki, maka hawarezeki yang baik sulit dimiliki penghuni.

Cara pembetulannya adalah sebagai berikut.

  • Paling ideal, letak WC/kamarmandi dipindahkan ke sisi lain, sehingga tidak tampak dari pintuutama.
  • Kalau karena suatu sebab kamarmandi tidak bisa dipindahkan, palingtidak pintu WC yang berhadapanlangsung dengan pintu utamadiubah ke arah lain. Gunakanpenyekat ruang untuk dijadikanpenghalang di antara pintu utamadan ruang WC.
#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya