Ada Apa dengan Tangga di Rumah? Ternyata Ini Faktanya Menurut Fengshui

Selasa, 20 Oktober 2020 | 16:04
www.arsitag.com

Ada Apa dengan Tangga di Rumah? Ternyata Ini Faktanya Menurut Fengshui

IDEAonline –Beberapa orangmengganggaptangga di ruangtamu mampumemberi kesanagung pada rumah. Ternyata, Feng Shuimenilai sebaliknya.

Memposisikantangga di ruang tamu adalahrancangan yang banyak dibuat olehbangsa barat. Bentuk ini banyakditemukan pada lobi hotel berbintangdi berbagai belahan dunia.

Rancanganini dinilai dapat menampilkankemewahan, bahkan dipercaya dapatmemberi nilai keagungan bagi orangyang sedang meniti anak tangganya.

Memang yang dibicarakan di sini tidakada salahnya. Tetapi kita harus tahu dimana dan bagaimana desain ini dapatdinilai baik.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Keselamatan Anak di Rumah, Salah Satunya Stop Kontak!

Baca Juga: Terungkap, Ini Cara Menyembunyikan Tangki Air di Rumah, Jangan Lupa Perawatannya!

Tidak untuk di Rumah

Desain semacam ini akan tampilmaksimal apabila jarak dari pintumasuk ke bibir tangga cukup luas danruang memiliki plafon yang cukuptinggi.

Karena itu, penempatan tanggadi ruang tamu untuk bangunan rumahtinggal sebaiknya dipertimbangkanlebih matang, sebab ruang tamu dirumah tinggal pasti tidak seluas lobihotel.

Kemewahan yang dicari justruakan menjadi sebuah bentuk kerepotanyang tidak menyenangkan penghuni rumah.

Shutterstock

Ada Apa dengan Tangga di Rumah? Ternyata Ini Faktanya Menurut Fengshui

Beberapa alasan yang bisadijadikan sebagai dasar pertimbanganantara lain sebagai berikut.

• Saat penghuni menggunakantangga dari atau ke lantai atas, tentu ia akan melewati ruang tamu.

Saat tidak ada tamu mungkin tidakmasalah, tetapi kalau ada tamudan kebetulan pemilik rumahbelum rapi, tentu kondisi ini akanmerepotkan pemilik rumah itusendiri.

• Saat ada tamu, aktivitas turun dannaik ke lantai atas yang padat, tentu akan menciptakan kondisiyang saling mengganggu.

Ini akanmenimbulkan suasana yang tidaknyaman, baik di pihak penghunimaupun tamu yang berkunjung.

Baca Juga: Banyak Makan Korban, Pilih Lantai Kamar Mandi dengan Benar, Ini Caranya!

Baca Juga: Gunakan Keset Ijuk dan Parfum Ternyata Ajaib Tangkal Ular Masuk ke Rumah, Terungkap Ini Alasannya

• Pada posisi tertentu, tamu yangsedang duduk akan dapat melihatbagian kaki dan paha penghuniyang naik turun melalui tangga.

Pemandangan yang dapatberdampak negatif ini seharusnyadihindarkan.

Mirip Gergaji

Tangga, dalam Feng Shuidijelaskan sebagai obyek yang tidakbaik. Keberadaan tangga tidak perludiekspos ke pihak luar, karena dipercayaakan merusak karier dan menimbulkanbencana.

Dijelaskan pula bahwa tanggamerupakan sumber Sha Qi atau energypembunuh.

Sebab itu pula, letaktangga sebaiknya disembunyikan dandiamankan di tempat yang tertutup, agar bentuk anak tangga yangbersudut-sudut mirip dengan gergajitersebut, tidak membuat celaka ataumerusak atmosfer Qi yang berkembangdalam rumah.

Alasan Feng Shui memberipenilaian buruk untuk posisi tangga diruang tamu adalah sebagai berikut.

• Bila tangga terletak di ruang tamuatau terlihat langsung dari ruangtamu, kualitas Qi dapat dirusak dandiubah dari energi baik menjadiQi yang jahat (Sha Qi).

Komposisiini memiliki dampak yang tidakbaik dan sudah semestinyadihindari, karena hawa rezeki yangseharusnya dapat digunakan untukmeningkatkan karier, sama sekalitidak bisa dimanfaatkan.

BahkanQi kemudian sifatnya berubahmenjadi jahat, yang akan melukaiatau penghalangi karier penghunirumah.

• Tangga disebut mampumencelakakan, karena orang yangnaik turun melalui anak tanggatidak bisa berkonsentrasi denganbaik, bila harus menyapa tamu yangsinggah di ruang tamu.

Ada Apa dengan Tangga di Rumah? Ternyata Ini Faktanya Menurut Fengshui

Kalau tidakhati-hati, ia dapat terpeleset dancedera berat.

• Tangga disebut dapat merusakhubungan rumah tangga, karenajika masalah etika seperti di atastidak dipertimbangkan, orang luartergoda untuk berpikir buruk.

Sebab itu, tangga di ruangtamu sebaiknya ditiadakan. Kalautidak mungkin dipindahkan, harusdiupayakan bagaimana caranyauntuk menutup tangga itu secaramenyeluruh, agar benar-benar tidaktampak dari ruang tamu. Dengandemikian, kesalahan Feng Shui bisadihindarkan.

Baca Juga: Banyak Makan Korban, Pilih Lantai Kamar Mandi dengan Benar, Ini Caranya!

Tangga keRuang Bawah

Di ruang tamu, kadangkadangada tangga yang arahnyaturun ke ruang yang berada lebihrendah daripada ruang tamu, atau bahkan ruang bawah tanah (basement) yang digunakansebagai garasi mobil.

Kondisi inijuga tidak dinilai baik menurutFeng Shui. Sebaiknya pada bagianbibir tangga tersebut dibuatkanpenyekat agar anak tangga yangmenuju ke area bawah benarbenartidak tampak. Sebab, jikatidak, hawa rezeki akan mengalirlenyap ke bawah.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 97

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya