Enggak Hanya Atap, Meja Juga Bisa Dipasang Kantilever, Yuk Begini Caranya!

Senin, 12 Oktober 2020 | 18:04
tab RUMAH

Meja dari plat beton permukannya sebaiknya ditutup dengan bahan keramik karena ringan dan mudah dibersihkan.

IDEAonline –Meja makan dari beton dengan struktur melayang (kantilever) bisa jadi solusi untuk ruang terbatas.

Masalah umum yangterjadi pada rumah mungil adalahterbatasnya tempat untuk meletakkanperabot, misalnya saja meja untuk makan.

Pemilihan meja pun jadi terbatas karenahanya bentuk dan ukuran tertentu yangbisa digunakan. Bila bosan dengan bentuk mejamakan yang terkesan “pasaran”, Andabisa mencoba membuat meja makan dariplat beton bertulang.

Baca Juga: Menengok Karya Arsitek Tionghoa Liem Bwan Tjie di Indonesia

Baca Juga: Arsitek Indonesia Gondol Penghargaan

tab RUMAH

Meja dari plat beton permukannya sebaiknya ditutup dengan bahan keramik karena ringan dan mudah dibersihkan.

Sebagai Meja Permanen

Meja dari bahan beton ini dibuatmenyatu dengan dinding dapur. Kekuatannya terletak pada dukunganyang terdapat pada dinding yangmemisahkan antara dapur dengan ruangmakan.

Struktur meja yang menumpudi dinding hanya satu sisi. Sedangkansisi yang lain tidak didukung. Strukturseperti ini lazim disebut dengan strukturkantilever.

Meja terlihat seolah-olah “melayang” karena cuma satu sisi sajayang ditumpu. Meski hanya didukungpada satu sisi, meja ini masih bisamenahan beban di atasnya karenakekuatan utamanya berada pada tulanganplat meja yang menyatu dengan dindingdukungan.

Baca Juga: Ini Cara Manfaatkan Minyak Kelapa dan Pasta Gigi untuk Hunianmu! Salah Satunya Buat Akuarium Bening Kembali

Baca Juga: Menilik Cara Siasati Lilin yang Cepat Habis dan Juga Pajangan Kayu yang Kusam, Mudah

Karena itu tidak perlu khawatirplat meja tersebut akan melendut, kecualiplat meja diberi beban yang berlebihandan diperlakukan secara tidak normal.

Meja dari plat beton ini permu-kaannya dapat ditutup oleh bahan material lain seperti keramik, marmer, atau granit. Namun pemilihannya ini harusmemperhatikan bobot material itu sendiri.

Jangan sampai bahan penutupnya terlaluberat sehingga beban yang didukungoleh plat meja menjadi berlebihan dan mengakibatkan meja tersebut bisa rubuh. Disarankan, gunakan saja penutup daribahan keramik.

Bahan penutup lain masihdiperkenakan, tetapi dimensi strukturnyaharus diperhatikan kembali. Marmermisalnya, memiliki bobot lebih beratdibandingkan keramik.

Karena itubila ingin menggunakan marmer, konsekuensinya adalah ukuran mejaharus lebih tebal. Begitu juga tulanganyang ditanam di dinding juga harus amanjika mendapat beban di atasnya.

Selaindimensi platnya diperbesar, dimensitumpuannya juga harus diperbesar. Bila tidak, struktur tumpuannya bisa mengalami retak, dan ini sangatmembahayakan orang di sekitarnya.

Plus Minus Meja Beton

+PLUS

Baca Juga: Cara Efektif Menerapkan Cahaya Alami di Rumah Tradisional dan Modern

Baca Juga: Menilik Cara Siasati Lilin yang Cepat Habis dan Juga Pajangan Kayu yang Kusam, Mudah

  • Mempunyai kekuatan yang lebih dibandingdengan meja dari kayu.
  • Permukaannya bisa diberi beragammaterial, mulai dari keramik hingga granit.
  • Dengan ragam material sebagaipelapis, permukaan meja menjadi kuatterhadap panas dan dingin, serta mudahdibersihkan bila ada noda.
-MINUS

  • Meja ini tidak dapat dipindahkan.
  • Luas penampangnya sangat terbatas. Biladibuat lebih luas maka dibutuhkan biayayang besar karena material pembetukbeton juga mahal seperti semen, pasir, dan baja tulangan.
#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 73

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya