Tidak Berbau dan Tidak Berasa, Ini Syarat Penting Air Dikatakan Bersih

Senin, 19 Oktober 2020 | 10:00
Grid.id

Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir.

IDEAonline –Bila ikan punya standarair bersih untuk bisabertahan hidup dantanaman membutuhkanair yang cukup untuk bisamenumbuhkan daundaunnyadengan sehat, bagaimana denganmanusia?

Manusia pun demikian; masalah kuantitas dan kualitas airsangat penting dalam perjalananhidupnya.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Pilih Material Furnitur di Kamar Anak, Bisa Berakibat Fatal!

Baca Juga: Kontrak Kerja saat Gunakan Arsitek atau Kontraktor, Apa Saja Isinya?

Untuk bisa hidup dengansehat, menurut Zainal I. Nampira (Kasubdit Penyehatan Air DirektoratPenyehatan Lingkungan DepartemenKesehatan), seorang manusia dewasamembutuhkan air bersihsedikitnya 50 liter perhari; 5 liter untukminum, 10 liter untukpengolahan makanan (memasak), 20 literuntuk sanitasi umum (cuci, menggelontor), dan 15 liter untuksanitasi perorangan (mandi, cuci muka, cuci tangan).

Bila satu rumah dihuni satu keluargadengan 5 orang anggota maka di rumahtersebut dibutuhkan air bersih sebanyak250 liter per hari.

Itu baru soal kuantitas.

Bagaimana dengan kualitasnya? Sumberair yang umum digunakan orang adalahair tanah dan air PAM. Nah, bagaimanabila air tanah di tempat tinggal kitaburuk sementara PAM belum ada?

Dina, seorang karyawati yangtinggal di kawasan Tanjung Priok, sebelum ada PAM selalumembeli air pikulan (yang katanya berasaldari Bogor) untuk airminum.

Ini karena airtanah di rumahnyaasin sehinggatidak bisa dibuatair minumsedangkan PAMbelum masuk kewilayah ini.

SedangkanLita, ibu satu anak yang tinggal diperumahan di kawasan Cimanggis, Depok, menggantungkan hampir semuakebutuhan airnya pada air pikulankarena air di perumahannya berwarnakuning, sehingga untuk mencuci bajupun tidak bisa.

Baca Juga: Inspirasi Kamar Anak untuk Berdua Tapi Tetap Personal, Engga Perlu AC?

Baca Juga: Seni Menyimpan di Dapur, Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bahan Makanan Rusak

Fisik dan Kimia

Dalam peraturan yang berhubungandengan standar air dikenal 2 istilah, yaitu “air bersih” dan “air minum”.

Air bersih adalah air yang digunakanuntuk semua kebutuhan rumah tangga, sedangkan air minum mengacu ke airyang bisa langsung diminum.

Air bersihyang dimasak sampai mendidih akanmemenuhi standar air minum. Air bersih setidaknya harusmemenuhi 2 syarat, yaitu fisik dan kimia.

Syarat fisik adalah air harus jernih (bebasdari lumpur), tidak berbau, dan tidakberasa (tawar, tidak asin atau asam).

Baca Juga: Keuntungan yang Didapat Jika Membangun Rumah Memakai Jasa Arsitek

Syarat-syarat ini biasanya bisa dikenaliatau dirasakan oleh si pengguna air. Sedangkan yang dimaksud dengansyarat kimia adalah air harus tidakmengandung zat-zat kimia melewatibatas.

Untuk air minum ada satu syaratlagi, yaitu syarat biologi; air harusterbebas dari bakteri, virus, dan sporapembawa bibit penyakit.

Proses yang harus dilakukan adalah menghilangkan bakteri dengan disinfektan. Cara yang paling umum dilakukan adalah merebus air dengan panas lebih dari 100 derajat Celcius.

Tips

Cuci Sayuran dan Cuci Tangan

Mencuci sayuran yang akan kita makan mentah (lalapan), mencuci piring, dan mencuci tangan sebelum makan, harusnya juga menggunakan air dengan standar air minum, karena air ini akan terkonsumsi secara tidak langsung.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 92

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya