Mau Mengakali Furnitur Besar di Ruang yang Terbatas? Bisa Pakai Partisi!

Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:05
Tab RUMAH

lemari di dalam ruang tidur.

IDEAonline –Tantangan menggairahkan bila punya rumah yang ukurannya pas-pasan alias mungil, adalah mencari furnitur yang pas.

Hilir mudik keluar masuk toko, bertandang ke pameran-pameran, jamakdikerjakan oleh orang yang baru punyarumah atau sedang membangun rumah. Cari apa lagi kalau bukan furnitur pengisirumah.

Tapi ternyata, pekerjaan ini tidakdemikian mudah bila rumah kita kecil. Rata-rata furnitur “jadi” yang ada dipasaran, ukurannya cenderung gedegede Kalaupun dipaksain, rumah kitabakal terasa penuh sesak dengan barang.

Sekalinya ada yang kecil, modelnya tidakcocok dengan selera. Satu-satunya jalan adalah tidakmembeli furnitur “jadi”, tapi memesanlangsung di tukang furnitur atau meng–gunakan jasa desainer interior. Harry T. memilih jalan kedua.

Keinginannya adalah furnitur gaya minimalis—tanpaornamen—agar mudah merawatnya, karena ia tinggal seorang diri.

Dibantuoleh Prada Artistika dan Grace Interior—konsultan desainer interior—jadilahfurnitur di rumah ini terlihat sangatkompak dan pas dengan ukuranrumahnya.

Partisi 3 Fungsi

Partisi ini bisa dibilang adalahfokus pada rumah ini. Karena begitukita memasuki ke bagian dalam rumah, benda inilah yang pertama terlihat danmenyedot perhatian.

Partisi setinggi 2,2 m ini memainkan3 peran, yaitu sebagai penghalangpandangan dari ruang tamu ke ruangmakan, rak TV, dan rak pajang. Padatfungsi tapi tidak makan tempat.

Lokasi: Kediaman Harry T., Perumahan citra 2 ext, Jakarta Barat/Foto: Tnr, Endhy

Partisi 3 Fungsi

Partisi ini terbuat dari bahanmultipleks yang diberi pelapis veneer, yang dipadukan dengan kaca motif impor (disebutnya motif hujan).

Untuk warna, digunakan kombinasi coklat gelap dancoklat muda. Untuk meja pajangnyadigunakan rak dari kaca.

Di bagian bawahTV ada lemari dengan pintu dorong. Pintu lemari inidibuat dari kaca es sehingga barang didalam tidak terlihat. Agar terlihat lebihberdimensi, partisi dilengkapi dengan 2buah lampu downlight.

Penyimpanan di Ruang Tidur

Untuk menyimpan pakaian, dibuat lemari di dalam ruang tidur. Lemari ini menempati satu sudutkamar, menyatu dengan meja riasyang langsung berdempetan dengantempat tidur.

Tab RUMAH

lemari di dalam ruang tidur.

Sebagai tempatpenyimpanan, kolong tempattidur juga dimanfaatkan untuk laci-lacipenyimpanan.

Baca Juga: Netizen Temukan Bukti Syahrini Memang 'Teman Makan Teman', Kedekatannya dengan Reino Barrack Sempat Terekam Saat Berfoto di Apartemen Mewah Mantan Luna Maya

Baca Juga: Menilik Hunian Bergaya Modern dengan Paduan Gaya Bali dan Fasad yang Asri

Dapur dan Ruang Makan

Di dapur, kekompakan furnitur jugaterlihat dari kitchen set yang sengajadibuat pas dengan ukuran ruangan.

Tab RUMAH

Kitchen set dapur

Mejabreakfast menghiasi bagian ujung kitchenset. Semua furnitur yang ada di dapur iniberada dalam satu warna dengan lemariruang tidur.

Ruang makan yang berada disebelahnya (di belakang partisi) juga diisidengan perabot yang tepat.

Tab RUMAH

Ruang Makan

Meja makanpersegipanjang dengan 4 kursi ini bisa “dipendekkan” sehingga lebih kecil danberbentuk menyerupai bujursangkar. Nah, dengan furnitur-furnitur yangdisesuaikan ini, rumah kecil pun bisaterlihat lega.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 72

Editor : Maulina Kadiranti