Cantik Sebagai Peneduh Pergola, Ini Dia Jenis Tanaman Rambat yang Cocok Buat Hiasi Rumahmu!

Senin, 14 Desember 2020 | 19:06
tnr

Tanaman dengan nama latin Pyrostegia venusta mempunyai bunga bewarna oranye dan berbentuk seperti tanaman stefanot.

IDEAonline –Saat ini, tanaman rambat banyakdigunakan orang sebagai naungan ataupeneduh pergola.

Cara tumbuhnya yangmerambat dan bercabang dari titikpenanamannya, membuat tanaman inilama kelamaan akan menutupi pergola.

Kelebihan lainnya adalah tanaman rambatmempunyai bunga yang cantik. Karena jenis tanaman rambat banyak, maka sebelum memilihnya Anda harusmengetahui sifat tanaman tersebut.

Salah satu sifat yang perlu Anda ketahuiadalah apakah tanaman tersebut akarnyabisa melekat langsung pada bidang yangdirambatinya atau tidak.

Kali ini, IDEAakanmemberikandua contoh tanamanrambat yang dapat menjadi pilihan Idea Lovers.

Pasiflora

Tanaman yang mempunyai nama latin Passiflora sp. merupakan tanaman rambat dengan bunga yang unik karena memiliki lima helai mahkota, lima kelopak, lima benang sari, dan tigatangkai putik.

Dimensi bunganya memiliki diameter sekitar 5 cm. Hal inilah yang menjadi cirikhas tanaman pasisflora.

istimewa

Passiflora coccinea

Adalah Jacomo Bosio in Rome yang berhasil pertama kali menemukan pasiflora di Amerikabagian Selatan pada tahun 1609.

Setelah itu, pada tahun 1745 beberapa spesies pasifloradiklasifikasikan oleh Linnaeus dan hasilnya didapatkan 22 spesies pasiflora.

Baca Juga: Kini Berhasil Disayang Raffi Ahmad Bahkan Mau Diberikan DP Apartemen, Ternyata Hunian Asli Milik Dimas Ahmad Tampak Sederhana, Ini Penampakannya!

Baca Juga: Dibangun Hanya dengan Dana Dibawah 200 Juta, Intip Cara Arsitek Masukan Cahaya Matahari ke Kamar Seluas 4 M X 3M

istimewa

Passiflora violaceae

Saat ini spesies pasiflora jumlahnya ada sekitar 500-an. Beberapa spesies pasiflora yangbisa Anda pilih di antaranya Passiflora coccinea, Passiflora violaceae, dan Passiflora caerulea.

istimewa

Passiflora caerulea

Passiflora coccinea atau sering disebut dengan pasiflora bunga merah adalah spesiesyang banyak berkembang di negara tropis seperti di Indonesia.

Ciri khas tanaman dari AmerikaSelatan ini adalah batangnya mempunyai bulu halus dan daunya berbentuk oval dengan bagiantepi yang bergerigi.

Stefanot

Baca Juga: Angka Kecelakaan di Kamar Mandi Capai 75 Persen, Ternyata Sudut Ini Jadi Tempat Paling Rawan Kecelakaan, Ganti Material yang Aman

Baca Juga: Bongkar Masa Lalunya, Artis Kondang Ini Sempat Jalan Puluhan Meter untuk Gunakan Kamar Mandi Umum bahkan Harus Nimba Dulu

Nama latin tanaman ini adalahStephanotis sp. Nama stephanotis merupakannama dari gabungan dua kata; stephonos yangberarti mahkota dan otos yang berarti telinga.

Bila digabungkan, arti stephanotis adalahmahkota yang “bertelinga”. Secara fisik, tanaman ini memiliki bunga dengan mahkotaberjumlah lima yang mirip seperti “telinga”.

istimewa

Stephanotis floribunda merupakan spesies yang banyak digemari

Ada beberapa spesies stephanotis yangberkembang saat ini seperti Stephanotisacuminata, Stephanotis floribunda, Stephanotis isaura, dan Stephanotis thouarsiyang berasal dari Madagaskar; Stephanotisnana dan Stephanotis yunnanensis dariChina; Stephanotis japonica dan Stephanotislutchuensis dari Jepang.

Dari semua spesies tersebut, Stephanotisfloribunda merupakan spsesies stefanot yangbanyak digemari. Spesies ini memiliki ciribunga yang bewarna putih.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 72

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya