Mencari Tahu Tanaman Rambat yang Bisa Dijadikan Pemanis Otdoormu, Mulai dari Nona Makan Sirih, Cari Tahu yang Lain!

Senin, 02 November 2020 | 18:00
istimewa

Nona Makan Sirih

IDEAonline –Tanaman rambatdibagi menjadi 2 golongan. Pertamaadalah tanaman rambat yang merambatdengan sendiri tanpa bantuan mediaperambatan karena mempunyai akar yangbisa melekat.

Tanaman ini sering disebutdengan tanaman liana. Dan kedua adalahtanaman rambat yang perambatannyadisengaja, sehingga diperlukan mediabantu perambatan dari kawat atau bahanyang lain.

Tanaman ini disebut dengantanaman rambat perdu. Kali ini,kami akanmemberikan contoh tanamanrambat.

Baca Juga: Sempat Jadi Wanita Pujaan Ariel Noah, Ternyata Artis Ini Bongkar Kejadian Memalukannya Saat di Atas Kasur, Maluk Banget!

Baca Juga: Tak Keluar Kamar Seharian, Maia Estianty Kaget Pergoki Tisu Berserakan di Kasur Putra Bungsunya, Ternyata Baca Buku Ini!

Nona Makan Sirih

Dilihat dari fisiknya, tanaman NonaMakan Sirih atau Clerodendrum thomsoniaemirip dengan tanaman sirih, terutamabentuk daunnya.

istimewa

Nona Makan Sirih

Namun, ada bedanyayaitu tanaman rambat ini mempunyaibunga dengan kelopak bewarna putih danmahkota bewarna merah.

Nona makan sirih yang berasal dariAfrika Selatan ini akan tumbuh dengan baikbila tanahnya gembur dan terkena sinarmatahari.

Menurut Balai Jaringan InformasiIlmu Pengetahuan dan Teknologi, daunnona makan sirih bisa digunakan untukmenyembuhkan radang selaput gendangtelinga pada anak-anak.

Baca Juga: Temukan di Sebelah Kasur, Istri Ruben Onsu Ketahuan Catat Menu Bekal Makanan Sang Suami di Benda ini, Kebiasannya Unik Banget!

Thunbergia

Ciri khas tanaman yang mempunyai namalatin Thunbergia sp. adalah mempunyai bunga yangbewarna-warni.

Thunbergia merupakan salah satugenus dari tanaman bunga famili acanthaceae yangditemukan di daerah Afrika, Madagaskar, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

istimewa

Thunbergia alata

Saat ini terdapat beberapa spesies thunbergia, di antaranya adalah Thunbergia alata, Thunbergiacoccinea, Thunbergia erecta, Thunbergia fragrans, Thunbergia grandifl ora, Thunbergia gregorii, Thunbergia laurifolia, dan Thunbergia mysorensis.

istimewa

Thunbergia_mysorensis.

Dari beberapa spesies tersebut, dua spesies yangbanyak dijumpai yaitu Thunbergia mysorensis yangkerap disebut dengan nama clockvine dan Thunbergiagrandiflora.

Baca Juga: Tak Keluar Kamar Seharian, Maia Estianty Kaget Pergoki Tisu Berserakan di Kasur Putra Bungsunya, Ternyata Baca Buku Ini!

istimewa

Thunbergia grandiflora

Kedua spesies thunbergia ini mempunyaipersamaan ciri yaitu bunganya menjulur ke bawah.

Ciri khas Thunbergia grandiflora yang lain adalahbunganya bewarna putih tetapi di bagian tengahnyabewarna kekuning-kuningan.

Namun ada juga yangbunganya bewarna putih sedikit keungu-unguan.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 72

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya